Model Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Melakukan Branding Pecinan Glodok
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andri, A. &. (2023). Tourism Communication Model Based on Local Wisdom: Qualitative Descriptive Research in Gunung Padang, Cianjur Regency. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia,, 206-221.
Antaranews. (2022, Juni 27). Ekonomi, Bisnis. Retrieved from Sandi: Desa Wisata Pecinan Glodok punya daya tarik budaya dan sejarah: https://www.antaranews.com/berita/2962437/sandi-desa-wisata-pecinan-glodok-punya-daya-tarik-budaya-dan-sejarah
Amstrong, & Kotler. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education.
Al Hamasy, A. I. (2023, Februari 5). Metropolitan. Retrieved from Kompas.id https://www.kompas.id/baca/metro/2023/02/05/semarak-perayaan-jakarta-cap-go-meh-2023
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Publish. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/id
Bungin, B. (2017). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: PT Fajar Interpermana Mandiri.
Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2018). Pengembangan model komunikasi pariwisata berbasis kearifan lokal di kawasan geopark Pangandaran. urnal Kajian Komunikasi, 217-230.
Bodgan, & Taylor. (2010). Metodologi Peneltian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remadja Karya.
Chabbra, N. L., & Sharma , S. (2014). Employer branding: strategy for improving employer attractiveness. International Journal of Organizational Analysis.
Cangara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: Rajawali Press.
Damanik, S. E. (2020). Pengelolaan Kawasan Konservasi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi .
Dinnie, K. (2011). City Branding Theory and Cases. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Djiwandono, Patrisius, I., Yulianto, & Wawan, E. (2023). Penelitian Kualitatif Itu Mengasyikan: Metode Penelitian untuk Bidang Humaniora dan Kesustraan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Disparekraf. (2024, 02 1). Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Retrieved from https://disparekraf.jakarta.go.id
Erlita, N. (2017). City Branding Provinsi Bengkulu pada Festival Tabot dalam Upaya Melestarikan Pariwisata Budaya Daerah. Jurnal Visi Komunikasi, 14-25.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: Qiara Media.
Fawzi, Marissa, G. H., & Dkk. (2022). Strategi Pemasaran : Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang: Pascal Books.
Hareyah, Y., & Kusumaningrum , R. (2019). Proses Destination Branding Dalam Membentuk Tujuan Wusata Museum Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan komunikasi , 1-20.
Ilyas, I. (2023). Manajemen Strategi. Pasaman Barat: CV Aska Pustaka
Judisseno, R. K. (2017). Aktivitas Kompleksitas Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Juliansyah, N. (2016). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Penada Media.
Karmilah, M., Rochani, A., & Fathinnah, A. (20222). STRATEGI CITY BRANDING DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Jurnal Kajian Ruang.
Kuswaraharja, D. (2022, Juni 26). Destinations. Retrieved from Pecinan Glodok Tembus 5 Besar Desa Wisata Terbaik Indonesia: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-6148252/pecinan-glodok-tembus-50-besar-desa-wisata-terbaik-indonesia
Marsono, & dkk. (2016). Dampak Pariwisata Religi Kawasan Masjid Sunan Kudus Terhadap Ekonomi, Lingkungan, Dan Soial Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Muslihah, N., & Dkk. (2022). Penelitian Kualitatif Gizi. Malang: UB Press.
Murdiyanto, E. (2020). Mardiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: LP & PPM UPN Veteran Yogyakarta. Yogyakarta: LP & PPM UPN Veteran .
Muliwanti, L., & Susanti, D. (2019). Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang. KATAN SARJANA KOMUNIKASI INDONESIA, 1-9. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/270210028.pdf
Muhtarom, I. (2022, Juli 01). Berandra Metro . Retrieved from Anies Resmikan Gapura Chinatown di Pecinan Glodok: https://metro.tempo.co/amp/1607513/anies-resmikan-gapura-chinatown-di-pecinan-glodok
Mustari , N., Hartaman, N., Sahrir, V. A., Aulia, N. F., & H, S. A. (2021). Branding Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Majene. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 282-293.
Muckleston, K. W. (1990). Integrated Water Management in The United States. dalam Bruce (ed): Integrated water management, international experiences and perpectives. London : Belhaven Press.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Morgan, N., Pritchard, A., & Pride , R. (2004). Introduction. In N. Morgan, & A. Pritchard , Destination branding: Creating the unique destination proposition. United Kingdom: Elsevier Butterworth Heineman.
Nurhadi, Z. F., & Suseno, N. S. (2021). Riset Kualitatif. Depok: Rajagrafino Persada.
Pransiskus, A., & Dewi, S. I. (2019). Strategi Branding Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam Membentuk Image Sebagai Kota Pariwisata. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1-9.
Ratna, J., Suminar, I., Mirawati , E., Fadillah, D., Prasanti, & Hermawan, D. (2018). Komunikasi Pariwisata, Media dan Buday. Bitread Publishing.
Razak, J., & Novianti, E. (2022). KONSEP BRANDING WISATA BERBASIS PEMASARAN DIGITAL DI DESA SIRNAJAYA, KABUPATEN BOGOR. Jurnal Pariwisata
Smit, R. (2021). Sirkuit Wisata Indonesia. Jakarta: Guepedia.
Sumley, E. M., Baunsgaard, T., & Simard, D. (2002). Revenue From The Oil and Gas Sector: Issues and Country Experience. Post conference draft for IMF conference, (pp. 5-6).
Suminar , & Jenny , R. (2018). Komunikasi Pariwisata, Media dan Budaya. Bandung: Bitread Publishing.
Statistik, B. P. (2023, Mei 18). Produk Publikasi. Retrieved from BPS: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/05/18/f1511face611270ed812cd2d/statistik-objek-dayatarik-wisata-2021.html
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Peerbit Alfabeta.
Tanjung, I. S., Tanjung, H., & Wibowo, Y. S. (2021). Development of Tourism Communication Model Based on Local Wisdom in Padangsidimpuan. . Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 9877-9885.
Tourism, J. (2024, Februari 1). Enjoy Jakarta. Retrieved from https://jakarta-tourism.go.id
Warta Iski. (2020, 12 18). Retrieved from WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia: http://warta-iski.or.id/index.php/WartaISKI/article/viewFile/53/53
Wardhani, A. D. (2012). Evolusi Aktual Aktivitas Urban Tourism di Kota Bandung dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Tempat-Tempat Rekreasi . Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 371‐382.
Wilantari , A. (2023). City Branding Festival Budaya Isen Mulang Sebagai Komunikasi Pariwisata. Tampung Penyang, 64-78.
Wheelen, T. L., & J, D. H. (2012). Strategic Management and Business Policy: achieving sustainability. Twelfth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v15i1.2792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.