PENERAPAN PELAYANAN PRIMA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Allin Vely Phasa, Riyan Hadithya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan prima di DISPUSIPDA JABAR terhadap pelayanan prima yang diberikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh DISPUSIPDA JABAR dalam memberikan pelayanan prima. Indikator-indikator tersebut adalah tangible s (kondisi fisik atau fasilitas), keandalan (kehandalan), daya tanggap (ketanggapan atau kecepatan dalam memberikan pelayanan), jaminan (jaminan atau kepercayaan), empati (empati atau perhatian terhadap kebutuhan individu).

Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 55 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran dan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan prima pada DISPUSIPDA JABAR memperoleh nilai 3,6 yang berarti masuk dalam kategori kepuasan.

 


Keywords


Manajemen

Full Text:

PDF

References


Darmanto, & Ismanto Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.

Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Mujiati, M. (2019). STRATEGI MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN IAIN PONOROGO. Kodifikasia, 13(2), 321–336.

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Niazi, H. A., & Anwar, S. (2022). Teleworking During Pandemic Covid-19 in Indonesia, and The Impact of Flexible Working Hours. International Journal of Business Studies, 6(2), 171–181. https://doi.org/10.32924/ijbs.v6i2.234

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Arif, R. (2023). PERAN LITERASI DIGITAL TERHADAP WIRAUSAHA MUDA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI JAKARTA. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol., 10(1), 100–113.

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Semil, N. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah (Pertama). KENCANA.

Wahyuningsih, T., Syahrani, H., & Paselle, E. (2020). Pelayanan Prima Pada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. EJournal Administrasi Publik, 8(1), 8776–8785.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 allin vely phasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.