Kajian Model Pembelajaran E-Learning Sebagai Enabler Dalam Meningkatkan Kreavitas Belajar Dan Kompetensi TIK Mahasiswa: Studi Kasus Pada CMS “Moodle”
Abstract
Penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi atau Information Communication and Technology (ICT) menjadi hal yang krusial bagi setiap lulusan mahasiswa komputer di negeri ini. Oleh sebab itu penulis meneliti model pembelajaran e-Learning apakah dapat menjadi enabler untuk meningkatkan kreativitas belajar dan meningkatkan kompetensi TIK mahasiswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian konfirmatori dengan alat analisis statistik untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM). SEM digunakan untuk mengetahui hubungan antar konstruk dan indikator yang digunakan apakah dapat digunakan untuk mengukur sebuat konstruk. Dalam melakukan proses pengolahan data penulis menggunakan software bantuan yaitu AMOS 6.0. Data penelitian ini merupakan data primer karena proses pengumpulan data dilakukan dari sumber utama yaitu mahasiswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data primer adalah kuesioner. Penelitian dilakukan pad alamat URL http://www.gratiaweb.com/elearning dikembangkan sendiri oleh penulis. Sistem e-Learning ini menggunakan open source Course Management System “Moodle” versi 1.8.4 sesuai dengan versi yang tersedia pada hosting provider. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara pendidikan di Indonesia untuk dapat mengadaptasi teknologi-teknologi pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar dan kompetensi TIK mahasiswa. Selain hal tersebut juga dapat menjadi acuan bagi pengajar (lecturer) untuk dapat menggunakan teknologi sebagai alat (tool) dalam proses pembelajaran, sehinggan mendorong penetrasi TIK di lingkungan pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.36080/telematikamkom.200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225