Analisis Rational Choice Theory terhadap Perilaku Menyimpang akibat Sistem Transaksi Mikro Game Online pada Smartphone

Shinta Julianti, Muhammad Reza Aljabar

Abstract


Game online gratis di dalam smartphone bisa menjadi kegiatan yang menghibur bagi diri sendiri maupun bersama orang lain. Meski demikian, banyak game online gratis yang tersebar dengan sistem microtransaction pada saat ini. Penelitian ini membahas mengenai fenomena bagaimana seorang pemain game online gratis di smartphone berpotensi melakukan perilaku menyimpang akibat sistem microtransaction di dalam game online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara terhadap tiga informan yang memiliki pengalaman bermain game online gratis dengan sistem microtransaction. Data dianalisis menggunakan kajian kriminologi yaitu Rational Choice Theory, yang menyatakan bahwa pemain melakukan tindakan menyimpang atas pemikiran rasional untuk melakukan transaksi di game online tersebut. Pemikiran rasional oleh pelaku terdiri dari merencanakan tindakan sebelum melakukan aksinya, memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian, faktor pribadi dan situasional serta pertimbangan kemampuan dan akses terhadap informasi dan target

Keywords


Sistem Transaksi Mikro; Game Online; Perilaku Menyimpang

Full Text:

PDF

References


Ahsan, A., & Amir, R. (2020). Eksistensi Jual Beli Sistem Gacha Dalam Game Online. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Keluarga Islam, 1, 93–107.

Angelia, C., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., Arwin, A., & Ivone, I. (2021). Perilaku Konsumtif Gamers Genshin Impact terhadap Pembelian Gacha. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3), 61–65. https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.909

Burns, Tom., Roszkowska, Ewa. (2016). Rational Choice Theory: Toward a Pychological, Social, and Material Contextualization of Human Choice Behavior. Theoretical Economics Leters, 2016, 6, 195-207. https://uu.diva-portal.org/smash/get/diva2:928490/FULLTEXT01.pdf

Brückner, S., Kurabayashi, S., Sato, Y., & Waragai, I. (2019). Analyzing Random Reward System Mechanics and Social Perception. DiGRAA 2019: What’s Next?, 2017–2020. http://www.digra.org/wp-

Clarke, R. (2012). Opportunity Makes the Thief. Clarke Crime Science, 9.

Clinard, Marshall B., Meier, Robert F. (2011). Sociology of Deviant Behavior. Wadsworth Cengage Learning: USA.

CNN. (2020). Pengguna Gim Online Meningkat 75 Persen Kala Corona. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200331163816-185-488789/pengguna-gim-online-meningkat-75-persen-kala-corona

Crosbie, T., & Moore, J. (2004). Work–life Balance and Working from Home. Social Policy and Society, 3(3), 223–233. https://doi.org/10.1017/s1474746404001733

Gintis, Herbert. (2017) Rational Choice Explained and Defended. he University of Massachusetts Amherst is a public research university in Amherst, Massachusetts and the sole public land-grant university in Commonwealth of Massachusetts. http://www.umass.edu/preferen/gintis/rationalchoice.pdf

Henry, S. (2013). Cerdas Dengan Game. https://ebooks.gramedia.com/books/cerdas-dengan-games

JEMADU, L., & PRASTYA, D. (2021). Google: Orang Indonesia Makin Banyak Main Game Di Ponsel Selama Pandemi. https://www.suara.com/tekno/2021/11/06/001642/google-orang-indonesia-makin-banyak-main-game-di-ponsel-selama-pandemi

Jigvall, E., & Alonso, K. (2018). Thinking Outside the Lootbox Balancing on the Scale of Gacha Faculty of Department of Game Design. June. https://uu.diva-portal.org/smash/get/diva2:1231077/FULLTEXT01.pdf

Johnson, M. R., & Brock, T. (2019). How Are Video Games and Gambling Converging? Gambling Research Exchange Ontario, 1–12. https://itwatch.dk/ITNyt/Brancher/tele/

Koeder, M. (2017). Mobile Game Price Discrimination Effect On Users Of Freemium Services: An Initiall Outline Of Game Of Chance Elements In Japanese F2P Mobile Games. 20. https://www.econstor.eu/bitstream/10419/168503/1/Koeder-Tanaka-Sugai.pdf

