Strategi Komunikasi Krisis Humas Kemenpora dalam Pemulihan Citra
Abstract
Salah satu lembaga pemerintah, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mempunyai peran penting dalam mengoptimakan di sektor pemuda dan olahraga masyarakat Indonesia. Anggaran setiap tahunnya pun digelontorkan untuk bisa menjalankan program-program tersebut. Akan tetapi pada tahun 2019 silam, citra Kemenpora kembali menurun, mengulang kejadian 2012 silam, yakni prihal kasus korupsi yang melibatkan pimpinan dan beberapa pegawainya. Kondisi tersebut membuat Hubungan Masyarakat (Humas) Kemenpora mulai bekerja guna memulihkan citra Kemenpora. Untuk itu, tujuan penelitain ini ingin mengetahui strategi apa yang dilakukan Humas Kemenpora guna memulihkan citra Kemenpora. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Teori Situasional Crisis Communication Theory (SCCT). Metodelogi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Untuk mendapatkan data yang valid, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kemenpora telah melakukan strategi komunikasi krisis yang dimulai dari rapat internal penanganan krisis hingga mengoptimalkan media-media dalam menyebarluaskan pemberitaan kinerja positif di tahun-tahun berikutnya setelah mendapatkan predikat positif dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2023, July 8). Kemenpora Kembali Dapat Predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI. Tribunnews.Com.
Agnes Kristina Haloho. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM UPAYA PEMULIHAN CITRA KEMENTERIAN KEUANGAN(Studi Deskriptif Kualitatif pada Kementerian Keuangan Pascakasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi di Kementerian Keuangan). Repository Karya Ilmah.
Ardianto, E., & Soemirat, S. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. PT Remaja Roesdakarya.
Ayudia, A. P., & Wulandari, S. S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 249–268. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p249-268
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rieneka Cipta.
BPK RI. (2020). Perpres No 106 Tahun 2020. Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Details/151604/Perpres-No-106-Tahun-2020.
Coombs, T. W. (2007a). Attribution theory as a guide for post-crisis communication research. (Vol. 33). Public Relations Review.
Coombs, T. W. (2007b). Ongoing Crisis Communicaton Planning. Sage Publication.
Dani M Akhyar, & Arum Sekar Pratiwi. (2019). Media Sosisal dan Komunikasi Krisis: Pelajaran Dari Industri Telekomunikasi di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi UTLIMACOMM, 11, 35–52.
Deddy Mulyana. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Remaja Rosdakarya.
Dozier, D. M., & Broom, G. M. (1995). Evolution of The Manager Role in Publc Relations Practice. Journal of Public Relations Research, 7, 3–26.
Eko Maryadi. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMPERBAIKI CITRA KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 02.
Humas Kemenpora. (2020). Tugas dan Fungsi Kemenpora. Https://Www.Kemenpora.Go.Id/Page/Tugas-Dan-Fungsi.
Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitataif: Teori dan Praktik. Bumi Askara.
Kriyantono, R. (2014). Public Relations, Issue & Crisis Management Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif (1st ed.). Kencana Prenadamedia Group.
Martin, R. (2021). Rebuilding the economy from the Covid crisis: time to rethink regional studies? Regional Studies, Regional Science, 8(1), 143–161. https://doi.org/10.1080/21681376.2021.1919191
Mustika, T. (2019). PENGARUH TERPAAN MEDIA TERHADAP REPUTASI LEMBAGA PEMERINTAH. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1). https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350
Mutiara Cendekia Sandyakala. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan.
Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071
Lexy J Moleong. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Rachmat Kriyantono. (2012). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Kencana.
Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi ( (13th ed.)
Silviani, & Irene. (2020). Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Scopindo Media Pustaka.
Syahputra, D. I., Hendra, Y., & Hidayat, T. W. (2018). Peran Humas Dalam Membangun Citra Pemerintahan Sumatera Utara Pada Kantor Biro Humas Gubernur. PERSPEKTIF, 7(1), 24–29. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2523
Syarifuddi S. Gassing, Suryanto, & Seno. (2016). Public Relations (Seno, Ed.; Vol. 218). Andi Offset.
Wulandari, T. D. (2011). Pengaruh Tanggung Jawab Perusahaan dalam Menanggulangi Krisis terhadap Reputasi Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Zaiza, A. (2021). Analisis Efektivitas Komunikasi Krisis PT A: Studi Kasus Sangkaan Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 20. https://doi.org/10.37535/10300112020
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v15i2.3044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.