PENGARUH PERCEIVED QUALITY, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (STUDY PADA KONSUMEN DI KABUPATEN JEPARA)

Winda Britania, Mohamad Rifqy Roosdhani

Abstract


Pada Perkembangan zaman seperti saat ini Industri Kosmetik sangat berkembang pesat di Indonesia. Produk Kosmetik Kecantikan sangat banyak bermunculan, salah satunya adalah produk Skintific. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel Yang diteliti terdapat sebanyak 100 Responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan perangkat Smart-PLS versi 4.0. Dalam Penelitian ini Terdapat beberapa pengujian Yang dilakukan, seperti Pengujian Outer Model yang terdiri dari Convergent Validity dan Uji Reliability,  pengujian inner model yang terdiri dari R-square dan F-square, dan Pengujian Hipotesis Untuk Menemukan Hasil Penelitian Yang Sudah Dilakukan. Berdasarkan hasil uji validitas dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai outer loading faktor >. 0,7 dan Nilai AVE > 0,5 dinyatakan valid. Uji Reliabilitas menunjukkan bahwa reliabilitas komposit dan nilai Cronbach's Alpha > 0,5 dikatakan Reliabel. Dapat Disimpulkan bahwa dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Perceived Quality (X1) Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Variabel Keputusan Pembelian Produk Skintific (Y1). Kemudian untuk Variabel Brand Trust (X3) Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Variabel Keputusan Pembelian Produk Skintific (Y1). Sedangkan Variabel Brand Image (X2) Berpengaruh Negatif dan Tidak Signifikan Terhadap Variabel Keputusan Pembelian Produk Skintific (Y1)


Keywords


Perceived Quality; Brand Image; Brand Trust; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agustin, I. N., Purwianti, L., Ana, Danielson, Hernando, Marcella, K., & Rusiana, N. (2023). Pengaruh Perceived Quality , Brand Satisfaction , Brand Awareness , Brand Love dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 662–678.

Akbar, A. M., & Magdalena, M. (2023). Customer Engagement dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Di Toko Miss Glam Padang. Jurnal Mirai Management, 8(3), 326–335.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Andrenata, A., Supeni, R. E., & Rahayu, J. (2023). Pengaruh Perceived Value , Brand Awareness , Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, IX(4), 813–824.

Aristamia, D. P., Salim, M. A., & Athia, I. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 2361–2370.

Chalil, R. D. (2020). Brand, Islamic Branding, & Rebranding Peran Strategi Merek dalam Menciptakan Daya Saing Industri dan Bisnis Global. Rajawali Pers.

Damsar, & Indrayani. (2016). Pengantar Sosiologi Ekonomi. PT Kharisma Putra Utama.

Fatya, A. C., Ramadhanti, D. U., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “ Skintific .” Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(1).

Kotler, A. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi keduabelas jilid 1 erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran jilid 1 dan 2. PT Indeks kelompok gramedia.

Lestari, M., & Wismantoro, Y. (2024). Pengaruh Brand Image , Harga , Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota Semarang. Jurnal Maneksi, 13(1), 233–241.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.

Nurcahyani, D. I., & Prabowo, B. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust tehadap Brand Loyalty Pengguna Skincare Skintific: Studi Pada Pelanggan Moisturizer Skintific Melalui E-Commerce Shopee di Wilayah Surabaya. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 3753–3766. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1223

Prastio, A., & Rodhiah. (2021). Pengaruh Perceived Quality , Social Influence Dan Perceived Price Terhadap Purchase Intention Brodo. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, III(3), 580–590.

Putri, A. K., & Junia, A. A. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth ( Ewom ) Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Produk Skintific Melalui Tiktokshop ). Journal Of Social Science Research Volume, 3(4), 8238–8248.

Putri, K. A. M. A., & Yasa, N. N. K. (2023). Brand Image, Kepuasan Konsumen, dan Repurchase Intention: Konsep dan Aplikasi dalam Studi Kasus “Kedai Kopi Kulo.” Media Pustaka Indo.

Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale , Live Shopping , Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee ( Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya ). Jurnal Economina, 2, 2740–2755.

Rangkuti, S. Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Brand Image , Word Of Mouth dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Decision Produk Skintific. Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 4(2), 193–208.

Septiani, R. A., & Firmialy, S. D. (2023). Pengaruh citra merek dan ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian skintific. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(2), 425–432.

Simamora, & Henry. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Edisi Pertama, Jilid dua Salemba Empat.

Sitio, V. S. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan PT Bank Panin Dubai Syariah, TBK Jabodetabek Selama Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(2), 125–135.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Suparno, S. S., Wenas, R. S., & Moniharapon, S. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Green Product, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Mahasiswa FEB Universitas SAM Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, 12(01), 249–260.

Susanty, S. (2020). Loyalitas Wisatawan Terhadap Citra Pulau Lombok Sebagai Daerah Tujuan Wisata Halal. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2).

Warningrum, S. L. (2023). Pengaruh Promosi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurma: Jurnal Riset Manajemen, 1(3).

Widjajanta, B., Rahayu, A., & Salsabila, A. (2020). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Reputation terhadap Repurchase Intention pada Reviewers Sepatu Bata Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 20(1), 48–59.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i1.2871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Britania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.