Archives

2019

Cover Page

Vol 10, No 2 (2019): Communication

Selamat datang di situs web resmi Jurnal Communication, salah satu jurnal akademik
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Sebagai media pertukaran
informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian ilmu komunikasi. Jurnal
Communication terbit secara periodik dua kali dalam setahun yaitu setiap April dan Oktober.
Keberadaan Jurnal Communication dibuat sejalan dengan visi Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Budi Luhur yaitu unggul dalam bidang pengembangan ilmu
komunikasi sosial budaya yang berlandaskan nilai-nilai kecerdasan dan nilai-nilai
kebudiluhuran, didukung teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2021. Diharapkan
Jurnal Communication dapat menjadi sarana pembelajaran, referensi maupun pencerahan
bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi.
Jurnal Communication menyediakan tujuh artikel ilmiah yang dapat diunduh secara
gratis. Berisikan enam artikel penelitian dan satu ulasan buku. Enam artikel yang tayang di
Jurnal Communication volume 10, nomor 2, Oktober 2019 ini adalah empat artikel ilmiah
dari eksternal fakultas dan dua artikel serta satu ulasan buku dari internal fakultas.
Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap
penerbitan jurnal edisi ini. Yakni, mitra bestari, penulis, editor, kru redaksi, dan tentu saja
pihak Yayasan Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan
Jurnal Communication.
Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini.
Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh pihak pengelola jurnal. Salam Budi
Luhur.
Cover Page

Vol 10, No 1 (2019): COMMUNICATION

Syukur pada Allah, pemilik ilmu di alam semesta ini yang telah memberikan
kemudahan hingga akhirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta
kembali rutin mempublikasikan Jurnal Communication Volume X Nomor 1, April 2019.
Redaksi Jurnal Commuication menyajikan tujuh artikel terkait kajian Ilmu Komunikasi
yang diantaranya dua artikel ilmiah dari internal dan empat artikel ilmiah dari eksternal, serta
satu artikel berupa resensi buku.
Artikel pertama ditulis oleh Trie Damayanti dan Ilham Gemiharto dari Fakultas Ilmu
Komunikasi, Universitas Padjajaran. Judul artikelnya adalah Kajian Dampak Negatif Aplikasi
Berbagi Video Bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Artikel kedua ditulis oleh
Rustono Farady Marta, Patricia Robin dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu
Sosial dan Humaniora, Universitas Bunda Mulia dengan judul artikel, Refleksi Kebahasaan
Sinematik Bermakna Pluralitas Dalam Iklan BNI Taplus Anak.
Sedangkan artikel ketiga berjudul, Strategi Image Eksklusif Islamic Boarding School
Dalam Pendidikan Karakter Agama, yang ditulis oleh Annisa Yutha, Hanny Hafiar, dan
Centurion C. Priyatna dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Berikutnya
artikel keempat berjudul, Objektivitas Berita Bencana di Media Online. Ditulis oleh Geri
Suratno dan Indah Suryawati dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur.
Artikel kelima berjudul, Konstruksi Pemberitaan Kasus Body Shaming Artis Dia
Nitami di Nikita.Grid.Id dan Tempo.Co, yang ditulis oleh Anggun Putri Dewanggi I.B, dan
Laksmi Rachmaria dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur. Sementara
artikel keenam ditulis oleh Adhi Satrio dan Gracia Rachmi Adiarsi dari STIKOM LSPR
yang berjudul, Pengaruh Motivasi dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Laptop Apple
Pada Mahasiswa.
Artikel ketujuh berjudul, Pertautan Ideologi Media dan Ekonomi Politik Kekuasaan,
yang ditulis oleh M. Alfansyah Harahap dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi
Luhur. Artikel ini merupakan resensi buku berjudul, Konvergensi Media; Perbauran
Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme, yang ditulis oleh Dudi Iskandar, mantan wartawan
senior yang kini berprofesi sebagai dosen pada Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi
Luhur.
Kesempatan ini, kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
turut berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Terima kasih kami berikan kepada mitra
bestari sebagai reviewer, para penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak Yayasan Universitas
Budi Luhur yang senantiasa mendukung maksimal terhadap keberlangsungan penerbitan
jurnal ini. Akhir kata, tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam
penyusunan jurnal ini. Kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Semoga menjadi amal
baik bagi kita semua. Amiin.

