STRATEGI MENINGKATKAN JASA DISTRIBUSI PRODUK ROBERT BOSCH INDONESIA KE RETAILER

Subandi Subandi, Deslida Saidah, Rr Endang Wahyuni, Euis Saribanon

Abstract


Saluran distribusi dalam perusahaan yaitu dapat mendorong peningkatan penjualan yang diharap. PT Cipta Krida Bahari merupakan badan usaha pendukung layanan logistik dan transportasi yang berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha di Indonesia dalam mengirimkan barang dan jasa mereka ke tempat yang dibutuhkan. Pengguna jasa perusahaan PT Cipta Krida Bahari dalam proses distribusi produk ke konsumen yaitu Robert Bosch Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan penjualan distribusi produk Robert Bosch Indonesia pada PT Cipta Krida Bahari. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara kemudian dianalisis dengan SWOT.  Jenis data terdiri dari data primer dan skunder. Hasil penelitian dengan metode SWOT menunjukkan dari hasil analisa selisih nilai tertimbang kekuatannya sebesar 3,66 dan kelemahannya sebesar 3,45 jadi selisih dari kekuatan dan kelemahan sebesar 0.21 dan selisih nilai tertimbang peluangnya sebesar 3,54 dan ancamannya sebesar 2,38 jadi selisih dari peluang dan ancaman sebesar 1,16 dan berada pada kuadran I yaitu strategi pertumbuhan (Growth). Total bobot IFE sebesar 2,64 dan EFE sebesar 3,08 sehingga perusahaan berada di sel II yaitu grow and build dengan demikian strategi yang harus digunakan adalah pertumbuhan yang agresif (Growth OrientedStrategy).

Keywords


strategi; distribusi produk; retailer

Full Text:

PDF

References


Cionander, R. S. (n.d.). Evaluasi Saluran-Saluran Distribusi Pada PT. GOLDIE. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2).

Dwi rosadi, santi. (2018). Perencanaan Strategi Pemasaran melalui metode SWOT dan BCG pada LBB Sony sugema Mojo-sari. The Journal of Business and Management.

Imam Heryanto. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. https://doi.org/2443-2121Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. http://doi.org/2443-2121

JAYA, P., FADILLAH, A., & BAWONO, S. (2018). Analisis Strategi Usaha Ritel Ukm Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan, (September 2012), 12.

Karundeng, T. N., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado).

Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1748–1757. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20444




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v10i1.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Subandi Subandi, Deslida Saidah, Rr Endang Wahyuni, Euis Saribanon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.