Penerapan Framework Dynamic CRM Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Orang Tua Siswa SMPN 18 Tangerang

Eki Hasanah, Hendri Irawan, Grace Gata, Agus Umar Hamdani

Abstract


CRM adalah proses menjalin hubungan untuk memperoleh, mempertahankan pelanggan agar mendapat keuntungan. Salah satu contoh komunikasi dalam CRM dapat dilihat dalam bidang pendidikan yaitu sekolah dalam menjalin hubungan dengan orang tua siswa. SMP Negeri 18 Kota Tangerang menjadi salah satu pusat pendidikan formal di Indonesia yang mengutamakan kepuasan orang tua siswa terhadap pelayanan sekolah. Permasalahan yang dihadapi antara lain orang tua siswa tidak update terhadap informasi sekolah dan perkembangan akademik anak. Selain itu, terkadang surat panggilan dari wali kelas yang ditujukan kepada orang tua siswa tidak tersampaikan dikarenakan kelalaian sang anak yang sering kali lupa. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang terkomputerisasi dalam membantu proses penyampaian informasi kepada orang tua siswa. Penelitian ini akan merancang sebuah website dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Penelitian dilakukan dengan melalui metode framework of dynamic CRM yang merupakan serangkaian tahapan dalam penerapan CRM. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan cara wawancara, observasi lingkungan, dan dokumentasi. Pemodelan menggunakan UML, dan PHP sebagai bahasa pemrograman. Penelitian ini menghasilkan sistem e-CRM yang dapat meningkatkan pelayanan informasi dari SMP Negeri 18 Kota Tangerang kepada orang tua siswa. Hasil produk akhir yaitu berupa model e-CRM dengan fitur yang dihasilkan dari penelitian ini dan ada di dalam sistem e-CRM adalah fitur pembuatan informasi, input nilai, pengiriman surat serta penyampaian kritik dan saran. Terdapat fitur cetak laporan yang diperuntukkan kepala sekolah agar dapat mengevaluasi pelayanan sekolah.

Keywords


customer relationship management; framework dinamic of CRM; layanan sekolah

Full Text:

PDF

References


H. Rohaeni and N. Marwa, “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan” Maj. Bisnis IPTEK, vol. 14, no. 2, pp. 94–101, 2018, doi: https://10.55208/bistek.v14i2.233.

Suryani, Customer Relationship Management (CRM) dalam Riset Pemasaran. Tangerang Selatan: Pascal Books, 2022.

A. B. A. Hamid, S. B. Mousavi, and B. Partovi, Managing E-Crm Towards Customer Satisfaction and Quality Relationship. Singapore: Partridge Publishing, 2019.

Suroto and H. Mulyono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis Web pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Muthmainnah” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 85–91, 2019.

M. Lenawati, Saifulloh, and E. D. Hapsari, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun)” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 245–248, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1192.

Fadhallah, Wawancara. Jakarta Timur: UNJ PRESS, 2021.

Y. Irawan, “Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i Dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 5–10, 2019, doi: https://doi.org/10.31539/intecoms.v2i1.629.

Z. Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.

T. B. Kurniawan, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL” vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, doi: https://doi.org/10.51742/teknik_informatika.v1i2.153.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station)” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.236.

M. Syarif and E. B. Pratama, “Analisis Metode Pengujian Perangkat Lunak BlackBox Testing dan Pemodelan Diagram UML Pada Aplikasi Veterinary Services Yang Dikembangkan Dengan Model Waterfall” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 5, no. 2, pp. 253–258, 2021.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v20i1.2319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy