RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELANGGAN DAN PENAGIHAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS PADA PT. XYZ

Anita Diana, Rizka Aulia Nurrochmah

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan berbasis teknologi informasi yang berkonsentrasi pada pelayanan jasa dan perdagangan umum, yaitu meliputi Internet Service Provider, Networking, Hardware dan Infrastruktur. Proses bisnis utama perusahaan tersebut adalah melakukan pemasangan internet kepada pelanggan yang ingin berlangganan internet dengan perusahaan dan kemudian melakukan penagihan terhadap pelanggan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis, permasalahan yang ditemukan adalah penurunan pendapatan perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mendukung aktivitas tersebut. Dengan diterapkan sebuah sistem informasi administrasi pelanggan dan penagihan yang telah tekomputerisasi, maka dapat membantu kegiatan administrasi dan penagihan pelanggan agar menjadi lebih efektif, serta menghasilkan data yang lebih akurat, relevan dan tepat waktu, serta meminimalkan penurunan pendapatan perusahaan. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET dan menggunakan database MySQL-Front.

Kata Kunci: Sistem Informasi Administrasi Pelanggan, Metodologi Berorientasi Obyek.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v14i1.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BIT


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR isĀ licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy