PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT UNTUK MENGGUNAKAN M-WALLET (Studi Kasus M-Wallet Telekomunikasi)

Waseso Segoro, Ferdiansyah Ferdiansyah

Abstract


Layanan transaksi electronic money (e-money) lewat ponsel (mobile wallet) merupakan sebuah perkembangan di bidang mobile commerce. Layanan ini mulai tumbuh pesat dengan adanya dukungan dari operator telekomunikasi. Sudah ada setidaknya tiga nama besar operator telekomunikasi yang mengeluarkan produk semacam ini dan siap bersaing, baik di wilayah local maupun bersaing dengan pemain global yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepercayaan, persepsi kemudahan, dan word of mouth terhadap minat untuk menggunakan m-wallet. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS dan uji. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode penyebaran kuesioner terhadap 100 orang responden, yaitu mahasiswa/i Universitas Gunadarma Jurusan Manajemen Angkatan 2014. Hasil regresi linear berganda, ketiga variable independen (kepercayaan, persepsi kemudahan dan word of mouth) berpengaruh secara simultan terhadap minat untuk menggunakan m-wallet. Secara parsial, variable kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan m-wallet. Sedangkan variabel persepsi kemudahan dan word of mouth berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan m-wallet.

Keywords


Kepercayaan; Persepsi Kemudahan; Word Of Mouth; Minat Untuk Menggunakan

Full Text:

PDF

References


Amaroso, D.L., Magnier., Watanabe, R. (2012). Building a research model for mobile wallet consumer adoption: the case of mobile suica in Japan. Journal Theory Application Electronic.Commerce Research. 7 (1), 94 – 110.

Andi, Hakim Febriansyah. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Internet Bangking Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang USU Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Ekotama, Suryono. (2009). Trik Jitu Promosi Murah Meriah. Jakarta: Cemerlang Publishing.

Ling, Kwek Choon, Lau, dan Piew. (2010). The Effects of Shopping Orientations,Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention.Vol 3.International Business Research. UCSI University Malaysia

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, P. & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). England: Pearson.

Priansa, Donni. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Rithmaya, Chitra Laksmi. (2016). Peranan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Motivasi dan Keprcayaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna E-Money di Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. STIE Perbanas Surabaya. Vol 16, No. 1 hal 160 – 177.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivas iBelajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagfarindo

Sernovizt, Andy. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smarts Companies People Talking. Chicago: Kaplan Publishing.

Siregar, Syofian. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (cetakan ke-14). Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Setyo Ferry, Rosmauli, dan Suhud. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol 6 No 1 hal 440-456.

Widjana, Mahardika Aditya. (2010). Determinan Faktor Penerimaan Terhadap Internet Banking Pada Nasabah Bank Di Surabaya. Tesis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Winayu, Nunik Yuli. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Perceived Ease Of Use dan Perceived Usefulness terhadap Minat Menggunakan E-commerce FJB Kaskus. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiratna, Sujarweni. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Bari Press.

________________.(2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

https://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/informasi-perizinan/uang-elektronik/penyelenggara-berizin/Pages/default.aspx diakses pada 8 januari 2018.

https://techno.okezone.com/read/2016/02/03/207/1303916/pengguna-layanan-t-cash-telkomsel-tembus-6-juta-orang diakses pada tanggal 03 Februari 2016.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v12i1.2177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ferdiansyah S.E

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.