2018

Cover Page

Vol 9, No 2 (2018): COMMUNICATION

MINAT MAHASISWA UNTUK BERWISATA KE NEGERA INDIA (Studi Kuantitatif dengan Treatment konten YouTube berjudul Rape is consensual: Inside Haryana’s Rape Culture)
Nurhayani Saragih, Enjang Pera Irawan
LITERASI MEDIA DIGITAL GENERASI Z (STUDI KASUS PADA REMAJA SOCIAL NETWORKING ADDICTION DI JAKARTA)
Riyodina G. Pratikto, Shinta Kristanty
HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PETUGAS PELAYANAN INFORMASI PUSKESMAS DENGAN SIKAP PENGUNJUNG TERHADAP PUSKESMAS NAGREG
Iin Sumiyati, Lukiati Komala, Yanti Setianti
MAKNA SELF DISCLOSURE PEREMPUAN DALAM KELUARGA (STUDI KASUS PADA PEREMPUAN KARIER DI UNIVERSITAS BUDI LUHUR)
Mulyati .
MANAJEMEN REDAKSIONAL PORTAL BERITA ONLINE DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL SEBAGAI
SARANA PROMOSI
Moh. Syamsul Arifin
CYBER-PR DALAM E-MUSRENBANG DI PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN
Amin Shabana, Tria Patrianti
STRATEGI KOMUNIKASI ECPAT INDONESIA UNTUK MEMERANGI PARIWISATA
SEKS ANAK (PSA)
Dany, Anggun Putri Dewanggi
Cover Page

Vol 9, No 1 (2018): COMMUNICATION

Gerakan 30 September: Narasi “Dewan Jenderal” Di Situs Berita Utama Indonesia Tahun 2017
Muhammad Aswan Zanynu
Konstruksi Keindonesiaan Dalam Film Tjokroaminoto
Ahmad Toni
Perempuan Dalam Pandangan Media: Labelisasi Perempuan Sebagai “Agent Of Problem” Pada Koran Merapi
Ayu Usada Rengkaningtias
Fenomenologi Kampanye Politik Pada Pilkada Jawa Timur
Fatmawati .
Hubungan Pengetahuan Wartawan Dengan Pemberitaan LGBT di Koran Sindo
Dudi Iskandar, Muhamad Isnaini
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bandung Makuta Cake Dengan Menggunakan IMC Model Dwi Sapta
Clarista Anjelin, Itca Istia Wahyuni
Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group
Ita Suryani, Asriyani Sagiyanto
KOMUNIKASI PERSUASIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI TENTANG EDUKASI KANKER
Daniel Handoko, Velda Ardia, Oktaviana Purnamasari

2017

Cover Page

Vol 8, No 2 (2017): COMMUNICATION

KOMUNIKASI PERSUASIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI TENTANG EDUKASI KANKER
Daniel Handoko, Velda Ardia, Oktaviana Purnamasari
WORD OF MOUTH UNTUK MEMPERKUAT BRAND POSITIONING “THE HOUSE OF RAMINTEN SEBAGAI ANGKRINGAN “TRADISIONAL MODERN” DI YOGYAKARTA
Fitria Ayuningtyas, Uljanatunnisa .
STRATEGI PROGRAMMING DALAM PENGEMASAN PROGRAM “HAFIZ INDONESIA 2015” RCTI UNTUK MEMPEROLEH RATING SHARE TINGGI
Haronas Kutanto
PENGELOLAAN KESAN CALON GUBERNUR BANTEN “WAHIDIN HALIM” PADA MEDIA ONLINE TWITTER DAN FACEBOOK
Khaerul Azmi
INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI 9 PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH (Studi Kasus pada Bagian Hubungan Masyarakat Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada Instagram @kemenkopUKM)
Lusyane Margaretha, Dini Maryani Sunarya
Cover Page

