Pola Komunikasi Orangtua dengan Anak dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Ajri Fathurrahman, Gian Tiara, Aprilia Nugraheni

Abstract


Proses Pembelajaran Jarak Jauh atau yang biasa kita kenal sebagai PJJ menjadi permasalahan orangtua salah satu nya Indonesia yang juga ter dampak dari penyebaran virus ini. Orangtua sebagai lembaga pendidikan yang utama menjadi pionir selama pembelajaran daring dilakukan. Demi tercipta nya pembelajaran yang efektif, maka diperlukan sebuah pola komunikasi yang tepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dan mengetahui tentang komunikasi antarpersonal antara orangtua dengan anak, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi selama masa pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana dalam pencarian serta pengumpulan data untuk penulisan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan juga wawancara mendalam dengan para Informan yaitu para orangtua yang anaknya menjalani proses pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membangun komunikasi pada saat pembelajaran perlu dibangun secara baik sehingga anak pun nyaman pada saat belajar di rumah, dan orangtua pun memiliki peran yang sangat penting untuk mengawasi anaknya pada saat proses belajar di rumah agar dapat terarah dengan baik.

Keywords


Komunikasi Antar Pribadi, Pola Komunikasi Keluarga, Pembelajaran Jarak Jauh.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. In CV. Simbiosa Rekatama Media. simbiosis rekatama media.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group. (2nd ed.). PT Kharisma Putra Utama.

Erliana, H. (2014). Komunikasi Pemerintahan. In Jurnal Komunikasi Pemerintahan. Refika Aditama.

Faisal, S. (2008). Format-format Penelitian Sosial. PT. Raja Grafindo Persada.

Lestari, M. A. (2018). Hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu, Kesehatan Insan Cendikia Medika, 1–93.

Lexi, J., & M.A., M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin. Remaja Rosdakarya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Morissan. (2013). Komunikasi Massa (Individu Hingga Massa). Kencana.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods. In Qualitative Inquiry (Vol. 3rd). Sage Publications. https://doi.org/10.2307/330063

Rachman, T. (2018). Komunikasi Interpersonal. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Graha Ilmu.

Rusmaini. (2014). Ilmu Pendidikan. Taman Siswa.

Siska, Y. (2015). Manusia dan Sejarah: Sebuah Tinjauan Filosofis. FIP UNY. https://books.google.com/books?id=3LhCCwAAQBAJ&pgis=1

Soekanto, S. (2004). Soerjono (Sosiologi Suatu Pengantar). PT. Raja Grafindo Persada.

Sumber Online

Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, Ratna Setyowati Putri, & priyono Budi santoso. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. E-Journal “Acta Diurna,” 5(2), 1–12.

covid.go.id. (2020). Pasien Sembu. https://covid19.go.id/pberita/pasien-sembuh-melampaui-penambahan-pasien-terkonfirmasi-poisitif

Dewi, N. R., & Sudhana, H. (2013). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Pasutri dengan Keharmonisan dalam Pernikahan. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1).




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i2.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id