Penerapan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan CMS Untuk Meningkatkan Penjualan
Abstract
Pada beberapa tahun terakhir traksaksi secara jual beli di marketplace berkembang pesat, salah satu penyebabnya adalah adanya pandemi covid-19. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 mengakibatkan cara belanja masyarakat berubah ke model online. Masyarakat melakukan transaksi jual beli secara online di marketplace. Marketplace merupakan platform di mana penjual berkumpul dan bisa menjual barang atau jasa ke pelanggan meski tanpa bertemu secara fisik. Dengan banyaknya minat belanja secara online, menuntut pedagang yang berjualan secara fisik harus beralih ke marketplace. Permasalahan yang dihadapi pedagang adalah penurunan omset. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model sistem informasi e-commerce berbasis web. Dengan pengembangan model sistem informasi e-commerce ini dapat meningkatkan omset penjualan, mempermudah pengolahan data dan transaksi yang dilakukan melalui media website e-commerce. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan BMC dan CMS, Model BMC ini digunakan untuk menganalisa dan merancang model bisnis pada sistem berjalan. Pada penelitian ini menghasilkan website e-commerce yang dapat membantu pelaku UMKM khusus toko penjualan alat-alat olah raga. CMS digunakan untuk mengembangkan model e-commerce berbasis web. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan model e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM. Model e-commerce berbasis web yang dikembangkan telah diuji langsung ke user, hasil pengujian yang didapatkan adalah cukup bagus.
Kata-kata Kunci: E-commerce, CMS, BMC, Toko Sport, Pemodelan
Full Text:
PDFReferences
Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018), Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang, Ju-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), Vol 2, No 1: 66-75
Dedi, Mustofa, S. M., & Suhartono (2017), Impementasi E-Commerce Toko Prayoga Sport Berbasis Content Management System (CMS) Joomla Modules VirtueMart, Jurnal Sisfotek Global, Vol 7, No 2:75-80
Dennis, Alan, Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2015), System Analysis & Design An Object-Oriented Approach with UML. 5th ed. United States of America.
Harmayani, dkk (2020), E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital, Yayasan Kita Menulis
Hastanti, R. P., Purnama, B. E., Wardati, I. U. (2015), Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan, Bianglala Informatika, Vol 3, No 2:1-9
Indrawati, S. & Samsinar (2019), Analisis dan Penerapan E-Commerce Pada Toko Econg Sport Menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC), Indonesia Journal Information System (IDEALIS), Vol 2, No 5:390-395
Kardinal & Tasrif, E. (2018), Perancangan Sistem E-Commerce Pada Toko Salsa Sport Berbasis Web, Voteknika, Vol 6, No 2:1-7
Pitriyani, R., Triyono, G., & Nugroho, S.Y. (2021), Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (CMS), Indonesia Journal Information System (IDEALIS), Vol 4, No 1:37-46
Simajuntak, M., dkk (2021), Kewirausahaan Berbasis Teknologi, Yayasan Kita Menulis/
Wulandary, A., dkk (2020), Business Model Canvas. Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO), Media Sains Indonesia, Bandung.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v19i2.1572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Coudry Bernadeth, Anggita Pamukti, Gandung Triyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.
Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi
ISSN (cetak) 2085-0700 ISSN (online) 2622-5913
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)