The A-Star Algorithm for the Strategy of Disseminating Visitors to Shopping Centers

Lukman Hakim, Chyquitha Danuputri, Destriana Widvaninqrum

Abstract


Shopping centers such as malls that have many tenants or shops make it difficult for many people to find the intended store and the distribution of visitors is uneven, the existence of maps or instructions makes it easy to find the target shop, Bay walk mall which has ± 100 shops with buildings which is quite broad, it should be noted how the deployment and navigation of store search is easier. This study uses the A-Star algorithm to find the shortest route, based on the destination store. Navigation application testing was conducted on Baywalk Mall visitors with a success percentage of 86.6%

Keywords


A*Star; Aplikasi Navigasi; rute terpendek

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adelia, Jimmy Setiawan. 2011. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasis Website dan Desktop. Jurnal Sistem Informasi. Vol. 6, No. 2.

Ahmad, ImamdanWahyu Widodo. 2018.Penerapan Algoritma A-Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android. Jurnal Khazanah Informatika, Vol.3, No.2, Online ISSN: 2477-698X.

Asade, Andre.2011. Sistem Pencarian Rute Terpendek A* pada Jalan Protokol di Kota Medan Berbasis WeGIS.http://digilib.its.ac.id/repository/undergraduate

Budiman, Vicky., dkk. (2018).Aplikasi Berbasis Android Untuk Mencari Lokasi Pukesmas Terdekat Dengan Algoritma A-Star Di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal JUST IT, Vol. 9, No.1, p-ISSN: 2089 – 0265, e-ISSN: 2598-3016.

Fariani, Rida Indah., dkk. 2015. Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Navigasi di Pusat Perbelanjaan. Jurnal Unwahas, Vol. 1, No. 1.

Harianto, Lany. 2019. “Aplikasi Indoor Positioning System Pada Mall Artha Gading -Menggunakan Algoritma K-Nearest dan Algoritma Flord Warshall Berbasis Android”. Falkutas Teknik Desain, Universitas Bunda Mulia, Jakarta.

Irsyad, Muhammad. 2015. Aplikasi Pencarian Gedung dan Ruangan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau pada Platform Android menggunakan Algoritma A-Star (A*). Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2 ISSN: 2460-738X.

Jonson, Jennifer., dkk. 2017.Aplikasi Sirkulasi Kualitatif pada Interior Pasar Atom Mall di Surabaya. Jurnal Intra, Vol. 5, No. 2.

Lasminiasih, Sandhi P, Ali Akbar, Miftah Andriansyah, Rooswhan B. Utomo. 2016. Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi (JSI). Vol. 8, No. 1.

Leidiyana, Henny. 2013. Penerapan algoritma K-Nearest Neighbor untuk Penentuan Resiko Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, I(1), pp.65-76.

Mutmainnah,Siti Anwirotul dan Indyah Martiningrum. 2018. Pola Persebaran Pengunjung di Mall Olympic Garden Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Vol. 6, No.3.

Nofriadi. 2015. Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Pamungkas, Agung., dkk. 2014. Penerapan Algoritma A* (A Star) Pada Game Edukasi The Maze Island Berbasis Android. Jurnal IJCCS. http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/1191

Pugas, Diana Okta., dkk. (2009).Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Djikstra dan A Star (A*) Pada SIG Berbasis Web Untuk Pemetaan Kota Sawahlunto. Jurnal Informatika, 1-2.

Puspika, Blasius Neri, Antonius Rachmat C., dan Erick Kurniawan. 2012. Implementasi Algoritma Djikstra dalam Penentuan Jalur Terpendek di 93 Yogyakarta Menggunakan GPS dan QtGeolocation. Jurnal Informatika, VIII(2), pp.141-149.

Rifai, Ahmad. 2013. Sistem Informasi Pemantauan Posisi Kendaraan Dinas Unsri Menggunakan Teknologi GPS. Jurnal Sistem Informasi, V(2), pp.603-610.

Santoso, Kartika Imam dan Muhamad Nur Rais. 2015. Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kabupaten Temanggung Berbasis Android dengan Global Positioning System (GPS). Scientific Journal of Informatics, II(1), pp.29-40.

Suryanto, Hizkia Juan, Antonius Rachmat C., dan Yuan Lukito. 2016. Indoor Positioning System dengan Algoritma K-Means dan KNN. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, II(3), pp.370-381.

Syoufa, Ade dan Helen Hapsari. 2014.Pengaruh Pola Sirkulasi Pusat Perbelanjaan Mal Terhadap Pola Penyebaran Pengunjung.Jurnal Desain Konstruksi, Vol. 13, No. 2.

Tri A. Kurniawan. 2018. Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputr (JTIIK). Vol. 5, No. 1.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v19i1.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bit (Budi Luhur Information Technology)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy