Perancangan UI/UX Website International Office Universitas Muhammadiyah Sukabumi Dengan Mengunakan Pendekatan User Persona

Perdi Padilah, Didik Indrayana, Fathia Frazna Az-Zahra

Abstract


Informasi adalah suatu hasil dari pengolahan data dan fakta yang dapat dipahami dan disampaikan untuk menggambarkan suatu keadaan atau kondisi. Pada saat ini informasi merupakan hal penting dan sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang. Informasi sangat berguna untuk penggambaran suatu kondisi, seperti pada dunia kerjasama informasi dibutuhkan untuk memberi gambaran tentang mitra yang akan menjalin kerjasama. International Office merupakan situs web informasi yang dikelola oleh Lembaga Kerja Sama dan Hubungan Internasional (LKHI) untuk memberikan berbagai informasi mengenai Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) kepada seluruh mitra yang menjalin kerjasama. Selain untuk memberikan informasi kepada mitra, selain itu International Office juga berguna untuk memberikan informasi kegiatan internasional yang bisa diikuti kepada mahasiswa serta mempermudah dosen dalam mencari informasi data kegiatan. Setelah beberapa tahun berjalan, International Office mengalami penurunan pengguna yang diakibatkan sudah tidak sesuainya situs web dengan minat dan kebutuhan pengguna saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kembali minat dan ketertarikan pengguna terhadap situs web dengan cara melakukan pemahaman karakteristik dan kebutuhan pengguna secara lebih mendalam menggunakan pendekatan User Persona. Dimana dari pemahaman dengan pendekatan User Persona, peneliti dapat memahami lebih mendalam kebutuhan dan keinginan pengguna terhadap situs web yang kemudian digunakan sebagai dasar perancangan ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) guna memberikan gambaran dari pengimplementasian karakteristik dan kebutuhan pengguna. Setelah adanya perancangan ulang UI/UX sesuai dengan pemahaman terhadap minat yang pengguna inginkan penelitian ini menghasilkan tampilan situs web yang lebih menarik sehingga terjadi peningkatan ketertarikan sebanyak 21% dan kesukaan terhadap tampilan sebanyak 18% serta memberikan gambaran penerapan untuk mempermudah pengembang saat melakukan perubahan terhadap situs web.

Keywords


User Interface; User Experience; User Persona; Figma

Full Text:

PDF

References


E. Effeny, E. A. Siregar, P. C. Fitri, And I. A. Syahbana Damanik, “Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem),” Vol. 5, Pp. 4343–4349, 2023.

S. S. J. Santosa, “Analisis Ui/Ux maximom berbasis User Persona dengan Menggunakan Pendekatan Google Design Sprint,” Surabaya, 2020.

M. F. Santoso, “Implementasi Konsep Dan Teknik Ui/Ux Dalam Rancang Bangun Layout Web Dengan Figma,” Jurnal Infortech, Vol. 4, No. 2, Pp. 156–163, 2022, [Online]. Available: Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Infortech156

E. C. Shirvanadi, “Skripsi Perancangan Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Yogyakarta, 2021.

B. Vallendito, “Pemodelan User Interface dan User Experience menggunakan Design Thinking,” Malang, 2020.

H. Arif Satrio, “Perancangan Antarmuka Portal E-Sports Dengan Pendekatan User-Centered Design Pada Aplikasi Arenasia,” Yogyakarta, 2020.

S. S. Jayani Santosa, “Analisis Ui Ux Maximom Berbasis User Persona Dengan Mengunakan Pendekatan Google Sprint,” Surabaya, Aug. 2020.

W. Andhyka Kusuma, K. Muzakir Ghufron, And Fauzan, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik,” Sintech, Vol. 3, No. 2, Pp. 90–99, 2020, Doi: Https://Doi.Org/10.31598.

W. Andhyka Kusuma, M. Rizal Ashari, C. Dwi Oktaviani, And A. Natasya Na’im, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Perangkat Lunak(Studi Kasus :Pengaruh Kurangnya Dosen Pengajar Dan Ruang Kelas Terhadap Sistem Penjadwakan),” Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa, Vol. 5, Pp. 171–183, 2020.

M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, And A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Vol. 10, No. 2, Pp. 208–219, 2020, [Online]. Available: Https://My.Cic.Ac.Id/.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v20i2.2494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy