HUBUNGAN SOSIALISASI SOCIOPRENEURSHIP DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP WIRAUSAHA PARTISIPAN PADA FORUM KREATIF JATINANGOR

ARINA QONITA, ROSNANDAR ROMLI, HERU RYANTO BUDIANA

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sosial yang semakin kritis di
Jatinangor dengan adanya pembangunan usaha secara terus menerus yang berdampak terhadap
kemiskinan dan ketidaksejahteraan masyarakat di Jatinangor. Forum Kreatif Jatinangor sebagai
pihak yang peduli terhadap kondisi Jatinangor melakukan upaya dengan membuat kegiatan
yang dapat mengatasi permasalahan sosial tersebut, antara lain dengan membentuk The Local
Enablers (Pemberdaya Lokal) berupa kegiatan pembentukan sikap wirausaha dengan
menerapkan konsep Sociopreneurship didalam usahanya dan melakukan sosialisasi
Sociopreneurship pada setiap kegiatan Kamis Sharing Forum Kreatif Jatinangor. Upaya tersebut
tidak terlalu berdampak positif dilihat dari belum banyaknya wirausaha yang benar-benar
menerapkan unsur sosial sehingga lebih terkesan seperti wirausaha bisnis saja. Tujuan dari
Journal Communication Volume 7, Nomor 1 April 2016 89
penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara Sosialisasi
Sociopreneurship oleh Forum Kreatif Jatinangor dengan sikap partisipan kegiatan Kamis
Sharing terhadap kewirausahaan di lingkungan Jatinangor, dan faktor apa saja yang
menyebabkan jalur sentral serta jalur periferal dalam menyampaikan pesan persuasi tersebut
tidak menghasilkan sikap seperti yang diharapkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan
kuantitatif dan paradigma positivisme. Teori yang digunakan adalah Teori Elaboration
Likelihood Model (ELM) yang dikemukakan oleh Richard E. Petty dan John T. Cacioppo.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi
partisipan, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini mengambil sampel 77 orang yang
diperoleh dengan teknik sampling acak sederhana. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup berarti antara
Sosialisasi Sociopreneurship pada kegiatan Kamis Sharing dengan sikap partisipan terhadap
kewirausahaan di lingkungan Jatinangor. Kesimpulan penelitian ini adalah jalur sentral dan jalur
periferal dalam Sosialisasi Sociopreneurship dapat membentuk hubungan terhadap sikap
masyarakat terhadap kewirausahaan di lingkungan Jatinangor. Saran yang dapat di berikan
untuk penelitian ini, yaitu pesan yang disampaikan dalam Sosialisasi sebaiknya dibentuk untuk
lebih dapat membentuk hubungan terhadap pengetahuan masyarakat karena aspek inilah yang
merupakan awal dari pembentukan sikap dan biasanya dapat memberikan efek yang mendalam
yang menuntun komunikan untuk bereaksi terhadap objek sikap.

Keywords


Sosialisasi, Sociopreneurship, Sikap, Kewirausahaan

Full Text:

download PDF

References


Azwar, Saifuddin, 2008. Sikap Manusia

Teori dan Pengukurannya.

Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Azwar, Saifuddin, 2011. Sikap Manusia

Teori dan Pengukurannya,

Edisi kedua. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Bungin, Burhan. 2009. Metodologi

Penelitian Kuantitatif-

Komunikasi, Ekonomi, dan

Kebijakan Publik Serta Ilmu –

Ilmu Sosial

Effendy, Onong, Udjana. 1993. Ilmu,

teori da Filsafat Komunikasi.

Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Seiter, dan Gass. 2004. Perspective of

Persuasion Social Influence,

and Compliance Gaining.

United State: Pearson

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar

Sosiologi. Jakarta: Lembaga

penerbit FE UI

Sutaryo. 2005. Dasar-dasar Sosialisasi.

Jakarta:PT Gramedia Widia

Venus, Antar. 2009. Manajemen

Kampanye. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media

Sumber lainnya:

Data Base dan Profil Desa Kecamatan

Jatinangor Tahun 2014

Nishanta, B. 2008. Influence of

Personality Traits and Sociodemographic

Background of

Undergraduate Students on

Motivation for Entrepreneurial Career:

The Case of

Srilanka. Paper was presented

at the Euro- Asia Management Studies

Association (

EAMSA) Conference, Japan.

Rasheed, H. S. 2000. Developing

Entrepreneurial Potential in

Youth: The Effects of

Entrepreneurial. Education and

Venture Creation http://

USASEB2001proceedings,




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v7i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.