ANALISIS MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KINERJA GURU PADA SMK AL-AMANAH DAYEUHKOLOT
Abstract
ABSTRAK
Motivasi kerja menjadi pendorong atau penyemangat dalam melakukan pekerjaan agar bisa lebih besar dan maksimal dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja terhadap peningkatan kualitas kinerja guru pada SMK Al-Amanah Dayeuhkolot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan metode observasi di SMK Al-Amanah Dayeuhkolot, metode wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada 3 Narasumber yaitu Kepala Sekolah, Kepala Ketenagakerjaa, dan Guru Produktif TKJ, lalu metode dokumentasi dengan mengambil dokumen secara langsung sebagai pelengkap dari metode observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh motivasi kerja pada SMK Al-Amanah Dayeuhkolot terhadap kualitas kinerja Guru sudah baik, walaupun masih ada guru yang telat dalam menerima motivasi. Hubungan motivasi kerja dengan peningkatan kualitas kinerja Guru sangat berhubungan dan keterkaitan, karena Guru yang termotivasi dengan baik akan meningkatkan kualitas kinerjanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(1), 47–62.
Agustini, F. (2020). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (Issue September).
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Prakarsa Pedagogia, 2. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Dhari. (2022). Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas Rendah. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 40–50.
Dr. Rina Febriana, M. P. (2021). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.
Fauzyah, N. (2020). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 44–54.
Ferdinatus Taruh. (2020). Motivasi Kerja (Meniti Suara Hati menolak perilaku korupsi). Deepublish.
Gaol, J. L., & Sinaga, S. (n.d.). SOSIALISASI DISIPLIN KERJA DAN SIKAP INOVATIF DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 14 MEDAN. 25–30.
Ginting. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring. 4, 345–350.
Handayani, R. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15–26.
Harefa Darmawan. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin TerhadapPrestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/304
Marnisah, L., Farradia, Y., Erwant, E., Aisyah, N., Natan, N., & Widayanto, M. T. (2021). Bookchapter, 2021.
Masrum. (2021). kinerja guru profesional (cetakan pe). EUREKA MEDIA AKSARA.
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Purnama. (2022). Analisis Motivasi Kerja dan Kompetensi Guru di SMA S Nurul Yaqin. Adara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 84–95.
Putro & Widiatna, 2023. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 23(1), 47–60.
Oktaviani, R. F. (2024). Understanding Young Entrepreneurs: Interest in Supporting Business Success. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 288–303. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6324
Oktaviani, R. F., Faeni, D. P., Faeni, R. P., & Meidiyustiani, R. (2019b). Implementation of mobile payment in Indonesia. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 4), 863–866. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1172.0782S419
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Imelda, Hidayat, R. S., Niazi, H. A., & Lestari, I. R. (2022). Implementasi Aplikasi Tabungan Ibu di Posbindu Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1297–1303. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11271
Raja. (2020). Pengaruh komuikasi antar pribadi pimpinan terhadap motivasi kerja. Scopindo Media Pustaka.
Said & Akmaluddin. (2021). MANAJEMEN KINERJA GURU Melalui Kompetensi, Komitmen, dan Motivasi Kerja. Yayasan Barcode.
Setiyati, R., & Hikmawati, E. (2019). Pentingnya Perencanaan Sdm Dalam Organisasi. Pentingnya Perencanaan Sdm Dalam Organisasi Forum Ilmiah, 16, 215. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2816/2399
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D (Alfabeta (ed.); 2 ; Cet. 1).
Widagdo, S., Maulyda, M. A., & R, K. (2020). Penilaian Kinerja, Budaya Kerja & Kepemimpinan Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru. Mandala Press, 42.
Yasmin, A., & Wadud, A. J. (2023). Memahami Penilaian Kinerja Guru. 8, 627–634.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nela Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.