Khairina. (2019). Kasus Tagihan Game Online Rp 12 juta, Ibu di Kediri Membayar Dengan Cara Ini. https://regional.kompas.com/read/2019/04/27/15272011/kasus-tagihan-game-online-rp-12-juta-ibu-di-kediri-membayar-dengan-cara-ini

M, Reena Rebellow., RM, Sam Deva Asir. (2022). Determinants of Deviant Behavior Among Adolescents. Journal of Positive School Psychology 2022, Vol. 6, No. 4, 2784-2788. https://www.journalppw.com/index.php/jpsp/article/download/3745/2446/4288

Mulyadi. (2018). Tingkah Laku Menyimpang Remaja Dan Permasalahanya. Al-Taujih, 4(23–31), 1. hhttps://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/509

Nurhadiyanto, L., Gusnita, C., & Yuniasih, T. (2018). Analisis Cyber Bullying Berbasis Teknik Netralisasi (Techniques of Neutralization) melalui Smartphone pada Pelajar SMA di Pesanggrahan, Jakarta. Deviance Jurnal kriminologi, 2(1), 65-87.

Nurjanah, T. (2011). Penerapan “Increasing Perceived Efforts” Untuk Mencegah Kejahatan Pencurian Di Asrama Mahasiswa UI Depok. In FISIP Universitas Indonesia.

Pradhipta, A. Y. (2021). Mekanisme ‘gacha’ dan ‘parasocial interaction’ Pemain Gim Seluler. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(1), 215. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i1.2478

Putra, M. T. R., & Gunadi, A. (2020). Legalitas Sistem Monetisasi Lootbox Dalam Transaksi Game Online Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Jo Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016. Jurnal Hukum Adigama, 3(1), 1480–1503. https://journal.untar.ac.id/index.php/adigama/article/view/9404

Ramadan, F. (2021). Gegara Game Online, Kakak Kandung Laporkan Adik Ke Polisi, Tak Pulang Ke Rumah Bawa Lari Motor. https://sumsel.tribunnews.com/2021/02/02/gegara-game-online-kakak-kandung-laporkan-adik-ke-polisi-tak-pulang-ke-rumah-bawa-lari-motor?page=all

Siegel, L. (2010). Criminology The Core: Fourth Edition, American Sociological Review, Vol. 11, Issue 3. https://doi.org/10.2307/2087110

Statista. (2021). Masa Depan Cerah Gim Online di Indonesia. https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/60bd726285611/masa-depan-cerah-gim-online-di-indonesia

Suardi. (2018). Sosiologi Komunitas Menyimpang. https://books.google.co.id/books/about/SOSIOLOGI_KOMUNITAS_MENYIMPANG.html?id=F9kKEAAAQBAJ&redir_esc=y

Sugianto, M. F., Wiilliam Ng, F., Lun, Y., Jaffrey, B., & Veronica, J. (2021). Faktor Perilaku yang Mempengaruhi Hasrat Pemain Dalam Melakukan In App Purchase. Computer Based Information System Journal, 9(2), 35–41. https://doi.org/10.33884/cbis.v9i2.3711

Suyato. (2005). Perilaku Menyimpang Dalam Perspektif Sosiologis. Civics, 2(2), 1–7.

Whyte, Jennifer. (2019). Chapter 38: Smartphone, The Oxford Handbook of Media, Technology and Organization Studies, eds. Beyes, T., Holt, R., and Pias, C., Oxford University Press, Oxford, UK. https://www.researchgate.net/publication/340117834_Smartphone




DOI: https://doi.org/10.36080/djk.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Deviance Jurnal Kriminologi is indexed by:

Sinta Logo Crossref Logo Garuda Logo OpenAIRE Logo Google Scholar Logo Road Logo

Deviance Jurnal Kriminologi works in collaboration with:

APVI Logo MAHUPIKI Logo
 
Creative Commons

Deviance Jurnal Kriminologi is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International

Editorial Office:

Faculty of Social Sciences and Global Studies, Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260

Tel: (021) 5853753, Email: jurnaldeviance@budiluhur.ac.id