PENTINGNYA CORPORATE CULTURE UNTUK MENCAPAI GOALS PERUSAHAAN (Studi Kasus PT Pelindo Marine Service)
Abstract
Budaya perusahaan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan organisasi dengan membentuk perilaku, memandu pengambilan keputusan, dan mendorong keberlanjutan. Penelitian ini mengkaji pentingnya budaya perusahaan dengan fokus pada PT. Pelindo Marine Service (PT PMS), penyedia jasa maritim terkemuka di Indonesia. Melalui tinjauan literatur dan metode kualitatif termasuk wawancara, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana budaya perusahaan PT PMS, yang didasarkan pada nilai-nilai seperti dapat dipercaya, kompetensi, harmoni, loyalitas, kemampuan beradaptasi, dan kolaborasi, dengan kata budaya organisasi ini sering disebut dengan AKHLAK. Budaya organisasi AKHLAK dapat mempengaruhi perilaku karyawan, strategi organisasi, dan hasil kinerja. Temuan menunjukkan bahwa budaya perusahaan PT Pelindo Marine Service yang kuat tidak hanya meningkatkan keterlibatan karyawan dan kepuasan pelanggan namun juga mendorong efisiensi operasional dan perluasan pasar. Faktor kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan budaya perusahaan PT Pelindo Marine Service antara lain keterlibatan karyawan secara aktif, komunikasi yang transparan, dan evaluasi yang berkesinambungan. Data kinerja perusahaan dan survei kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa budaya perusahaan yang kuat memiliki dampak positif pada pertumbuhan pendapatan, kualitas layanan, dan reputasi perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasanah, Jamilatul, M Zainal Alim, Vicky Febriansyah, and Mochammad Isa Anshori. 2023. “Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Transformasional: Sistematika Tinjauan Literatur.” Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa 1(4): 248–61. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i4.502.
Iswandi, Mei, Yuliani Sari Dewi, and Muhamad Muhram. 2022. “Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank BNI Kcp Cibubur Jakarta Timur.” GICI Keuangan dan Bisnis 14(1).
Kartiningrum, Eka Diah. 2015. “Panduan Penyusunan Studi Literatur.” Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto: 1–9.
Moeljono, Djokosantoso. 2006. “Good Corporate Culture.” Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis 9(2): 153–63. https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/viewFile/1213/778.
Niazi, Hakam Ali. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Bank Dki.” Jurnal Ekonomika dan Manajemen 7(2): 149–60.
PT. Pelindo Marine Service. 2021a. “CEO Talks! AKHLAK Untuk Transformasi Organisasi.” 2021b. “Dengan GRC, Pelindo Marine Service Mampu Jaga Performa Bisnis Di Masa Pandemi.”
Rahmadi. 2011. Antasari Press Pengantar Metodologi Penelitian. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf.
Syahfitri, Mita. 2023. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta.” Jurnal Ekonomika dan Manajemen 12(2): 85–100.
Wandrial, Son. 2012. “Budaya Organisasi (Organizational Culture), Salah Satu Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan Di Tengah Lingkungan Yang Selalu Berubah.” Binus Business Review 3(1): 335.
Wijaya, Muksin. 2017. “Manajemen Stratejik Dan Budaya Perusahaan: Dampak Serta Implementasi.” Media Informatika 16(2): 1–13.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i1.2856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dwi Masitoh Rukmiadim, Mochammad Isa Anshori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.