IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIK KESEKRETARISAN DI AKADEMI SEKRETARI BUDI LUHUR JAKARTA

Iis Torisa Utami, Reni Hariyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa melalui penerapan Model Pembelajaran kooperatif dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan software SPSS Versi 20, objek penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur semester V yang mengambil matakuliah praktik kesekretarisan yang berjumlah 48 orang. Data yang dikumpulkan adalah indikator soft skills, indikator hard skills mahasiswa, persepsi mahasiswa dan kendala yang ditemui dalam penerapan model pembelajaran. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan kuisioner yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan semua atribut soft skills, terutama atribut kejujuran yaitu sebesar 0,42. Sedangkan untuk atribut hard skills mengalami peningkatan sebesar 11,45%.

Kata kunci: Hard skills, Soft skills, Model Pembelajaran Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Endrotomo. 2010. Implementasi Pembelajaran Student Center Learning. Makalah disajikan dalam

Seminar dalam rangka Implementasi PHK-I di STIE Triatma Mulya Badung, 28

Januari.

Ghozally, Fitri R. 2005. Kecerdasan Emosi dan Kualitas Hidup. Jakarta: Edsa Mahkota

Illah Sailah. 2007. Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi. Makalah disampaikan dalam

rangka Sosialisasi Soft skills di Undiksha. Singaraja, 20 Oktober.

Koran Sindo. 2009. Kamis 22 Oktober.

Nurasih, lina, & Rahayu, Sri,”Paling Lengkap & Aplikatif Manajemen Sekretaris Itu Gampang

secara Otodidak”, Cet.1, Dunia Cerdas, Jakarta, 2014.

Permana, Zein M, “Panduan Praktis Personality Assessment”, Cet.1, Raih Asa Sukses, Jakarta,

Priansa, Donni, Juni, QWP, “Kesekretarisan, Profesional, Berkompeten, Cerdas, Terampil, dan

Melayani”, Alfabeta, Bandung, 2014.

_______, Pengembangan Soft skills Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 2008.

Direktorat Akademik DIrektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan

Nasional.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan ke-

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rumansyah, 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe STAD. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan, Volume XXIV No. 1: 88-94.

Sinarwati, Ni Kadek. 2014. Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan

Soft skills Dan Hard skills Mahasiswa? Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi

dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha, jurnal ilmiah akuntansi dan humanika JINAH

volume 3 Nomor 2 singaraja Juni 2014 ISSN 2089-3310

Sriartha, I Putu dan Sudiana, I Ketut. 2009. Buku Panduan Pengembangan Soft Skills

mahasiswa Undiksha melalui Multilevel Role Model Berlandaskan Tri Kaya Parisudha.

Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Sudiana. 2010. Peningkatan Kualitas Lulusan Melalui Pengembangan Soft Skills di Perguruan

Tinggi. Makalah disajikan dalam Loka Karya Soft Skills Impementasi PHK-I STIE Triatma

Mulya Dalung Badung, 29 Januari.

Sugiarta, I Made. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kearifan

Lokal Masyarakat Bali ”Tri Kaya Parisudha” Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan

Kualitas Perkuliahan Analisis Real 2. Laporan Penelitian Lanjut. Universitas Pendidikan

Ganesha. Singaraja

Triatmanto. 2010. Tantangan Impementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Cakrawala

Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY: 187-203.

https://radarsemarang.com /16 Mei 2017. Diakses pada tanggal 23 September 2017




DOI: https://doi.org/10.36080/js.v16i1.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Torisa Utami, Reni Hariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)