Pola Komunikasi Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) di Keuskupan Surabaya Dalam Memanfaatkan Teknologi Komunikasi

Brigitta Revia Sandy Fista, Yuli Nugraheni

Abstract


Masa pandemi COVID-19 memberikan banyak dampak kepada seluruh lapisan masyarakat bahkan dampak tersebut ikut dirasakan umat Katolik di seluruh Indonesia. Segala pembatasan yang diterapkan berpengaruh pada kegiatan keagamaan di gereja. Hal tersebut menjadi tugas Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) dalam menghadapi Batasan komunikasi dalam organisasi gerejawi. Pemanfaat media komunikasi menjadi cara untuk komisi dapat tetap melanjutkan aktivitas dan menyalurkan informasi kepada para umat parokinya. Penelitian ini akan melihat bagaimana Komsos melakukan komunikasi antar anggotanya untuk tetap bisa tetap menyalurkan informasi kepada setiap umat di paroki. Mengingat berbagai keterbatasan yang muncul akibat pandemic baik itu dalam hal skill, jarak maupun usia dalam memanfaatkan teknologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus yang menggunakan para anggota komsos sebagai objek penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara mendalam dengan para narasumber terkait permasalahan. Didapatkan hasil bahwa pola komunikasi yang terjadi ialah pola komunikasi bintang, yaitu pola yang memberi gambaran tentang tiga level atau lebih dalam suatu organisasi, semua yang terlibat di dalam organisasi bisa melakukan komunikasi dengan semua pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut. Proses yang terjadi tidak memandang siapa pemimpin dalam organisasi tersebut. Pola komunikasi ini dapat memberikan gambaran nyata dan jelas tentang proses komunikasi yang terjadi dalam gereja katolik ketika pandemic covid-19.

Full Text:

PDF

References


BUKU

Amiruddin. (2016). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta : Parama Ilmu.

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Pranadamedia Group.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jilid 2. Jakarta : Salemba Humanika.

Morissan. (2014). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Ruli. (2018). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa.

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2010). Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J., Ibrahim, I.S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Wiryanto. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

JURNAL

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. Kareba, 5 (2), 259-272.

Lumentut, T.Pantow, J.Waleleng. (2017). Pola Komunikasi Pemimpin Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Anggota Di Lpm (Lembaga Pers Mahasiswa) Inovasi Unsrat. E-Journal : Acta Diurna, 6 (1), 1-15.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media, dan Informatika, 6 (3), 1-12.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i2.1937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id