Vol 8, No 1 (2017): COMMUNICATION

RAGAM DAN ORIENTASI MEMORI ATAS SOEHARTO DALAM BERITA KOMPAS.COM
Muhammad Aswan Zanynu
POLEMIK QANUN ACEH DALAM KONSTRUKSI MEDIA ONLINE ANTARANEWS.COM
Yuhdi Fahrimal
“REPUBLIK HOT NGELESOT” SEBAGAI WUJUD PENERAPAN PROGRAM CYBER CITY PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Pada Program Cyber City Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta
Ita Suryani
MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA
Witanti Prihatiningsih
REPRESENTASI EROTIKA DALAM LIRIK LAGU DANGDUT (Analisis Bahasa Kritis Terhadap Lirik LaguDangdut)
Nawiroh Vera

2016

Cover Page

Vol 7, No 2 (2016): COMMUNICATION

IDEOLOGI FILM GARIN NUGROHO KAJIAN SEMIOTIKAPADA FILM DAUN DI ATAS BANTAL
Ahmad Toni
REPRESENTASI CORPORATE IDENTITY DALAM LOGO BARU PDAM KOTA BANDUNG
Aat Ruchiat Nugraha
KONFLIK PENDUDUK ASLI DENGAN WARGA PENDATANG DI PONDOK AREN, TANGERANG SELATAN
Dudi Iskandar, Indah Suryawati
PERSONAL BRANDING PUTRI DANIZAR SEBAGAI DISC JOCKEY MUDA INDONESIA (Studi Riset Naratif mengenai Personal Branding Putri Danizar Sebagai Disc Jockey Muda Indonesia)
Christie Rachel Lumban Tobing, Trie Damayanti
IMPLEMENTASI REPOSITIONING L-MEN DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Mega Farras i Nur Ihsan, Hanny Hafiar, Anwar Sani
KONSTRUKSI PEMBERITAAN PILKADA SERENTAK 9 DESEMBER 2015 PADA CNNINDONESIA.COM
Finy F. Basarah
EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus pada Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Sumber Budi Petukangan Selatan, Jakarta Selatan)
Linda Islami, Armaini Lubis
Cover Page

Vol 7, No 1 (2016): COMMUNICATION

Gaya Dan Karakter Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo oleh Riniwaty Makmur, Kepemimpinan Visioner Net Televisi Masa Kini oleh Wenny Maya Arlena, Pola Pemilihan Dan Penolakan Informasi Pornografi Di Kalangan Remaja oleh Inge Hutagalung, Implementasi Regulasi Sistem Stasiun Jaringan (Analisis Ekonomi Politik Media Pada Rcti Network Banten) Oleh Amin Aminudin, Peranan Group Facebook Himppar (Penggunaan Group Facebook Himpunan Mahasiswa Papua Barat Di Uksw Salatiga) oleh Ester Krisnawati & Naomi Crisant Wulandari, Hubungan Sosialisasi Sociopreneurship Dengan Pembentukan Sikap Wirausaha Partisipan Pada Forum Kreatif Jatinangor oleh Arina Qonita, Rosnandar Romli dan Heru Ryanto Budiana, Analisis Komunikasi Visual Budaya Hippies Dalam Iklan Surfer Girl ‘’Summer Holiday @Grand City Surabaya’’ oleh Edy Chandra

2015

Cover Page

Vol 6, No 2 (2015): COMMUNICATION

Jurnal Communication edisi kali ini menyajikan tujuh tulisan. Yakni, Medical Professionals as Effective Communicators karya Deddy Mulyana yang kini menjabat Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi sekaligus Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung. Selanjutnya ada tulisan Gun Gun Heryanto, Dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta, yang berjudul Konvergensi Simbolik di Media Online: Studi Perbicangan Netizens Tentang Polemik Kasus Century di Era Pemerintahan SBY-Boediono.

