Pengaruh Harga Jual, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah/BPRS X) Periode Maret - Juli 2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji adanya pengaruh harga jual, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah X agar dapat meningkatkan loyalitas nasabah para nasabahnya.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh dengan cara membuat kuesioner dan meminta responden yaitu nasabah PT BPRS X untuk mengisinya. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan non probability sampling, yakni pengambilan sampling yang dilakukan secara subjektif terhadap elemen yang berkaitan dengan penyediaan data yang dibutuhkan. Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dan uji t.
Tingkat penelitian ini menunjukkan bahwa angka Adjusted R Squared sebesar 88,6%. Hal ini menunjukkan bahwa model sudah mampu menjelaskan kondisi sebenarnya. Artinya sebesar 88,6% dapat dijelaskan oleh variabel penelitian dan sisanya sebesar 11,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36080/jem.v4i1.313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ekonomika dan Manajemen