Hierarki Pengaruh Dalam Pemberitaan Gibran Sebagai Kandidat Walikota Surakarta Di Solopos.com
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andhita, P. R. (2021). Pendampingan Penulisan Opini Media Daring pada PC IMM Banyumas dengan Pendekatan Group Achievement. Warta LPM, 24(2), 230-238.
Arafat, G. Y., & Rahmah, N. A. (2019). Media Politik: Sarana Pendongkrak Elektabilitas Sebagai Strategi Pemenangan Pemilu. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1), 91. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v18i1.2994
Asprilla, A., & Maharani, N. (2019). Jurnalisme Data Dalam Digitalisasi Jurnalisme Investigasi Tempo. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 212–224. https://doi.org/10.24198/kj.v3i1.21362
Christian, J. (2019). Penerapan Prinsip Pagar Api oleh Metro TV pada Talk Show Economic Challenges. 1–19.
Fadhlurrohman, M. I., & Purnomo, E. P. (2020). The role of online mass media as a tool for the 2019 political campaign in Indonesia. 4(July), 311–325. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2182
Fariz, L. N., & Andhita, P. R. (2020). WACANA EKOFEMINISME TIRTO. ID. Jurnal Common, 4(2), 144-160.
Ferrucci, P. (2018). Networked: Social media’s impact on news production in digital newsrooms. Newspaper Research Journal, 39(1), 6–17. https://doi.org/10.1177/0739532918761069
Griffin, E. (2012). In A First Look At Communi cation Theory (p. eight edition). Amerika:
McGrew Hill.
Hajad, V. (2018). MEDIA DAN POLITIK ( Mencari Independensi Media Dalam Pemberitaan Politik ). 1–10.
Idris, M., & Syaifullah. (2020). PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN PEMILIHAN WALIKOTA MAKASSAR TRIBUNNEWS.COM. PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN PEMILIHAN WALIKOTA MAKASSAR TRIBUNNEWS.COM, 18(1), 79–88.
Kaban, V. (2017). Proses Gatekeeping pada Tim Digital Kompas TV. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM, 9(2), 46–67.
KPI. (2013). Media dan Partisipasi Pemilih. 30 Oktober, http://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/24-dunia-penyiaran/31679-media-dan-partisipasi-pemilih. Diakses pada 9 April 2020.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Edisi I. Jakarta: Kencana.
Kumah-abiwu, F. (2019). Media Gatekeeping and Portayal of Black Men in America. 1–18. https://doi.org/10.1177/1060826519846429
Lighare, Dennis. (2019). Gatekeeping in the Wake of New Madia. 25 Februari, https://medium.com/tunapanda-institute/gate-keeping-in-the-era-of-new-media-3585251d0743. Diakses pada 9 April 2020.
Lin, L. C. S. (2016). Convergence in election campaigns: The frame contest between Facebook and mass media. Convergence, 22(2), 199–214. https://doi.org/10.1177/1354856514545706
McEntee, R. S. (2018). Future Photographs of U.S. Women in Combat: Gatekeeping and hierarchy of influences. Journalism Practice, 12(1), 32–55. https://doi.org/10.1080/17512786.2017.1279024
McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. Netherlands: SAGE Publications, Ltd.
Milojević, A., & Krstić, A. (2018). Hierarchy of influences on transitional journalism – Corrupting relationships between political, economic and media elites. European Journal of Communication, 33(1), 37–56. https://doi.org/10.1177/0267323117750674
Muhammad, B. (2017). Hirarki Pengaruh Media Dalam Pemberitaan Aksi Terorisme Di Sarinah Pada Harian Umum Republika (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017).
Nashrudin, A. (2017). Ekonomi Politik Media : Pada Pemberitaan Pemilukada Banten 2011 OLeh Radar Banten. Jurnal Informasi Universitas Negeri Yogyakarta, Desember 2016, 155-168
Pawito, P. (2014). Meneliti Ideologi Media : Catatan Singkat. Profetik, 7(1), 5–14.
