Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Transportasi Publik Bus Transjakarta Koridor 13 (Ciledug – Blok M)

Agus Sriyanto, Ditto Ditto

Abstract


Fenomena kemacetan di Jakarta semakin memperhatinkan, dari waktu ke waktu pertumbuhan kendaraan pribadi memenuhi ibukota Jakarta ini mulai dari kendaraan bermotor dan bermobil. Beberapa upaya pun dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Jakarta. Untuk memecahkan masalah yang terjadi, Pemprov DKI Jakarta mengembangkan kebijakan Transportasi umum bus Transjakarta sebagai angkutan umum ibukota yang lebih nyaman, layak, dan sesuai. Sampel dalam penenelitian ini adalah 100 orang pengguna Transjakarta koridor 13. Teknik sampling yang digunakan penelitian ini adalah non-robability sampling dengan menggunakan metode sampling aksidental. Instrumen penelitian yang di gunakan berbentuk kuesioner dan dibantu skala Likert. Hasil jawaban responden atas kuesioner yang diberikan kemudian diolah menggunakan software Microsoft Excel 2010 dansoftware SPSS 20.0. Koefisien determinasi Adjusted RSquare yang diperoleh sebesar 0,562 atau 56,2%, angka tersebut berarti 56,2% Kepuasan Pelanggan (Y) dipengaruhi oleh Kualitas Layanan (X1), Harga (X­2), dan Citra Merek (X3) sedangkan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar penelitian ini. Simpulan dari hasil penelitian menurut konsumen yaitu tiga variabel independen (kualitas layanan, harga, dan citra merek) dianggap penting sebagai penentu kepuasan pelanggan bagi pengguna transportasi publik Transjakarta koridor 13 Ciledug-Blok M.


Keywords


Harga, Kualitas Layanan, Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. ALFABETA.

Basuki, Sulistyo. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.

Harun Al Rasyid. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek, Jurnal Ecodemica, Vol.1 No. 2. Amik BSI. Jakarta.

Junaidi, Tabel t dan f http://junaidichaniago.wordpress.com di akses pada 16 Nopember 2017.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3 Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

PT Transportasi Jakarta, sejarah Transjakarta, Visi dan Misi http://transjakarta.co.id/. di akses pada tanggal 28 Oktober 2017.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung : CV. ALFABETA.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika Edisi Revisi. Bandung : CV. ANDI ALFABETA.

Shary, Firdaus, dan Rusniati. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru), Jurnal Wawasan Manajemen Vol.4 No. 1. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. ANDI ALFABETA.

Syofian, Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA.

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen & Stategi Merek. Yogyakarta: CV. ANDI ALFABETA

____________. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV. ANDI ALFABETA.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: CV. ANDI ALFABETA.

Transjakarta, rute dan bidang usaha, https://id.wikipedia.org/wiki/Transjakarta.di akses pada tanggal 28 Oktober 2017.

Transjakarta Busway, pembentukan kelembagaan, http://transjakartabusway.com. di akses pada tanggal 28 Oktober 2017.

Yusli Fadlika & Harti. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Wisata Kolam Renang Teuku Umar Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.36080/jem.v7i1.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agus Sriyanto1, Ditto Ditto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.