LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KONSUMTIF: ANALISIS LITERASI KEUANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI KALANGAN MAHASISWA

Dzi Annur Roin, Muhammad Nazril Ilham, Reinata Luciana Firmansyah, Ridha Aviani, Buyung Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dalam pengambilan keputusan di kalangan mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam upaya mengungkap hubungan tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi survei yang diikuti oleh analisis regresi linear berganda untuk mengolah data yang diperoleh dari 96 responden mahasiswa. Pengukuran variabel literasi keuangan dan perilaku konsumtif dilakukan melalui pengisian kuesioner yang menggunakan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan mempunyai kontribusi sebesar 38% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan, semakin terkendali perilaku konsumtif mahasiswa tersebut. Selain itu, sebesar 62% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini, yang mungkin mencakup faktor psikologis, pengaruh sosial, dan kondisi ekonomi keluarga. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan di universitas dan lembaga pendidikan lainnya. Terutama terdapat kebutuhan untuk mengintegrasikan program literasi keuangan yang lebih komprehensif ke dalam kurikulum pendidikan tinggi. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya dilengkapi dengan pengetahuan akademis tetapi juga dengan kemampuan manajemen keuangan yang baik sehingga dapat membantu mereka membuat keputusan konsumtif yang lebih bijak. Penelitian ini juga menyarankan adanya penelitian lebih lanjut yang melibatkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap dan mendalam.

Keywords


Literasi Keuangan; Perilaku Konsumtif; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. 6(2), 273–279.

Arviana, G. (2019, August 29). Ini Empat Akibat Jika Literasi Keuangan Rendah. Bisnis.Com, 1–2.

Ginting, E. (2016). Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek “SAMSUNG". Jurnal Ekonomika Dan Manajemen |, 5(2252–6226), 190–209.

Hamdani, M. (2018). ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS TERBUKA. Versi Cetak), 1(1), 139–145. www.cnnindonesia.com,

I Gusti Lanang Prayura Putra, & Ni Kadek Sinarwati. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. JURNAL MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA, 6(2), 717–726.

Kompetif, J. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka (DUDUNG ABDULLAH 1 ; ENGKUN KURNADI 2 ; NUNUNG APRIYANI 3 ) (Vol. 5, Issue 1).

Mahyarni, M. (2013). Theori TRA Behavior(Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El- Rizasah, 4(1), 13–23. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/0

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). TINGKAT LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA S-1 FAKULTAS EKONOMI. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1). https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85

Nabavi, R. T. (2014). Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Razieh Tadayon Nabavi. Theories of Developmental Psychology Title, January 2012, 24. https://www.researchgate.net/profile/Nuha-Taher/publication/356129244_Bandura’s_Social_Learning_Theory_Social_Cognitive_Learning_Theory_by_Razieh_Tadayon_Nabavi_Translation_By_Nuha_hamid_taher/links/618cec2f3068c54fa5cdd986/Banduras-Social-Learning-Theory

Oktaviani, R. F. (2023). Perubahan Perilaku Pengguna Aplikasi Tabungan Ibu: Metode Tam. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 200. https://doi.org/10.35906/equili.v12i2.1537

Oktaviani, R. F. (2024). Understanding Young Entrepreneurs: Interest in Supporting Business Success. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 288–303. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6324

Otoritas Jasa Keuangan. (2022, September 27). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan 2022. OJK, 11–14.

Oktaviani, R. F. (2024). Unpacking The Resistance of Traditional Market to Digital Payment: A Qualitatove Approach. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), 70–86. https://doi.org/doi.org/10.37641/riset.v6i2.2119

Prasetya, R. E., Niazi, H. A., Meidiyustiani, R., Oktaviani, R. F., & Anwar, S. (2023). Sosialisasi Literasi Digital Melalui Pengenalan Teknologi Baru Untuk Menghindari Penyebaran Hoaks di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Mangga Ulir Jakarta Selatan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 546–556. https://doi.org/10.36312/linov.v8i3.1305

Putra, I. G. L. P. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajeman Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 717=726.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.

Sugiyoni. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Saba Jaya (ed.); Vol. 6). CV Saba Jaya.

Tarsono, T. (2018). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2174

Trafimow, D. (2009). The Theory of Reasoned Action: A Case Study of Falsification in Psychology. Theory & Psychology, 19(4), 501–518. https://doi.org/10.1177/0959354309336319

Yushita, A. (2017). PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI. Jurnal Nominal, 6(1), 11–26.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dzi Annur Roin, Muhammad Nazril Ilham, Reinata Luciana Firmansyah, Ridha Aviani, Buyung Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.