IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIK KESEKRETARISAN DI AKADEMI SEKRETARI BUDI LUHUR JAKARTA
Abstract
Kata kunci: Hard skills, Soft skills, Model Pembelajaran Kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Endrotomo. 2010. Implementasi Pembelajaran Student Center Learning. Makalah disajikan dalam
Seminar dalam rangka Implementasi PHK-I di STIE Triatma Mulya Badung, 28
Januari.
Ghozally, Fitri R. 2005. Kecerdasan Emosi dan Kualitas Hidup. Jakarta: Edsa Mahkota
Illah Sailah. 2007. Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi. Makalah disampaikan dalam
rangka Sosialisasi Soft skills di Undiksha. Singaraja, 20 Oktober.
Koran Sindo. 2009. Kamis 22 Oktober.
Nurasih, lina, & Rahayu, Sri,”Paling Lengkap & Aplikatif Manajemen Sekretaris Itu Gampang
secara Otodidak”, Cet.1, Dunia Cerdas, Jakarta, 2014.
Permana, Zein M, “Panduan Praktis Personality Assessment”, Cet.1, Raih Asa Sukses, Jakarta,
Priansa, Donni, Juni, QWP, “Kesekretarisan, Profesional, Berkompeten, Cerdas, Terampil, dan
Melayani”, Alfabeta, Bandung, 2014.
_______, Pengembangan Soft skills Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 2008.
Direktorat Akademik DIrektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan
Nasional.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan ke-
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rumansyah, 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan, Volume XXIV No. 1: 88-94.
Sinarwati, Ni Kadek. 2014. Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan
Soft skills Dan Hard skills Mahasiswa? Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha, jurnal ilmiah akuntansi dan humanika JINAH
volume 3 Nomor 2 singaraja Juni 2014 ISSN 2089-3310
Sriartha, I Putu dan Sudiana, I Ketut. 2009. Buku Panduan Pengembangan Soft Skills
mahasiswa Undiksha melalui Multilevel Role Model Berlandaskan Tri Kaya Parisudha.
Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Sudiana. 2010. Peningkatan Kualitas Lulusan Melalui Pengembangan Soft Skills di Perguruan
Tinggi. Makalah disajikan dalam Loka Karya Soft Skills Impementasi PHK-I STIE Triatma
Mulya Dalung Badung, 29 Januari.
Sugiarta, I Made. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kearifan
Lokal Masyarakat Bali ”Tri Kaya Parisudha” Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan
Kualitas Perkuliahan Analisis Real 2. Laporan Penelitian Lanjut. Universitas Pendidikan
Ganesha. Singaraja
Triatmanto. 2010. Tantangan Impementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Cakrawala
Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY: 187-203.
https://radarsemarang.com /16 Mei 2017. Diakses pada tanggal 23 September 2017
DOI: https://doi.org/10.36080/js.v16i1.1293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Iis Torisa Utami, Reni Hariyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.
Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi
ISSN (cetak) 2085-0700 ISSN (online) 2622-5913
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)