EKSISTENSI GOFOOD DAN SHOPEEFOOD DALAM PERKEMBANGAN UMKM DI KELURAHAN GEGERKALONG, KOTA BANDUNG

Nazwa Maharani, Indri Oktaviani, Mutiara Ramadhania Teguh, Yusuf Hamdani, Buyung Firmansyah

Abstract


The business landscape has changed greatly due to advances in digital technology, especially in the Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) sector. MSME players are able to access a wider market with the help of online platforms such as GoFood and ShopeeFood. This research was conducted with the aim of describing the benefits of GoFood and ShopeeFood existence for MSME in Gegerkalong Village, Bandung City. The qualitative descriptive analysis method was used to collect data by interviewing MSME owners who use the GoFood and ShopeeFood distribution platforms. The results showed that the presence of these services had a significant positive impact on the income and business development of MSMEs. In addition to increasing sales volume, these services play an important role as an effective promotional tool. MSME players also experienced other benefits, such as ease in the delivery process, the ability to focus on important aspects of the business, and an increase in the popularity of their business. However, there are obstacles to overcome, such as rising commission costs and dissatisfaction on the part of drivers. The results of this study provide a more detailed understanding of the positive contributions of GoFood and ShopeeFood services and the constraints faced by MSME players, strengthening the understanding of the importance of food delivery services in supporting the growth and development of MSME businesses. It can be concluded that the data collected from MSME players in Gegerkalong Village, Bandung City, shows the existence of GoFood and ShopeeFood can help develop MSME businesses and increase their income and MSME players can reach consumers outside the area with these platforms.

Lanskap bisnis kini sangat berubah karena kemajuan teknologi digital, terutama di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM mampu mengakses pasar yang lebih luas dengan bantuan platform online seperti GoFood dan ShopeeFood. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan manfaat eksistensi GoFood dan ShopeeFood bagi UMKM di Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung. Metode Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan mewawancarai pemilik UMKM yang menggunakan platform distribusi GoFood dan ShopeeFood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran layanan tersebut memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pendapatan dan perkembangan bisnis UMKM. Selain meningkatkan volume penjualan, layanan ini berperan penting sebagai alat promosi yang efektif. Para pelaku UMKM juga merasakan manfaat lain, seperti kemudahan dalam proses pengiriman, kemampuan untuk fokus pada aspek penting bisnis, serta peningkatan dalam popularitas usaha mereka. Namun, ada kendala yang harus dihadapi, seperti kenaikan biaya komisi 

dan ketidakpuasan dari pihak pengemudi. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih rinci tentang kontribusi positif layanan GoFood dan ShopeeFood serta kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, memperkuat pemahaman tentang pentingnya layanan pengiriman makanan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis UMKM. Dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan dari para pelaku UMKM di Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung, menunjukkan eksistensi GoFood dan ShopeeFood dapat membantu mengembangkan usaha UMKM dan meningkatkan pendapatan mereka serta para pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen di luar daerah dengan platform ini


Keywords


umkm; gofood dan shopeefood; perkembangan usaha

Full Text:

PDF

References


Cahayani, M. (2021). Analisis; Keberadaan Go Food Dan [Grab Food Terhadap Peningkatan Penjualan ;Usaha Kuliner Di Kelurahan Kekalik Jaya Kota; Mataram. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 90–103.

Elian Tania, A. L., & Harga, P. H. (n.d.). PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP MINAT; BELI KONSUMEN.

Hendrawan, K. (2021). PENGARUH WEBSITE, PROMOSI, DAN KEPERCAYAANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ekonomika dan Manajemen.

Hutabarat., H. P. (2023). Analisis Pengaruh Layanan[ GoFood Terhadap Peningkatan Penjualan Pedagang Kaki ;Lima. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu; Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, Vol. 2, No.3.

Jennings, P. L. (n.d.). The Performance and; Competitive Advantage of Small Firms: A ;Management Perspective. International Small Business Journal.

Maulidanto, B. C. (2023). Analisis Dampak Kehadiran Layanan Go-Food Terhadap Pendapatan dan Laba UMKM di Banjarmasin Timur. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan.

Muhammad Hasan, D. W. (2019). ANALISIS EKSISTENSI; LAYANAN GO-FOOD DALAM MENINGKATKAN ;PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN DI ; BANJARMASIN. JURNAL KOMUNIKASI BISNIS .

Nina Adlini, M. H. (2022). METODE; PENELITIAN KUALITATIF STUDI;PUSTAKA .

Nur, M. I. (2022). KOLABORASI GOVERNANSI DALAM PROGRAM; UMKM JUARA SEBAGAI ;UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU USAHA JAWA BARAT. AdBispreneur.

Oktaviani, R. F. (2023). Perubahan Perilaku Pengguna Aplikasi Tabungan Ibu: Metode Tam. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 200. https://doi.org/10.35906/equili.v12i2.1537

Oktaviani, R. F. (2024). Understanding Young Entrepreneurs: Interest in Supporting Business Success. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 288–303. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6324

Oktaviani, R. F. (2017). PERAN KEMAJUAN TEKNOLOGI ECOMMERCE UNTUK PERCEPATAN KEBERHASILAN KINERJA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN UKM (KASUS UKM SEKTOR FASHION DI WILAYAH JAKARTA). Juernal Ekonomika dan Manajemen.

Putra, Y. P., Mufizar, T., & Alfiyani, E. (n.d.). Martadinata No. 272 A Tasikmalaya, Telp. (0265)310830 STMIK Tasikmalaya.

Rifianing Prasetya, S., Rivai, R. A., Bagus, M., Hutama, Y., Rama, A., & Agata, D. F. (2022). Juli 2023 e-Korespondensi penulis : 20011010182@student.upnjatim.ac.id 1 , 20012010264@student.upnjatim.ac.id 2 , 20012010215@student.upnjatim.ac. 1(3), 5.

https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i3.180

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumardi, S. &. (2023). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Husnayain Terhadap/ Perkembangan Usaha Mikro /Kecil dan dan Menengah. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam.

Ullya Rahmi Aswin, L. G. (2023). DigitalisasimarketingSebagai Strategidalam Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner di Café Uniang Pasca pandemicovid – 19 : GOFOOD DAN SHOPEEFOOD. Jurnal Pemberdayaan : Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Yuda Purnama Putra. (2022). IMPLEMENTASI SUPER ENKRIPSI AES RSA. Jurnal Voice of informatics.

Yuliani, W. (2018). QUANTA/ METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN; KONSELING.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indri Oktaviani Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.