Karakteristik Manajer, Pembaruan SDM, Strategi Pemasaran, Motivasi Bermitra, Orientasi Kerja, Standarisasi Kerja, Terhadap Ketahanan Bisnis UKM Dalam Persaingan Usaha: Study UKM di Jakarta Indonesia
Abstract
Dalam dunia usaha saat ini UKM dituntut untuk mempunyai strategi yang handal agar mampu bertahan. Dengan strategi yang baik maka diharapkan kinerja perusahaan dapat terdongkrak dan UKM dapat meraih pangsa pasar yang ada. Kemampuan sebuah UKM dalam meraih pangsa pasar dan dapat bertahan di dalam persaingan yang ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor karakteristik manajer, pembaruan SDM, strategi pemasaran, motivasi bermitra, orientasi kerja, standarisasi kerja, terhadap ketahanan bisnis UKM dalam persaingan usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer atau pemilik dari industri menengah di DKI Jakarta. Data diperoleh dari kuesioner dengan purposive sampling dari 200 pemilik atau manajer industri menengah di DKI Jakarta.
Telaah atas literatur-literatur yang relevan telah dikembangkan untuk menghasilkan model terdiri dari 7 hipotesis yang di uji dengan analisis regresi berganda yang dilakukan dengan program SPSS 16.0. Hasil dari studi ini disimpulkan bahwa faktor karakteristik manajer, pembaruan SDM, strategi pemasaran, motivasi bermitra, orientasi kerja, standarisasi kerja, berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap ketahanan bisnis UKM dalam persaingan usaha. Temuan empiris menunjukkan bahwa perlu ditingkatkan melalui keunggulan produk, juga perlu diperhatikan suasana toko yang menyenangkan dan bersih, penataan barang yang rapi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36080/jem.v4i1.310
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ekonomika dan Manajemen