Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan selama Pandemi di Indonesia

Halim Agung, Rustono Farady Marta, Christanti Christanti

Abstract


Pandemi Covid-19 tengah melanda seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Adanya peraturan pembatasan sosial oleh pemerintah memaksa masyarakat untuk tetap di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah, sehingga segala kegiatan dilakukan secara daring, termasuk dalam hal berbelanja. Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 adalah timbulnya perilaku pembelian secara impulsif. Hal ini terjadi pada pembelian produk kesehatan, dimana konsumen secara tiba-tiba membeli produk kesehatan dengan alasan produk kesehatan bisa melindungi diri dari virus dan mengurangi rasa cemas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital oleh berbagai marketplace dan dampaknya terhadap pembelian impulsif oleh konsumen di masa pandemi saat ini. Analisis data melibatkan 119 sampel dengan menggunakan paradigma positivisme, pendekatan kuantitatif, metode survei, dan instrumen pengumpulan data berupa kuisioner. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi strategi pemasaran digital berpengaruh signifikan positif terhadap pembelian impulsif oleh konsumen marketplace.

Keywords


COVID-19, pemasaran digital, pembelian impulsif, Shopee

Full Text:

PDF

References


Agung, H., Christian, M., & Loisa, J. (2020). Perilaku Pengguna Shopee Terhadap Pembelian Multiproduk dengan Pendekatan Theory of Reasoned Action. Go-Integratif : Jurnal Teknik Sistem Dan Industri. https://doi.org/10.35261/gijtsi.v1i01.4005

Agung, H., Marta, R. F., & Virshella, V. (2021). Measuring Lifebuoy Ad Exposure in Building Awareness of KlikDokter Application Users during Pandemic COVID-19. Jurnal Audience, 4(02), 180–192. https://doi.org/10.33633/ja.v4i2.4943

Ahmadi, A. (2020). Pengaruh E-Commerce, Promosi Penjualan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 481–493. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.287

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam.

Arohman, A., & Nurani, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Lady Fame Shop (Studi pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018. 09(02), 24–34. https://doi.org/10.52657/jiem.v9i02.1187

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Kedua). In Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Chaffey, D. (2011). E-Business & E-Commerce Management: Strategy, Implementation and Practice (5th Editio). Prentice Hall.

Charpentier, A., Ka, N., Mussard, S., & Ndiaye, O. H. (2019). Gini regressions and heteroskedasticity. Econometrics. https://doi.org/10.3390/econometrics7010004

Christian, M., & Agung, H. (2020). Urban Consumer Behavior On Buying Multi-Products On Shopee Using Technology Acceptance Model (TAM). Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i2.337

Farady Marta, R., & Robin, P. (2019). Kebahasaan Sinematik Bernuansa Pluralitas Dalam Iklan Bni Taplus Anak. Communication, 10(1), 16. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.810

Gandakusumah, B., & Marta, R. F. (2021). Visualisasi Elemen Pembentuk Consumer Brandscape Melalui Oposisi Biner Semiotika Pemasaran Xing Fu Tang (幸福堂) dan Xi Bo Ba (喜悦). Jurnal Bahasa Rupa, 4(2). https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i2.808

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hersinta, & Sofia, A. (2020). Social Media, Youth and Environmental Low-Risk Activism: A Case Study of Savesharks Indonesia Campaign on Twitter. Aspiration Journal, 1(2), 113–134.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kurniawati, L. S. M. W., Marta, R. F., & Amanda, M. (2021). Utilization of COVID-19 Digital Media Literacy Through The New Habit Marble Online Game in Early Children. Journal Communication Spectrum, 10(2). https://doi.org/10.36782/jcs.v10i2.2142

Lien, C. H., Wen, M. J., Huang, L. C., & Wu, K. L. (2015). Online hotel booking: The effects of brand image, price, trust and value on purchase intentions. Asia Pacific Management Review, 20(4), 210–218. https://doi.org/10.1016/J.APMRV.2015.03.005

