Penerapan Metode Design Thinking Pada Rubbish Picker Application

Eric Lau, Aisyah Fitri Deswalita, Felix Favian, Kelvin Supriyadi, Hendra Winata

Abstract


Sampah adalah suatu material sisa dari kebutuhan sehari-hari manusia. Sampah sudah menjadi persoalan yang buruk di seluruh Indonesia. Pengelolaan sampah yang buruk dapat menyebabkan penumpukan sampah yang memiliki potensi yang besar dalam menimbulkan masalah kesehatan, masalah lingkungan dan juga masalah sosial. Sampah yang menumpuk dan tidak terkelola dengan benar ini menjadi sumber penularan penyakit dan mengeluarkan aroma yang bau dan menyengat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pemungut sampah (Rubbish Picker App) yang dituju kepada ibu rumah tangga, perusahaan distributor makanan agar dapat membantu dalam pengelolaan sampah yang menumpuk dengan bersih dan tepat waktu. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu Metode Design Thinking. Dari hasil testing prototipe yang diberikan terdapat tanggapan berupa 75% responden setuju bahwa Aplikasi yang dirancang ini dapat membantu dalam pengelolaan sampah. Dan 25% responden lainnya menanggapi netral. Oleh karena itu diharapkan Aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut hingga menjadi aplikasi yang lebih sempurna lagi.

Keywords


Sampah; Pengelolaan; Prototipe; Pemikiran Desain

Full Text:

PDF

References


“Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal,” Mar. 01, 2022. https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/18/165321769/masalah-sosial-di-lingkungan-tempat-tinggal (accessed May 07, 2023).

L. dan B. D. P. S. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, “Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah,” 2022. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Anita Permata Dewi, “Gaya hidup praktis sebabkan penggunaan plastik sekali pakai tinggi.” ANTARA NEWS, Feb. 24, 2022. https://www.antaranews.com/berita/2723293/gaya-hidup-praktis-sebabkan-penggunaan-plastik-sekali-pakai-tinggi (accessed May 07, 2023).

N. Karuniastuti, “Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan Dan Lingkungan,” 2019.

Y. Selfia, J. Pradesi, & Hajizah, and A. Siregar, “Sosialisasi Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Truko,” 2022.

I. N. Arifin, H. Tolle, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

Lauren Landry, “WHAT IS HUMAN-CENTERED DESIGN?” Dec. 15, 2020. https://online.hbs.edu/blog/post/what-is-human-centered-design#:~:text=Human%2Dcentered%20design%20is%20a,tailored%20to%20your%20audience’s%20needs. (Accessed Apr. 30, 2023).

P. Koen, “Lean Startup In Large Enterprises Using Human-Centered Design Thinking: A New Approach For Developing Transformational And Disruptive Innovations.”

K. Thoring and R. M. Müller, “Understanding Design Thinking: A Process Model Based On Method Engineering.”

D. Chasanidou, A. A. Gasparini, and E. Lee, “Design thinking methods and tools for innovation,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), Springer Verlag, 2015, pp. 12–23. doi: 10.1007/978-3-319-20886-2_2.

R. Wolniak, “Systemy Wspomagania Winżynierii Produkcj Inżynieria Systemów Technicznych.”




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v20i2.2353

Refbacks



Copyright (c) 2023 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy