SISTEM SUSPENSI AKTIF DENGAN PEGAS DAMPER SERI

I Wayan Degeng

Abstract


Sistem suspensi dipakai pada berbagai jenis kendaraan bergerak seperti sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang dan kereta api. Untuk mobil penumpang yang bergerak di jalan raya dengan kontur yang berubah-ubah, adalah perlu sekali untuk menjaga kenyamanan penumpang dengan meminimalkan gerak vertikal yang diteruskan ke penumpang, tetapi pada saat yang sama menjaga agar kendaraan dapat terkontrol dengan baik yang berarti memaksimalkan kontak bak dengan jalan. Kenyamanan penumpang dicapai dengan suspensi yang lembut sedangkan pengontrolan kendaraan lebih mudah pada suspensi yang lebih kaku. Pada sistem suspensi pasif, hal ini dicapai dengan trade-off antara keduanya dan diperoleh sistem suspensi dengan pegas dan absorber dengan konstanta yang tetap. Pada sistem suspensi aktif, diusahakan agar kedua keadaan diatas dapat dicapai dengan jalan mengubah parameter-parameter pegas maupun absorber agar beradaptasi dengan kondisi jalan. Pada makalah ini sistem suspensi aktif diajukan dengan menambahkan absorber dan pegas tambahan yang dirangkai seri. hasilnya dengan simulasi diperoleh perbaikan gerak vertikal yang mudah dipilih antara suspensi yang lembut dan suspensi yang kaku.

Kata Kunci: Suspension Active, single wheel


Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v6i2.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BIT


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR isĀ licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy