Analisis Kepuasan Pelanggan PT. Delta Nusa Abadi Melalui Metode Servqual dan AHP Sebagai Variable Moderating

Windhy Widhyanty, Retno Wulandari, Alif Junean Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kenyamanan pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa event organizer sehingga pelayanan sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk itu perlu adanya dilakukan pengukuran dengan menggunakan analisis dan metode Servqual dan dilakukan perhitungan dari setiap dimensi dengan metode Analitical Hierachy Process (AHP). Sebagian besar penyedia jasa di luar kota sangat bersaing, terutama di Tangerang. Oleh karena itu, evaluasi layanan harus dilakukan untuk mengetahui seberapa nyaman dan puas pelanggan dengan layanan yang diberikan oleh penyedia layanan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data angka dan statistik untuk mengetahui pengaruh penyelenggara acara terhadap kepuasan pelanggan PT Delta Nusa Abadi (DNA) Management. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data angka dan statistik. Data primer, yang terdiri dari angket, dan data sekunder, yang diperoleh melalui pencarian data yang relevan, digunakan dalam proses pengumpulan data. Tujuan utama dari data teknik analisis yang menggunakan analisis regresi linier ganda adalah untuk bersaing pada penyedia layanan penyelenggaraan acara lainnya. Kepuasan pelanggan, metode kualitas pelayanan, dan Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah kata-kata kunci yang dipilih dalam survei untuk mengukur tingkat kenyamanan dan kepuasan pelanggan dari penyedia layanan penyelenggara acara, bahwa koefisien beta unstandardized X3_M sebesar 0,721 dan tingkat signifikansi 0,032 yang lebih kecil dari 0,05. Koefisien regresi yang bernilai positif ini berarti bahwa service quality dan analytical hierarcy process memperkuat hubungan antara variabel harga terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


kepuasan pelanggan; metode kualitas pelayanan; analytical hierarchy process; event organizer

Full Text:

PDF

References


F. Tjiptono, “Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan,” Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2019.

A. Sudarsono, A. Ariyanto, dan M. F. Akbar, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Volume Penjualan,” Niagawan, vol. 11, no. 3, hlm. 245–255, 2020.

Jehezkiel Haryanto. Ronand Y. H. Silitonga, Marla Setiawati. Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi XYZ untuk Meningkatkan Kepuasan Mitra dengan Metode Servqual, IPA, dan CSI, Jounal of Integrated System (JIS), Vol. 6 No. 2 Desember 2023: 197-209

R. H. A. Romadhoni, “Pengaruh Service Quality Terhadap Costumer Satisfaction dan Brand Loyalty Telkomsel (Studi Pada Pengguna Telkomsel di Kota Malang),” 2021.

A. E. R. Putri, W. Harianto, dan A. Aziz, “Penilaian Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan X Dengan Metode Servqual Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp),” RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, vol. 2, no. 3, hlm. 202–208, 2020.

P.D. Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi Cetakan ke 3, Bandung: Alfabeta, 2022

R. Lupiyoadi, “Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi,” 2014.

I. Ghozali, “Model persamaan struktural konsep dan aplikasi program,” Edisi ke-3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2022.

L. Listiawati, R. I. Afriani, dan T. Solehan, “Pengaruh promosi dan harga terhadap kepuasan Konsumen di pt. Indomaret suralaya, merak-banten,” Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, vol. 10, no. 2, 2017.

A. Afnina dan Y. Hastuti, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, vol. 9, no. 1, hlm. 21–30, 2018.

H. Winarno dan T. Absor, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Pt. Media Purna Engineering,” Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, vol. 1, no. 2, hlm. 146–160, 2017.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v21i1.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy