HUBUNGAN FLOW STATE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Ebriyani Ebriyani, Saskia Nurul Fadhillah, Oryza Sativa, Fadly Abdullah Nasir, Heni Pratistha Nababan, Kinanti Geminastiti Hilmiatussadiah, Agung Setiawan

Abstract


Maraknya fenomena pembelian impulsif di Indonesia disertai dengan kemunculan e- commerce, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hubungan ketiga faktor flow state pada perilaku pembelian impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia. Sebanyak 82 orang yang digunakan sebagai sampel jenuh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik sampling jenuh serta pengumpulan data melalui instrumen penelitian kuesioner tertutup pada responden yang pernah melakukan belanja online. Data yang didapat kemudian dianalisis melalui distribusi frekuensi dan penghitungan nilai regresi pada aplikasi excel untuk mengetahui hubungan antara ketiga faktor flow state terhadap perilaku pembelian impulsif Mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya hubungan positif di antara flow state dengan pembelian impulsif yang dapat dibuktikan melalui hasil regresi dengan nilai R2 sebesar 0,4275 atau setara 42,75% yang menunjukkan bahwa perilaku pembelian impulsif dipengaruhi oleh faktor enjoyment, concentration, dan control. Hasilnya menunjukkan faktor enjoyment memiliki hubungan yang berperan besar pada perilaku pembelian impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia, sementara itu faktor yang memiliki hubungan yang berperan kecil pada pembelian impulsif adalah concentration karena menurut Wu et al., (2016) mahasiswa cenderung akan lebih mementingkan perasaan senang dan kepuasan ketika berbelanja dibandingkan dengan perhatian terhadap produk dalam berbelanja online. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan indikator pengaruh lain yang memiliki hubungan antara pembelian impulsif serta dapat menggunakan metode penelitian lainnya.


Keywords


Flow state; pembelian implusif; perilaku konsumen

Full Text:

PDF

References


Adam, Smith. (2008). The Wealth of Nations. London: Methuen & Co. Ltd.

Andriyanto, D., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 31(1), 42–49.

Aryanto, A. T., & Auliandri, T. A. (2015). Analisis Kecacatan Produk Fillet Skon On Red Mullet Dengan The Basic Seven Tools of Quality Dan Usulan Perbaikannya Menggunakan Metode FMEA (Failure Modes And Effect Analysis) Pada PT. Holi Mina Jaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, (1), 9-23.

Fasyni, A., Budiarti, A. P., & Lasmini, R. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Online Impuls Buying. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(2), 175. https://doi.org/10.26418/jebik.v10i2.47796

Handoko, H., Swasta, B. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE: Yogyakarta

Husnain, M., Rehman, B., Syed, F., Akhtar, M., W. (2019). Personal and In-store Factors Influencing Impulse Buying Behavior among Generation Y Consumers of Small Cities. Business Perspectives and Research , 7(1), 92–107.

Niazi, H. A., & Oktaviani, R. F. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Konsumen Dalam Belanja Online. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 191–203.

Nugroho, S., J. (2019). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana Prenada Media Group.

Oktaviani, R. F. (2024). Understanding Young Entrepreneurs: Interest in Supporting Business Success. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 288–303. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6324

Rofatul Iliah, L., & Aswad, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian impulsif Secara Online Pada Masyarakat Kabupaten Kediri. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 209– 224.

Septila R. & Aprilia E.D. (2017). Impulse Buying Pada Mahasiswa Di Banda Aceh. Psikoismedia Jurnal Psikologi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tamilmani, K., Rana, N. P., Prakasam, N., & Dwivedi, Y. K. (2019). The Battle of Brain vs. Heart:

A Literature Review and Meta-Analysis of “Hedonic Motivation” use in UTAUT2.

International Journal of Information Management, 46(October), 222–235.

Wu, I. L., Chen, K. W., & Chiu, M. L. (2016). Defining Key Drivers of Online Impulse Purchasing: A Perspective of Both Impulse Shoppers and System Users. International Journal of Information Management, 36(3), 284–296.

Zhang, L., Shao, Z., Li, X., & Feng, Y. (2020). Gamification and Online Impulse Buying: The Moderating Effect of Gender and Age. International Journal of Information Management, 9(November), 1–18.

Zheng, X., Men, J., Yang, F., & Gong, X. (2019). Understanding Impulse Buying in Mobile Commerce: An Investigation into Hedonic and Utilitarian Browsing. International Journal of Information Management, 48(February), 151–160.

Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E- commerce Shopee di Lingkungan RT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal EMT KITA, 6(2), 324–333. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.674




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ebriyani Ebriyani, Saskia Nurul Fadhillah, Oryza Sativa, Fadly Abdullah Nasir, Heni Pratistha Nababan, Kinanti Geminastiti Hilmiatussadiah, Agung Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.