Penerimaan Khalayak Terhadap Konten Pada Dokumenter Televisi Melihat Indonesia Episode “Ramuan Kesehatan” Metro TV
Abstract
Metro TV merupakan stasiun televisi swasta berita pertama resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta. Bekerja sama dengan yayasan eagle mandiri yang merupakan wujud komitmen menanungi eagle institue indonesia. Eagle Institute Indonesia adalah yayasan yang di dirikan sebagai wadah dan pusat lembaga edukasi dan pengembangan industri film dokumenter yang tangguh, berwawasan, Peneliti tertarik meneliti program Melihat Indonesia Metro TV pada episode ramuan kesehatan. Melihat Indonesia Metro TV merupakan sebuah program acara dokumenter televisi yang mengangkat tentang berbagai macam sesuatu yang ada di Indonesia antara lain Budaya, Sosial, Olah raga, atau kehidupan sehari-hari. Resepsi merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengetahui resepsi atau penerimaan khalayak terhadap program dokumenter televisi “Melihat Indonesia” pada episode ramuan kesehatan. Dalam penelitian ini, subjek penelitian diberi treatment atau perlakuan berupa tontonan dokumenter. tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pemaknaan khalayak terhadap tayangan dokumenter televisi dengan judul ramuan kesehatan pada Metro TV terkait dengan isi pesan yang ditayangkan. Hasil pemaknaan dengan 50 jawaban mendapatkan 28 pemakanaan dominan, hasil penelitian dengan pemaknaan dominan mengenai Kearifan lokal atau budaya lokal yang ada di Indonesia ini cukup banyak dan salah satunya terkait dengan minuman kesehatan salah satunya adalah jamu karena merupakan identitas dari bangsa Indonesia itu sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, P. D. A. (2015). Televisi & Masyarakat Pluralitas. Prenada Media Group.
Ayawaila, G. (2017). Dokumenter Dari Ide Hingga Produksi. Institut Kesenian Jakarta.
Fachruddin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Prenada Media Group.
Latief, Rusman, dan U. Y. (2017). Siaran Televisi Nondrama: Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Kencana.
Barker, C. (2013). Culture Studies Teori & Praktik. Kreasi Wacana.
Putra, R. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. ANDI.
JURNAL
Annissa, J., Putra, R. W., & Muhdaliha, B. (2019). Political Semiotics Analysis of Joko Widodo through Social Media in Forming Image Building. 343(Icas), 249–252. https://doi.org/10.2991/icas-19.2019.51
Asmara, G. M., Agustari, T. (2021). Analisis Proses Kreatif Produksi Film Dokumenter Islam Everywhere, Prosiding Jurnalistik. 343(Icas), vol 7, no 1.
Chairil, A. M., & Febrianita, R. (2022). ANALISIS RESEPSI KONSEP PERAN GENDER FILM DOKUMENTER SURGA KECIL DI BONDOWOSO PADA MASYARAKAT MADURA. Jurnal VoxPop, vol 4, no 1.
Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687
Dwiputra, K. O. (2021). Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid-19 di klikdokter.com. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 26–37. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3290
Ichsan, M., Kusumawati, N., & Lukman. (2022). Interpretasi Khalayak Pada Sosok Model Iklan (Analisis Resepsi Iklan Kredivo). Jurnal Pariwara, I No. 1(1), 25–33. https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/pariwara
Inriyanti, E., Fitriana P, A., & Nayiroh, L. (2022). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Somethinc X Lifnie Sanders. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 822–827. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/4330
Laksana, A. H., & Atmaja, S. (2021). Peran Produser Dalam Produksi Program Televisi Dokumenter Home of Nusantara. Prosiding Jurnalistik, vol 7, no 1.
Lestari, M. A., & Rahardjo, T. (2017). Analisis Resepsi Terhadap Film Dokumenter “Danau Begantung” Di Lanskap Katingan-Kahayan. Jurnal Interaksi Online, vol 6, no 1.
Mourine V. Lomboan, Adisti A. Rumayar, C. K. F. M. (2020). Gambaran Persepsi Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19 Di Kelurahan Talikuran Utara Kecamatan Kawangkoan Utara. Kesmas, 9(4), 111–117.
Pertiwi, M. et.al. (2020). Analisis Resepsi Interpretasi Penonton terhadap Konflik Keluarga Dalam Film “Dua Garis Biru”. Jurnal Audiens, vol 1, no 1.
Putra, R. W., & Annissa, J. (2022). Analysis of Player’s Reception in the Video Game “Among Us.” Propaganda, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.37010/prop.v2i1.455
Putra, R. W., & Annissa, J. (2019). ANALISIS KOMUNIKASI BUDAYA DALAM BENTUK VISUALISASI PADA KARAKTER GAME MOBILE LEGENDS. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 4(Iv), 252000
Tutiasri, R. P., et.al. (2020). ANALISIS RESEPSI BUDAYA MENJENGUK ORANG SAKIT DALAM FILM PENDEK TILIK PADA IBU-IBU DI KABUPATEN BANTUL. Jurnal VoxPop, vol 2, no 1.
Widyananda Putra, R., & Annissa, J. (2021). Analisis Komunikasi Budaya Dalam Bentuk Visualisasi Pada Karakter Game Honor Dreadout. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2), 66–78. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA
Qonaah, S., Poernomo, M. I., & ... (2022). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Pesan Iklan Layanan Masyarakat “Disinformasi” Covid 19 (Studi Pada Komunitas Mersi Fans Club Radio Mersi Fm 93.90). Cakrawala-Jurnal …, 22(2). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/11299
WEBSITE
http://eagleinstitute.id/ Akses 10 Mei 2019, 23:56 WIB.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v10i1.1854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id