PENERAPAN PELAYANAN PRIMA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan prima di DISPUSIPDA JABAR terhadap pelayanan prima yang diberikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh DISPUSIPDA JABAR dalam memberikan pelayanan prima. Indikator-indikator tersebut adalah tangible s (kondisi fisik atau fasilitas), keandalan (kehandalan), daya tanggap (ketanggapan atau kecepatan dalam memberikan pelayanan), jaminan (jaminan atau kepercayaan), empati (empati atau perhatian terhadap kebutuhan individu).
Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 55 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran dan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan prima pada DISPUSIPDA JABAR memperoleh nilai 3,6 yang berarti masuk dalam kategori kepuasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmanto, & Ismanto Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Mujiati, M. (2019). STRATEGI MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN IAIN PONOROGO. Kodifikasia, 13(2), 321–336.
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Niazi, H. A., & Anwar, S. (2022). Teleworking During Pandemic Covid-19 in Indonesia, and The Impact of Flexible Working Hours. International Journal of Business Studies, 6(2), 171–181. https://doi.org/10.32924/ijbs.v6i2.234
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Arif, R. (2023). PERAN LITERASI DIGITAL TERHADAP WIRAUSAHA MUDA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI JAKARTA. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol., 10(1), 100–113.
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Semil, N. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah (Pertama). KENCANA.
Wahyuningsih, T., Syahrani, H., & Paselle, E. (2020). Pelayanan Prima Pada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. EJournal Administrasi Publik, 8(1), 8776–8785.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 allin vely phasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.