Pengembangan Model Knowledge Management System pada Biro Umum Dan Sumber Daya Manusia Yayasan Pendidikan Budi Luhur
Abstract
Biro Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan unit yang menangani pelayanan administrasi umum dan mengembangkan potensi SDM yang ada di lingkungan Yayasan Pendidikan Budi Luhur. Layanan yang diberikan kepada pengguna terbagi ke dalam enam bagian, yaitu: bagian pengembangan SDM, bagian kesejahteraan dan sosial, bagian dukungan teknik, bagian keamanan, bagian kebersihan dan perawatan gedung dan bagian transportasi. Saat ini knowledge yang ada pada Biro Umum dan SDM berkembang secara lamban dan statis, hal ini karena: hanya ada satu orang yang memiliki knowledge yang terkait dengan pekerjaan tertentu; tidak adanya panduan dalam menyelesaikan setiap kegiatan; masa kerja yang tidak pasti; komunikasi antar pegawai tidak terjalin dengan baik; dan sosialisasi peraturan belum berjalan dengan efektif. Knowledge Management System (KMS) merupakan solusi ideal untuk mengembangkan dan meningkatkan budaya knowledge sharing antar individu maupun organisasi. Pada penelitian ini, penulis mencoba mengembangkan model KMS yang sesuai dengan kondisi yang ada pada Biro Umum dan SDM. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja model Tiwana, kerangka pengembangan knowledge Becerra-Fernandez, dan Model SECI Nonaka untuk pembentukan knowledge. Dari hasil analisis tersebut telah dihasilkan sebuah model dan prototipe KMS yang dapat diaplikasikan pada Biro Umum dan SDM.
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225