Ketika Fans ‘Menikahi’ Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arundati, N., Vania, A. A., & Arisanti, M. (2019). Perilaku Celebrity Worship pada Anggota Fandom EXO dalam Komunitas EXO-L Bandung. Komunikasi, 13(1), 53-72.
Barnawi, & Darojat, J. (2018). Penelitian Fenomenologi Pendidikan; Teori dan Praktik. Sleman, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Cho, C. (2012). "K-pop still feels impact of Seo Taiji & Boys". The Korea Herald. Retrieved April 12, 2016.
Cindoswari, A. R., & Diana, D. (2019). Peran Media Massa Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Di Komunitas Kpopers Batam. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(2), 275-285.
Fiske, J. (2011). Memahami Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.
Hapsari, P. W., Manurung, S. M., & Dewi, P. A. (2016). Perilaku Konsumsi dan Produksi Komunitas Penggemar Musik Vocaloid di Jepang 2008-2012. Wahana, 1(12), 44-52.
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans & Participatory Culture. New York: Routledge.
Juwita, S. H. (Juli 2018). Tingkat Fanatisme Penggemar K-Pop Dan Kemampuan Mengelola Emosi Pada Komunitas Exo-L Di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(7), 273-286.
McCudden, M. L. (2011). Degrees of Fandom: Authenticity & Hierarchy in the Age of Media Convergence. Doctor of Philosophy of Communication Studies Faculty of the University of Kansas. Kansas: U.S.A. P.
Pertiwi, S. A. (2013). Konformitas dan Fanatisme Pada Remaja "Korean Wave" (Penelitian pada Komunitas Super Junior Fans Club ELF "Ever Lasting Friend") di Samarinda. eJournal Psikologi, 1(2), 157-166.
Putra, A. A., & Jusnita, R. A. (2018). Komunikasi dan Identitas Budaya Populer pada Komunitas Korean Lovers Surabaya. Jurnal Kajian Media, 2(1) , 1-11.
Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop dalam Bermedia Sosial di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13-23.
Robbie, A. M. (2011). Postmodernisme dan Budaya Pop. Bantul: Kreasi Wacana.
Sagita, A., & Kadewandana, D. (2018). Hubungan Parasosial di Media Sosial (Studi pada Fandom Army di Twitter). Journal of Strategic Communication, 8(1), 45-58.
Saputri, Y.D. (2019). BTS adalah Grup Idola Papan Atas Korea Selatan, Ini Fakta Menarik 7 Membernya. Diunduh dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/3909753/bts-adalah-grup-idola-papan-atas-korea-selatan-ini-fakta-menarik-7-membernya, 11 September 2020.
Sari, R. P. (2012). Fandom dan Konsumsi Media: Studi Etnografi Kelompok Penggemar Super Junior, ELF Jogja. Jurnal Komunikasi, 6(2), 79-90.
Seidman, I. (2006). Interviewing as Qualitative Research: a Guide for Researchers in Education and The Social Sciences. New York: Teachers College Press.
Sugihartati, R. (2017). Budaya Populer dan Subkultur Anak Muda. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan.
Veronica, M., Paramita, S., & Utami, L. S. (2018). Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop. Koneksi, 2(2), 433-440.
Widyastuti, P.R. (2018). 10 Kota dan Negara Ini Sumbang Penonton Terbanyak untuk MV BTS, Ada yang di Indonesia Lho! DIunduh dari https://www.tribunnews.com/seleb/2018/08/27/10-kota-dan-negara-ini-sumbang-penonton-terbanyak-untuk-mv-bts-ada-yang-di-indonesia-lho?page=all, 11 September 2020.
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen; Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
DOI: https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Avant Garde

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id