Tulisan lain disumbangkan Fungsi Komunikasi Kelompok dalam Menghadapi Potensi Bencana Alam (Studi pada Anggota Kelompok  Masyarakat di Wilayah Rawan Bencana Gunung Berapi) tulisan Damayanti Wardyaningrum yang kini Mengabdi di Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Selatan; Pengaruh Kualitas Informasi Facebook terhadap Pembentukan Citra Positif Pemerintah Kota Padang (Studi pada Media Sosial Facebook Humas dan Protokol Kota Padang, September 2014 - Maret 2015) hasil penelitian Yuliandre Darwis dan Yeni Rizal. Keduanya Akademisi di Universitas Andalas, Padang. Selain itu ada juga tulisan berjudul Identifikasi Strategi Representasi Maskulinitas pada Majalah Transnasional di Indonesia Sumekar Tanjung yang kini mengabdi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia

Dari kalangan internal ada dua tulisan. Yaitu, Indah Suryawati yang berjudul Pergeseran Makna Selingkuh Dalam Budaya Siri’Bugis-Makassar Di Media Online (Konstruksi Pemberitaan “Suami Pergoki Istri Selingkuh” Di Tribune-Timur.Com) dan Jebakan Mimetisme Pada Pemberitaan Seputar Isu Terorisme  Pada Program Berita “Global Siang” di Global TV hasil penelitian Laksmi Rachmaria.

Tentu saja, kritik dan saran dari semua kalangan akan kami nantikan, sehingga menjadi acuan untuk memperbaiki jurnal ini di kemudian hari.

Cover Page

Vol 6, No 1 (2015): COMMUNICATION

  Jurnal Communication edisi ini menampilkan beberapa tulisan. Antara lain,
Komunikasi Dalam Perspektif Pendekatan Islam (Telaah Teoretis tentang Kajian
Komunikasi dengan Allah melalui Shalat dan Membaca Al-Qur’an) dari Zikri Fachrul
Nurhadi yang mengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut, Jawa Barat.
Selanjutnya ada Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Melalui Sales
Promotion Pada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledug Kota Tangerang dari Rini
Lestari Yang Kini Menjadi Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur,
Jakarta. Content Website “101youngceo.Com” Sebagai Hubungan Komunikasi Dengan
Pelanggan Hasil Penelitian Ricky Widyananda Putra Yang Juga Pengajar Di Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta
Selanjutnya tulisan berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun
Kesadaran Merek (Studi Kasus Private Label pada Fast Moving Consumer Goods Giant
Ekstra Central Business District, Bintaro, Tangerang Selatan) dari Rachmi Kurnia Siregar
lulusan Magister Komunikasi Universitas Budi Luhur, Jakarta. Tulisan Analisis Hubungan
Antara Media Sosial Dan Kesadaran Merek (Studi Kasus pada Komunitas Backpacker
Indonesia Wilayah Jabodetabek) dari Putti Nurul Chairani dan Ulani Yunus dari Marketing
Communication Department, Faculty of Economic and Communication, Binus University,
Jakarta. Pemberitaan Media Penyiaran Terkait Peristiwa Bencana Gempa Bumi Berpotensi
Tsunami (Analisis Wacana Kritis Naskah Siaran Radio Sindo Trijaya FM pada 11 April
2012) karya Dyah Rachmawati (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dan terakhir
Fashion Sebagai Media Komunikasi (Analisis Semiotik Fashion Kontroversial Lady Gaga)
hasil penelitian Christiany Juditha pegawai Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan
Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar, Kementerian Komunikasi dan Informatika
  

