PENGARUH WEBSITE, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Iklan Baris Otomotif, PT. Olx Indonesia)

Koen Hendrawan, Agus Sriyanto, Kartini Istikomah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh website, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian iklan baris otomotif PT OLX Indonesia di Jakarta.Variabel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah   website (X1), promosi (X2), kepercayaan (X3) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan menggambil data dengan cara mengambil kuesioner pada 69 responden. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan masing-masing variabel yang penulis gunakan adalah skala likert dengan pengukuran lima tingkatan jawaban. Data yang diperoleh penulis melalui kuesioner dioleh oleh peneliti menggunakan software SPSS 22. Alat analisis yang digunakan oleh penulis adalah regresi linear berganda, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi dan uji hipotesis yakni uji t. Hasil dari penelitian ini adalah Website berpengaruh terhadap keputusan pembelian space iklan otomotif di PT OLX Indonesia. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian space iklan otomotif di PT OLX Indonesia. Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian space iklan otomotif di PT OLX Indonesia.


Keywords


website; promosi; kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Muhammad Muzahid dan Noorjahan Parvez. 2009. “Impact of sevice, qualit, trust and customer satisfaction on customer loyalty. ABAC Vol. 29, No. 1,( January-April), pp.24-38

Basu Swastha dan Irawan.(2003). Manajemen Pemasaran Modern.Liberty Offset. Boyd, Harper W., Orville C. Walker dan JeanClaude Larrenche. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid 2. Edisi Kedua. Alih Bahasa : Imam Nurmawan. Jakarta:Penerbit Erlangga.

C. Laudon, Kenneth& P. Laudon, Jane. (2005). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital.Edisi 8. Andi Offset.

Gouzali Saydam. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia; suatu pendekatan Mikro.Djambaran :Jakarta

Indriyo, Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE. Janner, Simarmata. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Andi.

Jefkins, Frank. 1996. Public Relations (terjemahan). Jakarta: penerbit Erlangga.

Junaedi, Fajar. (2013). Komunikasi Politik: Teori, Aplikasi, dan Strategi di Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.

Kaplan , A.M and Michael Haenlein (2012): Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons (2010) 53, p. 59—68.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kozinets, Robert V., et al. "Networked narratives: Understanding word-of-mouth marketing in online communities." Journal of marketing 74.2 (2010): 71-89.

Laudon, Ken, and Jane Laudon (2009): Management Information Systems: International Edition,

/E. Pearson Higher Education, 2009.

Leeraphong, A. and Mardjo, A. (2013). Trust and Risk in Purchase Intention through Online Social Network: A Focus Group Study of Facebook in Thailand. Journal of Economics, Business and Management, 1(4), 314-318.

Morissan.(2012). Metode Penelitian Survey. Kencana Prenada Media Group. McLeod, R, and Schell, G.P. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Indeks. Nugroho, Adi. (2006). E-commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Informatika Bandung.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson.(2000) Consumer Behavior.Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid 2.Edisi 4. Diterjemahkan oleh: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Priyatno, Dwi. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Laksbang Pressindo. Riduwan.(2013). Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Alfabeta Rusmini. 2013. Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora

Santoso, Singgih. (2012). Analisis SEM Menggunakan Amos.Elex Media Komputindo.

Sarwono, J. Dan Prihartono,K. (2012). Perdagangan Online: Cara bisnis diInternet.Elex Media Koputindo

Sistaningrum. 2002. Manajemen Promosi Pemasaran. Jakarta: Index.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suyanto, Asep Herman. 2009. Step by Step Web Design Theory and Practices.Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran Edisi 2. Andi Offset.

Turban E, King D, Lee J, Liang T-P, Turban D. (2012).Managerial and Social Networks Perspectives.Electronic Commerce.

Akbar M.M dan Parves (2009).Trust, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. ABAC Journal Vol. 29.

Anderson, James C dan James A. Narus, (1990), ”A Model of Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnership”, Journal of Marketing.

Barnes, Stuart J dan Vidgen, Richard T. (2002). An Integrative Approach To The Assessment Of E-commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research.

Chen. (2013). “Pengaruh E-Commerce Terhadap Niat Pembelian”.Jurnal Universitas Diponegoro.

Danni, Tri. (2015). ”Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Saluran Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Unpas.

Doney, P.M dan Cannon, J.P. (1997) An Examination of the Nature of Trust in Buyer-Seller Relationship, Journal of Marketing, Vol. 61.

Fredy, Wijaya. (2016). ”Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Perbanas.

Irsyad, Majid. (2017). ”Penagaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Kemudahan Menggunakan Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Unimed.




DOI: https://doi.org/10.36080/jem.v10i1.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Koen Hendrawan, Agus Sriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.