Priatna, A. N. (2017). Political Economics Media: At The Banten Selection Of 2011 By Radar Banten And Baraya Tv. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 9(1), 25-43
Pundra Rengga, A (2019). Sporadisme Produk Non Jurnalisme. Detik.com, 15 Januari, https://news.detik.com/kolom/d-4385284/sporadisme-produk-non-jurnalisme. Diakses 8 November 2020.
Pundra Rengga, A. (2019). Whatsapp, Hoaks dan Early Adopter. 29 Mei, https://news.detik.com/kolom/d-4569525/whatsapp-hoaks-dan-early-adopter, diakses 8 November 2020
Pundra Rengga, A. (2018). Ekonomi Politik Media : Tentang Raja dan Ratu. 4 Februari, Radar Banyumas.
Rahman, F. A., Rouf, M. F., Asyahidda, F. N., & Hufad, A. (2018). BIAS POLITIK DIBALIK SEBUAH MEDIA : RELEVANSI SOSIALISASI POLITIK DI INDONESIA. 8(2), 553–561.
Rico Marbun : Masyarakat Solo Berharap Gibran seperti Jokowi. 16 Desember, https://www.jawapos.com/nasional/pemilihan/16/12/2019/rico-marbun-masyarakat-solo-berharap-gibran-seperti-jokowi/. Diakses pada 15 April 2020.
Rini Yustiningsih (2019). Solopos Digital Media, Kian Vital di Era Multiplatform. 19 September, https://www.solopos.com/solopos-digital-media-kian-vital-di-era-multiplatform-1019337. Diakses pada 17 September 2020.
Saraswati, M. S. (2018). Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v3i1.124
Setiawati, T. (2019). Pemilu Legislatif DKI Jakarta dalam Paparan Media Daring: Analisis Isi Pemberitaan Caleg Dapil I, II, dan III Jakarta pada Pemilu 2019. Jurnal Komunikasi, 13(2), 165-178.
Setyabudi, W. A. (2018). Kebijakan Redaksional Tribunstyle. com Dalam Menentukan Berita Yang Layak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Shim, K. (2016). Subjectivity in media source perception: Fox news versus NPR. Journal of Applied Journalism & Media Studies, 5(2), 177–197. https://doi.org/10.1386/ajms.5.2.177_1
Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (2013). Mediating the message in the 21st century: A media sociology perspective. In Mediating the Message in the 21st Century: A Media Sociology Perspective. https://doi.org/10.4324/9780203930434
Shoemaker, P. J., & Tim P, V. (2009). Gatekeeping Theory. Routledge.
Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (1996). Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. https://doi.org/10.1177/1326365X14540245
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015.Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Sosiawan, Edwi Arief & Wibowo, Rudi. (2019). Kontestasi Berita Hoax Pemilu Presiden Tahun 2019 di Media Daring dan Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 17 Nomor 2, Agustus 2019, halaman 133-142
Sucahya, M. (2013). Ruang Publik Dan Ekonomi Politik Media. Lontar (Jurnal Ilmu Komunikasi), 2(2), 15–23.
Sumbada, P. A. (2017). Hirarki Pengaruh Pada Pemberitaan Pilkada DKI Jakarta di Majalah Tempo.
Syahputra, I. (2017). Demokrasi virtual dan perang siber di media sosial: Perspektif Netizen Indonesia. Jurnal Aspikom, 3(3), 457-475.
Tawaang, F., & Imran, H. A. (2017). Ideologi dan Wacana Media (Studi Ideologi Media Pemilik Akun Medsos) Ideology and Media Discourse (The Media Ideology Study of Social Media Account Owner). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 59–68. http://www.kon.org/
Wijaya, T. (2019). Influence of 9 Elements of Journalism on Teknokra’S Editorial Policy. Vol 3 No 2 (2019): 6th Edition, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.23960/metakom.v3i1.46
DOI: https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Avant Garde

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id