2014

Cover Page

Vol 5, No 2 (2014): COMMUNICATION

Untuk edisi kali ini, Jurnal Communication menyajikan tujuh tulisan. Yakni,
Globalisasi dan Imperialisme Budaya di Indonesia karya Deddy Jamaluddin Malik (Ketua
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi, Bandung). Artikel berbahasa Inggris berjudul Integrated
Marketing Communications In Marketing Public Relations Perspective (Survey On Tourism
Destination Development In Three Colors Of Lake Kelimutu, Ende, East Nusa Tenggara
Province) ditulis Nunung Rusmiati yang sedang menyelesaikaan program doktoral di
Universitas Sahid, Jakarta. Konstribusi lain ditulis oleh dua dosen Universitas Telkom,
Bandung, Dedi Kurnia Syah Putra dan M. Yahya Arwiyah. Keduanya menulis tentang
Rasisme Media Politik.
Dari internal Fikom Universitas Budi Luhur hasil penelitian tentang Konstruksi
Pemberitaan Dugaan Kasus Korupsi Kepala SKK Migas (Analisis Isi Berita Kompas,
Republika, Koran Sindo, dan Media Indonesia) ditulis oleh Armaini Lubis dan Dudi Sabil
Iskandar. Sedangkan dari Sulawesi, diwakili oleh tulisan Muhammad Hasyim dengan judul
Konstruksi Realitas Sosial Budaya dalam Iklan Komersial Televisi. Hasyim adalah dosen
Program Studi Sastra Prancis FIB Universitas Hasanuddin Makassar. Sedangkan Renata
Pertiwi Isadi Dan Sumekar Tanjung dari Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam
Indonesia meneliti tentang Bushido Pada Perempuan Jepang: Memaknai Nilai-Nilai Bushido
Pada Perempuan Jepang Dalam Film Rurouni Kenshin (2012) Dan Myu No Anyo Papa Ni
Ageru (2008). Tulisan terakhir berbicara tentang Representasi Makna Visual Poster Film
Religius; Studi Semiotika Poster Charles S. Pierce Pada Film 99 Cahaya Di Langit Eropa,
Suwarno dari Universitas Budi Luhur, Jakarta.

2013

Cover Page

Vol 4, No 2 (2013): COMMUNICATION

Untuk edisi kali ini, kami menyajikan tujuh tulisan. Yakni, Literasi Media dengan Memberdayakan Kearifan Lokal hasil penelitian Ahmad Sihabudin yang merupakan Guru Besar Komunikasi Lintas Budaya, Communication and Ideology Conflict in Indonesia; Political Ideology in Indonesia Political Party karya Basuki Agus Suparno, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Media Online Islam di Masyarakat Multikultur hasil riset Eni Maryani dan M. Fakhrudi Akbar. Kedua adalah Pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Difusi Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Politik Indonesia oleh I Dewa Ayu Hendrawathy Putri. Ia merupakan dosen Komunikasi Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Bali dan Mahasiswa S3 Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung.
Selanjutnya tulisan Modifikasi Stereotip Gender Perempuan pada Tayangan Kuliner di Televisi (Studi Hegemoni Ideologi Gender dalam Program “Ala Chef” Trans Tv Versi Farah Quinn) buah karya Sari Monik Agustin yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia dan kandidat Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia. Ada juga tulisan tentang Pola Komunikasi Organisasi Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Menjaga Ketentraman dan Ketertiban Pedagang Kaki Lima di DKI Jakarta; Studi Deskriptif pada Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Jakarta Pusat hasil penelitian dua dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Shinta Kristanty Dan Armaini Lubis. Terakhir kami menampilkan resensi buku tentang komunikasi karya Ilham Prisgunanto berjudul Komunikasi & Polisi; Bias Selebritas, Geng Motor, Ranah Publik, Konvergensi Simbolik; Memahami Kerja dan Tantangan Kepolisian Melalui Pendekatan Komunikasi yang ditulis Iskandar P. Nugraha, seorang pengajar dan konsultan komunikasi/budaya Indonesia yang tinggal di Sydney, Australia sekaligus editor, peneliti, dan pengajar tamu di University Of Sydney dan New South Wales, Australia.
Cover Page

Vol 4, No 1 (2013): COMMUNICATION

Perspektif kajian ilmu komunikasi merupakan kajian yang kompleks yang menyangkut gagasan, ide, pemikiran, media baik cetak, elektronik, luar ruang, dan internet, dan juga efek yang ditimbulkan sebagai akibat dari pertukaran makna yang menyertai pola komunikasi. Implikasi dari proses komunikasi melebur kedalam kondisi psikologis, sosiologis serta ruang-ruang antropologis lainnya yang menjadikan kajian komunikasi merupakan kajian yang plural dan bersifat dinamis. Banyak ilmuan yang meragukan originalitas ilmu komunikasi sebagai ilmu yang berdiri atas konsep-konsep manifestasinya sendiri tanpa bantuan kajian keilmuan lain.

Dengan terbitnya journal ini diharapkan kajian ilmu komunikasi menjadi titik tolak dan tolak ukur konsep-konsep kajian yang mendukung berdirinya ilmu komunikasi sebagai instrument keilmuan yang mandiri secara holistik sebagai sebuah konsepsi dasar guna menjawab persoalan-persoalan mendasar kehidupan manusia. Komunikasi merupakan terapan solusi dan terapan teknologi yang menjembatani antara ilmu sosial dan ilmu teknologi yang dibuktikan untuk menjawab persoalan mendasar manusia.

Merupakan suatu kehormatan sangat tinggi, journal ini diisi oleh pakar-pakar komunikasi Indonesia sebagai indikator kualitas dan sumbangan pemikiran ahli komunikasi untuk mentransformasi pegetahuan kepada segenap civitas akademika univeritas Budi Luhur. Terima kasih sebesar-besarnya kepada dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Dr. Hadiono Afdjani dan Wakil Dekan Dr. Umaimah Wahid dan segenap pimpinan lainnya. Tak lupa kami redaktur mengucapkan terima kasih kepada mitra bestari yang meluangkan waktunya di tengah-tengah kesibukan, Prof. Dr Deddy Mulyana, Prof. Dr. Sihabudin, Dr. Eriyanto, M.Si, Dr. Turnomo Rahardjo, Dr. Eko Harry Susanto.


2012

Vol 3, No 1 (2012): COMMUNICATION

Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, kami hadir lagi menemui pembaca
dengan terbitnya Jurnal “Communication” Volume 3 Nomor 1 April 2012. Pada
edisi ini berisi tulisan tentang berbagai tema-tema komunikasi yang menarik seperti
karya Indah Suryawati yang berjudul “Muatan Simbol Verbal Tiga Budaya
Indonesia dalam Tayangan “Laki-laki Lasut” di Trans TV (Periode September
2011)”.
Kemudian karya yang juga menarik adalah karya Ita Suryani yang berjudul
“Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Program
Pengembangan Masyarakat Petani Kedelai Hitam Yogyakarta”. Artikel ilmiah
yang ketiga berjudul ”Pemaknaan Riba dan Bunga Bank Bagi Nasabah Bank
Konvensional dan Bank Syariah” karya Agus Deniar. Selanjutnya adalah artikel
ilmiah yang berjudul “Pemaknaan “Twitter” pada Penggunanya Berdasarkan
Konsep Diri (Studi Fenomenologi Pengguna “Twitter” di Wilayah Jakarta”
karya Hadiono Afdjani dan Rahma Fadjrianti.
Artikel ilmiah kelima karya Liza Dwi Ratna Dewi dan Hendari Oktaviani
dengan judul “ Tata Letak dan Komunikasi Ruang Outlet VNC, Senayan City”.
Judul keenam adalah “Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Customer Service
Terhadap Citra PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (Studi Kuantitatif
Terhadap Pelanggan PLN Cabang Kebon Jeruk, Jakarta Barat)”, karya Intan
Permata Sari dan Armaini Lubis. Selanjutnya artikel ilmiah yang ketujuh adalah
“Fungsi Public Relations PT Plaza Indonesia Realty, Tbk, dalam
Mempertahankan Positioning Plaza Indonesia Melalui Kegiatan Media
Ralations” karya Selvya Hutabarat.
Akhir kata, redaksi sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah
berperan serta dalam penyusunan Jurnal “Communication” edisi ini dari awal sampai
akhir. Semoga artikel-artikel tersebut bermanfaat bagi berbagai pihak seperti dosen,
mahasisiwa dan priktisi dalam bidang komunikasi. Dengan hati ikhlas redaksi
mengharapkan kritikan dan saran dari semua pihak demi sempurnanya Jurnal ini.
Amien.

1 - 14 of 14 Items