Peran kepemimpinan dalam mengelola manajemen pengetahuan dan organisasi pembelajar Di institusi pendidikan
Abstract
Pendidikan adalah isu kritis yang mendapat perhatian global untuk mendorong kreativitas dan inovasi demi Pembangunan berkelanjutan. Tujuan Pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang disepakati oleh 193 negara termasuk Indonesia, menekankan pentingnya pendidikan inklusif dan berkualitas. Namun, Indonesia menghadapi tantangan dalam sistem pendidikannya, seperti rendahnya peringkat dalam survey PISA 2018 dan distrupsi teknologi digital akibat revolusi industry 4.0 serta pandemi covid-19. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penting kepemimpinan kreatif dalam mengelola manajemen pengetahuan dan organisasi pembelajar di institusi pendidikan dalam menghadapi tantangan ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan literature review, yang menganalisis dan mensintesis literatur terkait untuk mendapatkan wawasan tentang topik ini. Hasil studi ini menunjukkan kepemimpinan yang efektif telah terbukti menjadi kunci dalam memfasilitasi proses pembelajaran yang berkelanjutan dan mengelola pengetahuan secara efisien di tengah kompleksitas lingkungan pendidikan. Melalui pendekatan yang komprehensif dan strategis, kepemimpinan dapat mendorong kolaborasi, inovasi, dan penciptaan budaya pembelajaran yang memperkuat daya saing institusi pendidikan. Studi ini menyimpulkan bahwa pembelajaran informal di tempat kerja, yang dikelola secara efektif oleh pemimpin trasformasional, berperan penting dalam meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan. Dengan tingkat statistic pendidikan nasional yang belum cukup baik, pemimpin institusi pendidikan di Indonesia harus mengembangkan sistem manajemen pengetahuan yang efektif untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing institusi.
Full Text:
PDFReferences
Asad, M. M. (2021). The Effect of Knowledge Management in Educational Settings: A Study of Education Management Organizations (EMOs) Schools of Pakistan. International Journal of Organizational Analysis. https://doi.org/10.1108/IJOA-12-2020-2521
Badan Pusat Statistik. (2020). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan.
Bass, B. M. (2000). The Future of Leadership in Learning Organizations. Journal of Leadership Studies, 7(3), 18–40.
Bennis, W. (1993). An Invented Life, Reflection on Leadership and Change. Addison-westley publishing company.
Brundtland, G. (1987). Report of The World Commission on Environment and Development.
Cross, J. (2007). Informal Learning: Rediscovering the Natural Pathways That Inspire
Innovation and Performance (10th ed.). USA: Pfeiffer Books, John Wiley & Sons Inc.
De Pree, M. (2001). “Creative Leadership” Leader to Leader. 20, 10–13.
Eichinger, R., & Lombardo, M. (2010). The Career Architect Development Planner, (5th ed.) Minneapolis, MN: Lominger.
Fry, L. W. (2003). Toward a Theory of Spiritual Leadership : The Leadership Quarterly. 14(6), 693–727.
Habermas, J. (1989). The Structural Transformation of the Public Sphere. Wiley Online Library.
Hamel G. (2000). Leading the Revolution. Harvard Business School.
Indiyati, D. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Keunggulan Bersaing. Sosiohumaniora, 16(2), 193–200.
Internetworldstats. (2015). Asia Internet Use, Population Data and Facebook Statistics. www.Internetworldstats. http://www.internetworldstats.com/stats3.htm
John Durham Peters. (2004). The Marketplace of Ideas: History of The Concept (C. S. Andrew Calabrese (ed.)). New York:Rowman & Littlefield.
Kanter, R.M. (2020). The Key to Powerful Social Change: Small Villages. Harvard Business School.
Kasali, R. (2007). Re-coding Your Change DNA Frees the Shackles for Courage and Success
in Renewal. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Khandakar, M. S. A., & Pangil, F. (2017). An Empirical Study on Assessing the Relationship Between Affective commitment and Informal workplace learning. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(12), 1018-1028.
Kotter, J.P., J. L. H. (1992). Corporate Culture and Performance. Free Press.
Maryani, M., Donna, M., & Hapsari, N. (2010). Building Learning Culture Towards A Learning Organization to Empower Employee’s Knowledge. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 1(2), 1196–1209.
Marzano, R.J., Waters, T. (2005). School Leadership that Works From Research to Results. Alexandria.VA:Mid-Continent Research for Education and Learning.
Maxwell, J. (2007). The 21 Irrefutable Laws of Leadership : Follow Them and People Will Follow You. Nashville:Thomas Nelson.
Milton, J. (1644). Areopagitica: A Speech of Mr. John Milton for the Liberty of Unlicenc’d Printing, to the Parlament of England. British Library.
Moxley, R. S. (2000). Leadership and Spirit. San Francisco,CA:Jossey-Bass.
Nations, U. (2015). Transforming our world : The 2030 Agenda for Sustainable Development.
Prasetya, A.B. (2017). Organizational Lerning and Strategy: Information Processing
Approach of Organizaitonal Learning to Perform Strategic Choice Analysis. The Winners, 18(1), 25–32.
Senge, P. M. (1990). The Art and Practice of the Learning Organization. New York:Doubleday
Senge, Peter M. (1998). “The Practice of Innovation”, Leader to Leader. 9, 16–22.
Smith, T.A., Mills, A.M., & Dion, P. (2010). Linking Business Strategy and Knowledge Management Capabilities for Organizational Effectiveness. International Journal of Knowledge Management, 6 (3), 22–43.
Stuart, J. M. (2011). On Liberty. Public domain in USA.
Tang, S., Lu, J., & Hallinger, P. (2014). Leading School Change in China: A Review of Related Literature and Preliminary Investigation. International Journal of Educational Management.
Tukiran, M. (2016). Membangun Organisasi Unggul. Jogjakarta:Leutikaprio.
Wilson, J. P., & Campbell, L. (2016). Developing a Knowledge Management Policy for ISO 9001 : 2015. Journal of Knowledge Management, 20(4), 829–844.
DOI: https://doi.org/10.36080/js.v22i1.3123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Medya Apriliansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.
Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi
ISSN (cetak) 2085-0700 ISSN (online) 2622-5913
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)