Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO)
Abstract
Underpricing adalah fenomena Initial Public Offering (IPO) yang sering terjadi di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di banyak negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing. Underpricing yang diukur dengan abnormal return awal adalah variabel dependen dalam penelitian ini. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah profitabilitas perusahaan (ROA), financial leverage (DER), umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan tujuan penggunaan dana untuk investasi.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 38 perusahaan sebagai sampel penelitian. Model regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel dependen dan independen.
Dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan tujuan penggunaan dana untuk berinvestasi secara signifikan mempengaruhi underpricing tersebut. Arah koefisien negatif dengan tiga variabel. Ada variabel, umur perusahaan , profitabilitas perusahaan (ROA), dan financial leverage (DER) terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap terjadinya underpricingFull Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v5i1.323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ekonomika dan Manajemen