Lo, F. Y., Rey-Martí, A., & Botella-Carrubi, D. (2020). Research methods in business: Quantitative and qualitative comparative analysis. In Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.003

Lubaba, H., & Masyhuri, M. (2021). PEMBELIAN IMPULSIF SELAMA PANDEMI COVID-19: MODEL MEDIASI. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 214–223. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.376

Makarim, N. H., Dimyati, D., & Kurniullah, A. Z. (2020). The Use of Instagram Account in Constructing The Concept of Beauty : A Case on “UNPAD GEULIS.” Aspiration Journal, 1(July), 73–98.

Marselina, M., Sadono, T. P., & Marta, R. F. (2019). Konstruksi Kekeluargaan, Idealisme Pekerja PERS, dan Rasa Memiliki pada Jurnalis FEMINA GROUP. Jurnal Audience, 2(1). https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.2693

Marta, R. F., & Septyana, V. (2015). Semiotika Pemasaran pada Brand Value Melalui Sign Berupa Layout Berita dan Iklan Ibadah Haji (Studi Komparasi pada Harian Pos Kota dengan Rakyat Merdeka). Semiotika : Jurnal Komunikasi.

Marta, R. F., & William, M. (2020). Konstruksi Pesan Gaya Hidup Sehat Dalam Iklan Youtube Buavita : A Small Action For A Big Difference. Communication, 11(2), 112–125. https://doi.org/10.36080/comm.v11i2

Memon, M. A., Ting, H., Cheah, J.-H., Thurasamy, R., Chuah, F., & Cham, T. H. (2020). Sample Size for Survey Research: Review and Recommendations. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2). https://doi.org/10.47263/jasem.4(2)01

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19. Kemkes.Go.Id. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html

Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (2nd ed.). Bumi Aksara.

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2011). Advertising (8th Editio). Penerbit Kencana.

Nissi, Y. El, & Budiono, H. (2019). Kepercayaan Merek Sebagai Mediator Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan.

Putra, I. G. W. S. (2021). Evaluasi Pengaruh Product Quality, Product Innovation dan Marketing Promotion Terhadap Brand Image IKEA. Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30813/digismantech.v1i1

Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1). https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Sasongko, Y. P. D., & Marta, R. F. (2018). Ekspresi Identitas Melalui Relasi Ayah dan Anak Pada Iklan Youtube Grab Official. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1656

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2019). Consumer Behavior 12th Edition. In Pearson Education. Pearson Education.

Shabbir, M. Q., Khan, A. A., & Khan, S. R. (2017). Brand Loyalty Brand Image and Brand Equity: the Mediating Role of Brand Awareness. International Journal of Innovation and Applied Studies. http://www.ijias.issr-journals.org/abstract.php?article=IJIAS-16-237-03

Strijker, D., Bosworth, G., & Bouter, G. (2020). Research methods in rural studies: Qualitative, quantitative and mixed methods. Journal of Rural Studies. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.06.007

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metodologi Penelitian. Alfabeta.

Tianotak, J., & Asy’ari, N. A. S. (2019). Makna Tagline ‘Menjadi Yang Terbaik’ Iklan Telkomsel Versi Pilot Papua Riko Kabak. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(01), 049. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1742

Ulfa, R., & Marta, R. F. (2017). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Yayasan Nurul Ibad Jakarta Timur. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(02), 1–11. https://doi.org/10.30813/bricolage.v2i02.835

Wonggo, C. M., Lapian, S. L. H. V. J., & Rogi, M. H. (2020). Dampak Discount, Brand Image Dan in Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 124–133. https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29545

Wono, H. Y., & Aji, I. D. K. (2020). Preferensi Komunikasi Pemasaran Terpadu Perguruan Tinggi Di Surabaya Pada Era Posmoderen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 171. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2146




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i2.1500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id