Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Gojek Dan Indrive Pada Google Playstore Dengan Algoritma K-Nearest Neighbor
Abstract
Transportasi adalah sarana atau suatu hal kendaraaan yang umum digunakan sebagian masyarakat di Indonesia untuk melakukan kegiatan memindahkan barang ataupun manusia dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Transportasi sangat diperlukan dalam kegiatan sehari-hari namun seiring berjalannya waktu, banyak penumpukan alat transportasi di kota-kota besar seperti kota metropolitan Jakarta, tidak jarang juga ditemukan penyebab kecelakaan disebabkan terlalu banyak transportasi di suatu daerah. Maka pemerintah melakukan penghimbauan agar masyarakat terutama di daerah perkotaan padat penduduk menggunakan transportasi umum. Transportasi umum itu banyak jenisnya dari angkutan umum hingga transportasi online yang lagi trend masa kini, banyak developer maupun perusahaan dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan banyaknya pilihan transportasi online, dibutuhkan data ulasan pengguna yang digunakan untuk melihat tingkat kepuasaan atau komentar dari pengguna dari aplikasi tersebut semisal dari gojek dan indrive. Oleh karena itu dilakukan analisis sentimen dari data ulasan pengguna aplikasi gojek dan indrive yang diambil melalui platform google playstore yang diambil pada bulan juni 2024 menggunakan google playstore scraping. Dari data kotor yang didapat, data tersebut di bersihkan melalui proses preprocessing lalu diberi label dengan menggunakan lexicon based setelah itu dilakukan split data yang menghasilkan data training dan juga data testing. Setelah di dapatkan data training lalu di hitung bobot perkata dengan TF-IDF dan nantinya data testing akan diklasifikasikan dengan metode algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) menjadi dua label terpisah yaitu positif dan negatif. Bahwa dalam pengujian menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN), dengan menggunakan k yang sama yaitu k=3, didapatkan akurasi pada dataset aplikasi gojek yaitu 72% dengan menggunakan rasio data 80:20 dari 860 data, sedangkan didapatkan akurasi pada dataset aplikasi indrive yaitu 85% dengan menggunakan rasio 80:20 dari 1477 data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. N. Hasanah dan B. N. Sari, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Jasa Ojek Online Maxim Pada Google Play Dengan Metode Naïve Bayes Classifier,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, hal. 90–96, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3628.
A. Setiawan, “Perbandingan Penggunaan Jarak Manhattan, Jarak Euclid, dan Jarak Minkowski dalam Klasifikasi Menggunakan Metode KNN pada Data Iris,” J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 5, no. 1, hal. 28–37, 2022, doi: 10.24246/juses.v5i1p28-37.
M. K. Anam, B. N. Pikir, dan M. B. Firdaus, “Penerapan Na ̈ıve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN) dan Decision Tree untuk Menganalisis Sentimen pada Interaksi Netizen danPemeritah,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 21, no. 1, hal. 139–150, 2021, doi: 10.30812/matrik.v21i1.1092.
E. P. Sutrisno dan S. Amini, “Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Pada Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Digital Korlantas Polri,” Pros. Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, hal. 687–695, 2023.
G. Darmawan, S. Alam, dan M. I. Sulistyo, “Analisis Sentimen Berdasarkan Ulasan Pengguna Aplikasi Mypertamina Pada Google Playstore Menggunakan Metode Naïve Bayes,” STORAGE – J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, hal. 100–108, 2023.
G. K. Pati dan E. Umar, “Analisis Sentimen Komentar Pengunjung Terhadap Tempat Wisata Danau Weekuri Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Dan K-Nearest Neighbor,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 4, hal. 2309, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i4.4635.
E. W. Sholeha, S. Yunita, R. Hammad, V. C. Hardita, dan K. Kaharuddin, “Analisis Sentimen Pada Agen Perjalanan Online Menggunakan Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 3, no. 4, hal. 203–208, 2022, doi: 10.35746/jtim.v3i4.178.
A. Rhamadanti, A. Rifa’i, F. Dikananda, dan K. Anam, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Access By Kereta Api Indonesia Dengan K-Nearest Neighbor,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3961.
D. Darwis, N. Siskawati, dan Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, hal. 131, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.
utomo budiyanto marlina hidayat, “Sentimen Analisis Tentang Hilirisasi Industri Berdasarkan Opini Masyarakat Di Twitter Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,” vol. 2, no. September, hal. 826–835, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://3.8.6.95/ijcs/index.php/ijcs/article/view/3154%0Ahttp://3.8.6.95/ijcs/index.php/ijcs/article/download/3154/104.
M. F. Rizki, W. Pramusinto, M. Hardjianto, dan S. Subandi, “Implementasi Algoritma K-Nearest Neigbors Untuk Analisis Sentimen Aplikasi Jobstreet,” Pros. Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 267–276, 2023.
S. Mujahidin, B. Prasetio, dan M. C. C. Utomo, “Implementasi Analisis Sentimen Masyarakat Mengenai Kenaikan Harga BBM Pada Komentar Youtube Dengan Metode Gaussian naïve bayes,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 10, no. 3, hal. 17, 2022, doi: 10.24036/voteteknika.v10i3.118299.
M. Furqan, S. Sriani, dan S. M. Sari, “Analisis Sentimen Menggunakan K-Nearest Neighbor Terhadap New Normal Masa Covid-19 Di Indonesia,” Techno.Com, vol. 21, no. 1, hal. 51–60, 2022, doi: 10.33633/tc.v21i1.5446.
S. Juniarsih, E. F. Ripanti, dan E. E. Pratama, “Implementasi Naive Bayes Classifier pada Opinion Mining Berdasarkan Tweets Masyarakat Terkait Kinerja Presiden dalam Aspek Ekonomi,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, hal. 239, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.39118.
DOI: https://doi.org/10.36080/bit.v21i2.3600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
OFFICE:
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0
View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats