Pengaruh Penggunaan Perangkat Multimedia, Multiple Intelligence Dan Kreatifitas Terhadap Hasil Belajar Siswa

Agung Saputra

Abstract


Dalam dunia pendidikan kehadiran perangkat multimedia ditengah-tengah anak didik dapat menyebabkan kemalasan pada anak sehingga menyebabkan penurunan minat belajar anak dan kecanduan yang berlebihan pada perangkat multimedia, sebaliknya perangkat multimedia dapat juga menjadi dorongan yang positif untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidik dan orang tua sangat besar. Studi kasus ini dilakukan di Multimedia Computer Learning Center DIGIKIDZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di DIGIKIDZ dipengaruhi oleh penggunaan perangkat multimedia, kecerdasan ganda, dan kreativitas. Urgensi dari penelitian ini dilakukan adalah agar DIGIKIDZ dapat menerapkan metode belajar yang sesuai bagi Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Alasan pemilihan pendekatan ini adalah karena pendekatan deskriptif-kuantitatif mampu menganalisis topik yang sulit diukur secara numerik. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana penggunaan perangkat multimedia, kecerdasan ganda, dan kreativitas mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan perangkat multimedia, kecerdasan ganda, dan kreatifitas secara bersama-sama positif dan signifikan sebesar 23,2%. Data-data yang dihasilkan dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi DIGIKIDZ untuk kemudian dapat digunakan sebagai bahan analisa untuk meningkatkan mutu anak didik di DIGIKIDZ.

Keywords


perangkat multimedia; multiple intelligence; kreatifitas; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


B. Hermanto, “Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” Foundasia, vol. 11, no. 2, pp. 52–59, 2020, doi: 10.21831/foundasia.v11i2.26933.

K. Ardi Wijaya, M. Sapti, and R. Rizkia Pangestika, “Pengembangan E-Modul Bangun Datar Berbasis Teori Multiple Intelligence untuk Siswa Kelas IV SDN Ngupasan,” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 96–103, 2022, doi: 10.22219/jp2sd.v10i1.20249.

E. Nuryasana, “Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 72–80, 2019.

W. Sulikah, A. Setyawan, and T. Citrawati, “Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4,” Pros. Nas. Pendidik., pp. 551–556, 2020.

A. Z. Shoumi, “Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru,” Pros. Semin. Nas. Cendekiawan, pp. 1–6, 2019, doi: 10.25105/semnas.v0i0.5809.

A. Marjuni and H. Harun, “Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 194, 2019, doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10015.

J asmine, Julia. "Metode Mengajar Multiple Intelligences (Membangkitkan Potensi Kecerdasan Siswa Dalam Praktik Pembelajaran. Bacaan Guru Modern Agar Siswa Meraih Kecerdasan Sesuai Potensi Yang Dimiliki)." (2019).

Ismail, “Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis,” J. Kaji. Islam Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 26–27, 2019.

A. Handayani and H. D. Koeswanti, “Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1349–1355, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/924.

S. Sumartini, K. S. Harahap, and S. Sthevany, “Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna,” Aurelia J., vol. 2, no. 1, p. 29, 2020, doi: 10.15578/aj.v2i1.9392.

Y. S. Siregar, M. Darwis, R. Baroroh, and W. Andriyani, “Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan,” J. Ilm. Kampus Mengajar, no. 2, pp. 69–75, 2022, doi: 10.56972/jikm.v2i1.33.

M. Fauzi, H. Fajeri, and A. P. Rahmayanti, “Neraca Ketersediaan Beras Di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan (Analisis Data Sebelum Dan Sesudah Bencana Banjir 2021),” … Lingkung. Lahan Basah, vol. 7, no. April, pp. 58–67, 2022, [Online]. Available: http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/757%0Ahttps://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/download/757/764.

A. J. Mahalani and N. A. K. Rifai, “Least Absolute Shrinkage and Selection Operator (LASSO) untuk Mengatasi Multikolinearitas pada Model Regresi Linear Berganda,” Bandung Conf. Ser. Stat., vol. 2, no. 2, pp. 119–125, 2022, doi: 10.29313/bcss.v2i2.3438.

N. M. Janna and Herianto, “Artikel Statistik yang Benar,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.

B. Subandriyo, “Buku Ajar Analisis Kolerasi dan Regresi,” Diklat Stat. Tingkat Ahli BPS Angkatan XXI, p. 31, 2020, [Online]. Available: https://pusdiklat.bps.go.id/diklat/bahan_diklat/BA_Analisis Korelasi dan Regresi_Budi Soebandriyo, SST, M. Stat_2123.pdf.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v20i2.2501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy