Strategi Promosi Film Love for Sale 2

Santi Susanti, Jalu Wisesa

Abstract


Kesuksesan film Love for Sale yang meraih prestasi di berbagai ajang penghargaan film di Indonesia, mendorong Visinema Pictures untuk menggarap sekuelnya, Love for Sale 2, yang dirilis 2019 dan masih disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf. Menjadikan Love for Sale 2 sukses seperti film pertamanya, bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, untuk mendorong kesuksesan film Love for Sale 2, maka Visinema menerapkan strategi promosi tertentu dalam distribusi film yang pemeran utamanya adalah Della Dartyan dan Adipati Dolken Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi promosi film Love for Sale 2. Penelitian dilakukan di Visinema Jakarta, dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada narasumber yang dipilih, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan strategi promosi film Love for Sale 2 dilakukan berdasarkan konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), menggunakan konten klip film, dokumentasi, ajakan dan testimoni. Adapun medium yang digunakan adalah media sosial dan pihak kerjasama. Kesimpulan dari penelitian ini, konsep AIDA digunakan dalam promosi film Love for Sale 2, untuk memastikan bahwa pasar dapat mengerti dan paham mengenai film Love for Sale 2. Proses segmentasi merupakan salah satu tahapan paling krusial dalam proses promosi film Love for Sale
2.

Keywords


Strategi Pemasaran, Promosi, Media Sosial, Konsep AIDA.

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Grafindopersada.

Babin. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Maarif, A. S., Sultan, M. I., & Bahfiarti, T. (2017). Strategi Promosi Film Ada Apa Dengan Cinta 2 melalui Media Online. Jurnal KAREBA, 6(1), 92–97. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/5168

Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2018). Strategi Promosi Pada Tahapan Pra-Produksi Film Haji Asrama (HAS). ProTV, 2(2), 145–156. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/20818

Riandi, A. P. (2019). Andi Yusuf Bachtiar: Terlalu Prematur untuk Sekuel Love For Sale. Retrieved from celebrity.okezone.com, 1 Februari 2019 website: https://celebrity.okezone.com/read/2019/02/01/206/2012472/andi-yusuf-bachtiar-terlalu-prematur-untuk-sekuel-love-for-sale

Wijiharjono, N. (2017). Kajian Perkembangan Penelitian Pemasaran Film. AGREGAT, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 247–171. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/agregat/article/view/829

Sumber Lain

Loveforsalefilm [@loveforsalefilm]. 2019, 30 September. Terima kasih untuk kalian semua yang sudah datang dan memeriahkan acara Launching Perdana Official Trailer Love for Sale 2 Lapangan Banteng! [Instagram post]. https://www.instagram.com/p/B3CbNz1g8N5/?utm_source=ig_web_copy_link. Diakses pada Jum’at, 8 November 2019.

Loveforsalefilm [@loveforsalefilm]. 2019, 6 September. Udah tanggal 6 waktunya Rilis Official Teaser Video Love for Sale 2!. [Instagram post]. www.instagram.com/p/B2ENLRhARfp/?utm_source=ig_web_copy_link. Diakses pada Jum’at, 8 November 2019.

Loveforsalefilm [@loveforsalefilm]. 2019, 1 Oktober. OFFICIAL TRAILER LOVE FOR SALE 2!. [Instagram post].

www.instagram.com/tv/B3EzApJgdCA/?utm_source=ig_web_link. Diakses pada Jum’at, 8 November 2019.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i2.1175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id