Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Garut

Pramono Benyamin, Eni Maryani, Meria Octavianti

Abstract


Penelitian ini membahas aktivitas komunikasi pemasaran di bidang pariwisata yang mengangkat unsur-unsur lingkungan sebagai daya tariknya. Konsep back to nature memiliki potensi yang sangat besar untuk mendatangkan wisatawan mancanegara sebagai penghasil devisa bagi negara. Desa Wisata Ciburial juga dikembangkan untuk menarik wisatawan nasional untuk meningkatkan pendapatan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan media digital dalam komunikasi pemasaran di Desa Wisata Ciburial serta implikasinya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran tentang Desa Wisata Ciburial menarik dan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketertarikan orang untuk datang. Melalui media digital diunggah berbagai informasi untuk memasarkan Desa Wisata Ciburial yang layak dikunjungi. Penggunaan beragam platform digital yaitu website, facebook dan Instagram untuk memasarkannya dinilai efektif karena mampu menyebarkan konten yang cukup memberikan gambaran tentang Desa Wisata Ciburial, dan memiliki kemasan konten yang menarik karena terdiri dari beragam format baik teks, foto maupun video. Semakin banyak orang yang berkunjung baik internasional, nasional dan lokal, dan berkembangnya bentuk-bentuk wisata yang ditawarkan merupakan salah satu bukti efektivitas komunikasi pemasaran yang diperoleh. Keberhasilan komunikasi pemasaran yang dilakukan tidak saja memberi banyak peluang bagi pengembangan Desa Wisata Ciburial dan masyarakat sekitarnya akan tetapi juga menghadirkan tantangan terkait keberadaan dan dampaknya pada masyarakat maupun keberlangsungannya. Terdapat tantangan terkait dengan kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, keterbatasan guide untuk memandu wisatawan asing, serta kesadaran masyarakat menghindari konflik terkait dengan isu ekonomi dan perbedaan pandangan dalam memahami keberadaan Desa Wisata Ciburial serta implikasinya pada masyarakat dan lingkungannya.

Keywords


Strategi Komunikasi; Komunikasi Pemasaran; Media Digital; Komunikasi Pariwisata; Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Adhisakti. (2000). Strategi Pengembangan Desa Wisata di Indonesia.

Anjelin, C., & Wahyuni, I.I. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bandung Makuta Cake dengan Menggunakan IMC Model Dwi sapta. Jurnal Communication Volume 9 Nomor 1 April 2018, DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v9i1 ISSN p2086 - 5708 e-2442 - 7535

Antara, M., & Arida, I. N. S. (2015). Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal. Pustaka Larasan.

Fketcher Cooper, J., Gilbert, D., & Wanhill, S. (1995). Tourism, Principles and Prantice. Logman.

Gorlevskaya, L. (2016). Building Effective Marketing Communications in Tourism. Studia Commercialia Bratislavensia, 9(35), 252–265. https://doi.org/10.1515/stcb-2016-0025

Kaur, G. (2017). THE IMPORTANCE OF DIGITAL MARKETING IN THE TOURISM INDUSTRY. International Journal of Research - GRANTHAALAYAH, 5(6), 72–78. https://doi.org/10.5281/zenodo.815854

Kim, K.-S., & Sin, S.-C. J. (2015). Use of Social Media in Different Context of Information Seeking: Effects of Sex and Problem Solving Style. Information Research: An International Electronic Journal, 20(1), 1–10. https://doi.org/EJ1060504

Margaretha, L., & Sunarya, D.M, (2017). Instagram sebagai Media Sosialisasi 9 Program Unggulan Pemerintah, Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017, DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i2, p-ISSN 2086 - 5708 e-ISSN 2442 - 7535

Mola, M.S.R. & Witarti, D.I, (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Pengembangan Pariwisata Ende Studi Kasus: Festival Danau Kelimutu, COMMUNICATION, VOL. 11 NO.1 APRIL 2020. 1- 13, DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i1 p-ISSN 2086 - 5708 e-ISSN 2442 - 7535

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Musanet. (1995). Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. PT Toko Gunung Agung.

Rukendi, C. (2021). Siaran Pers: Masuk 50 Besar ADWI 2021, Desa Wisata Saung Ciburial Jadi Ikon Pariwisata di Garut. https://kemenparekraf.go.id/berita/Siaran-Pers%3A-Masuk-50-Besar-ADWI-2021%2C-Desa-Wisata-Saung-Ciburial-Jadi-Ikon-Pariwisata-di-Garut

Shrivastava, A., & Dawle, A. (2020). An Overview Of Marketing Communication Strategy: A Descriptive Study. International Journal of Current Research, 12(10), 14502–14504. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24941/ijcr.39886.10.2020

Tapsell, R., & Jurriëns, E. (2017). Digital Indonesia : Connectivity and Divergence. SEAS-Yusof Ishak Institute.

Terina, N. A., Prabawa, T. S., & Manuputty, A. D. (2012). Perancangan Sistem E-Tourism Berbasis Web sebagai Media Pemasaran Pariwisata Kota Jepara. Universitas Kristen Satya Wacana.

Vinaika, R., & Manik, D. (2017). How Instagram is Changing the Way Marketing Works? IJMBS, 7(4), 12–16. https://doi.org/2230-9519

We are Social (2020). Indonesia Digital Report 2020

Zulfikar, Alif Ryan & Mikhriani (2017), Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta, Jurnal Al-Idarah, Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2017, 279-29




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i2.1505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id