Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Sarana Prasarana, dan Manajemen Sekolah Terhadap Prestasi Siswa Di Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bhakti
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan peningkatan kompetensi pedagogiK guru, sarana dan prasarana, manajemen sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah para peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ekayana Dharma Budhi Bhakti (EDBB) berjumlah 63 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah Sensus (penelitian jenuh). koefisien korelasi variabel kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,690 dengan nilai t hitung sebesar 7,496 > 1.669 sehingga dapat dikatakan signifikan. Besarnya koefisien regresi tersebut menunjukan bahwa besarnya kontribusi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa sebesar (0,690)2 = 40,2 %. besarnya koefisien korelasi variabel sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,672 dengan nilai t hitung sebesar 7,152 > 1.669 sehingga dapat dikatakan signifikan. Besarnya koefisien regresi tersebut menunjukan bahwa besarnya kontribusi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa sebesar (0,672)2 = 45,2 %. koefisien korelasi variabel manajemen sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,807 dengan nilai t hitung sebesar 10.775 > 1.669 sehingga dapat dikatakan signifikan. Besarnya koefisien regresi tersebut menunjukan bahwa besarnya kontribusi pengaruh Manajemen sekolah terhadap prestasi belajar siswa sebesar (0,807)2 = 65,2 %.
Kata-kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Sarana dan Prasarana, Manajemen Sekolah, Prestasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Absah, Yeni. Et Al. 2021. Strategies To Improve Student Satisfaction Through The Quality Of Online Learning Facilities And Infrastructure, Characteristics Of Academic Staff, Lecturers Competence, And Good University Governance In Medan. Sys Rev Pharm 2021;12(03):671-675
Alam, Abdullah And Mushtaq Ahmad, 2017. The Role Of Teachers’ Emotional Intelligence In Enhancing Student Achievement. Journal Of Asia Business Studies.
Alam, Abdullah. Mushtaq Ahmad. 2017. The Impact Of Instructional Leadership, Professional Communities And Extra Responsibilities For Teachers On Student Achievement. International Journal Of Educational Management, Vol. 31 Issue: 3, Pp.383-39.
Ananda, Rusydi., Oda Kinanta Banuera. 2017. Manajamen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Sampali Medan: Cv. Widya Puspita.
Arismunandar, Et Al. 2016. Manajemen Berbasis Sekolah. Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Bagja Sulfemi, Wahyu Dan Dede Supriadi. 2018. Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno . Volume 18. No. 2. Tahun 2018.
Bandur, Agustinus. 2018. Stakeholders’ Responses To School-Based Management In Indonesia. International Journal Of Educational Management.
Diana Devi, Aulia. 2021. Analisis Mutu Dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan Di Man 1 Tulang Bawang Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam-Alfahim. Vol 1.
Gess_Newsome, Et Al. 2017. Teacher Pedagogical Content Knowledge, Practice, And Student Achievement. International Journal Of Science Education 1464-5289 (Online).
Gusliana, E. 2017. Implementasi Fungsi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Smk Muhammadiyah Pringsewu. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id › Bab_Ii Diakses Tanggal 7 September 2021.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2008),
Iserbyt, Peter. Et Al. 2015. Effects Of Improved Content Knowledge On Pedagogical Content Knowledge And Student Performance In Physical Education. Physical Education And Sport Pedagogy. ) 1742-5786 (Online)
Janan, Muktar. 2020. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD. Jurnal Edutech Vol. 6 No. 1.
Junaid, Rusdiana. Dan Muhammad Rusli Baharuddin. 2020. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui PKM Lesson Study. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bulan-Tahun, Vol.3, No.2, Hal.122-129.
Kurniawan, Ade. Dan Andari Puji Astuti. 2017. Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Https://Jurnal.Unimus.Ac.Id › Article › Download. Diakses Tanggal 8 September 2021.
Lee, Moosung. Et Al. 2017. Academic Achievement Of Latino Immigrant Adolescents: The Effects Of Negative School Social Relationships, School Safety, And Educational Expectation. Emerald Publishing Limited. Volume 12, 265-289
Leithwood, Kenneth. Et Al. 2019. How School Districts Influence Student Achievement. Journal Of Educational Administration Vol. 57 No. 5, 2019 Pp. 519-539
M. Keller, Melanie. Et Al. 2016, The Impact Of Physics Teachers’ Pedagogical Content Knowledge And Motivation On Students’ Achievement And Interest. Journal Of Research In Science Teaching.
Mandasari, Jayanti, Et Al. 2020. Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. Lenternal: Learning And Teaching Journal. Vol. 1, No. 2. Hal. 23-30
Megasari, Rika. 2014. Bahana Manajemen Pendidikan: Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman 636 ‐ 831 Volume 2 Nomor 1.
Morales-Doyle, Daniel. 2017. Justice-Centered Science Pedagogy: A Catalyst For Academic Achievement And Social Transformation. Science Education. 2017;1–27.
Mujiburrahman, Et Al. 2018. Manajemen Berbasis Sekolah Berorientasi Pelayanan Publik: Teori Dan Implementasinya. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Nasrudin Dan Maryadi. 2018. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD. Jurnal Managemen Pendidikan - Vol. 13, No. 1, Januari 2018: 15-23
Nurdyansyah Dan Andiek Widodo. 2017. Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Cetakan Kedua. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Ramli, Ainon. Rosmaizura Mohd Zain. 2020. The Impact Of Facilities On Student’s Academic Achievement. Sci.Int.(Lahore),30(2),299-3112018.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sunardi Dan Imam Sujadi. 2017. Kompetensi Pedagogik. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan: Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.
Ulfatin, Nurul. Et Al. 2020. School-Based Management In Marginal Areas: Satisfying The Political Context And Student Needs. Management In Education 1–11
DOI: https://doi.org/10.36080/js.v20i1.1814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fatchurrachman Fatchurrachman, Muhammad Amiruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.
Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi
ISSN (cetak) 2085-0700 ISSN (online) 2622-5913
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)