Strategi Marketing Communication PT.BCA Finance Dalam Mempertahankan Brand Ditengah Pandemi COVID-19 

Ria Puspita Desa, Umaimah Wahid

Abstract


PT BCA Finance perlu berupaya lebih agar mapu mempertahankan brand ditengah pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Sales Promotion yang digunakan Dalam Mempertahankan Brand Pada PT BCA Finance Ditengah Pandemi COVID-19. dengan menggunakan Paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Studi Kasus Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pembahasannya peneliti menggunakan deskriptif kualitatif, data yang diperoleh nantinya berupa data kualitatif yang berbentuk kata- kata dan kalimat dan bukan merupakan angka. Hasil penelitian ini adalah untuk pengajuan keringanan pembiayaan unit mobil oleh konsumen merupakan salah satu strategi yang diambil PT BCA Finance untuk menjalankan strategi Marketing Communication dalam mempertahankan brand ditengah pandemi COVID-19 ini, sehingga konsumen dapat merasa tenang untuk tidak memikirkan kewajiban agsuran sementara waktu. Pendekatan ini diharapkan mampu memberikan deskriptif mengenai kenyataan sosial yang terjadi dalam penelitian, sehingga ditemukannya kesimpulan berupa pemahaman umum dan dimengerti oleh khalayak.

Keywords


COVID-19, Komunikasi Pemasaran, Merek, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Buku :

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Endraswara, Suwardi. 2012. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

--------, 2010 . Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Tommy. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : CAPS.

World Health Organization (2020). Novel Coronavirus (2019-nCoV). Citroner, G. Healthline (2020). China Coronavirus Outbreak: CDC Issues Warning, Multiple Cases in U.

Website :

https://www.kompasiana.com/adlierafqie/5e7a0b2e53807b48957b0503/pandemik-covid-19-dan-dampaknya-bagi-depresi-ekonomi-indonesia diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/12/204820265/psbb-tangerang-raya-bagaimana-kasus-covid-19-di-kabupaten-kota-tangerang diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

https://www.bcafinance.co.id diakses pada tanggal 23 Juni 2020

Jurnal :

Andi miladiyah , 2017. Pemanfaatan Whatsapp messenger info dalam pemberian informasi dan peningkatan kinerja pada sub bagian program pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Program Magister Universitas Hasanuddin Makassar.

Femi Oktaviani. (2018). Universitas BSI. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Bandung. Volume 3, No. 1, 2018.

Nofha Rina (2019). Universitas Telkom. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda Sebagai Kue Oleh-Oleh Bandung. Vol. 5 No. 1

Sita Nensia , Pengaruh electronic word of mouth di media sosial terhadap brandimage Coffee Shop (study pada followers account Instagram @dw_coffe di kota malang). Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Suherman Kusniadji, 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang).Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i2.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id