Pemanfaatan Platform E-commerce sebagai Media Promosi Dunia Fashion dalam Pasar Digital

Carlina Ulfah

Abstract


ABSTRACT

Fashion is one of the trends that continues to experience changes and developments influenced by digitalization. The development of technology has a major effect on the fashion world so that its rotation encourages sellers to be more creative in creating content that can attract buyers and create products that can meet the needs of the audience through the use of e-commerce platforms as a promotional medium. The purpose and objective of this study is to find out how the utilization of the e-commerce platform as a medium for promoting the fashion world in the digital market carried out by Summerrush Project through the TikTok application. This research uses a qualitative method. This research wants to capture the reality of the utilization of e-commerce platform as a medium for promoting fashion in the digital market. The approach relevant to this research is a case study approach. This research uses media theory or media ecology theory. The result of this study is that Summerrush Project is one of the brands that utilizes various e-commerce platforms as promotional media in marketing its products in the digital market, but currently the brand is more focused on sales through the TikTok application. In building its marketing communication, this brand uses forms of marketing communication advertising, personal selling, sales promotion, public relations and direct marketing. The presence of this e-commerce platform provides advantages to various brands to open space for business owners with relatively small capital to able to develop their business.

Keywords: E-commerce, Marketing, Promotion Media.

 

ABSTRAK

Fashion merupakan salah satu trend yang terus mengalami perubahan dan perkembangan yang dipegaruhi oleh digitalisasi. Perkembangan teknologi berpengaruh besar terhadap dunia fashion sehingga perputarannya mendorong seller untuk lebih kreatif dalam membuat konten yang dapat menarik minat pembeli maupun menciptakan produk yang bisa memenuhi kebutuhan audiens melalui pemanfaatan platform e-commerce sebagai media promosi. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pemanfaatan platform e-commerce sebagai media promosi dunia fashion dalam pasar digital yang dilakukan Summerrush Project melalui aplikasi tiktok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini ingin menangkap realitas tentang pemanfaatan platform e-commerce sebagai media promosi dunia fashion dalam pasar digital. Pendekatan yang relevan dengan penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori media (medium theory) atau teori ekologi media (media ecology theory. Hasil penelitian ini bahwa Summerrush Project merupakan salah satu brand yang memanfaatkan berbagai platform e-commerce sebagai media promosi dalam memasarkan produknya di pasar digital, namun saat ini brand tersebut lebih berfokus pada penjualan melalui aplikasi tiktok. Dalam membangun komunikasi pemasarannya brand ini menggunakan bentuk komunikasi pemasaran advertising, personal selling, sales promotion,public relation dan direct marketing. Kehadiran platform e-commerce ini memberikan keuntungan pada berbagai brand untuk membuka ruang bagi pemangku usaha bermodal relatif kecil untuk dapat mengembangkan usahanya.

Kata Kunci: E-commerce, Media Promosi, Pemasaran.


Keywords


E-commerce, Media Promosi, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Ahdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Aisyah, A., Wibowo, L. A., & Widjajanta, B. (2019). Promotion Mix Solusi Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 19(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/strategic.v19i1.17667

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP TERHADAP ANIMO CALON MAHASISWA BARU DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21–27. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 16–34. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1037

Kadir, S. (2023). PELUANG INDUSTRI FASHION HALAL DI INDONESIA: (Model Pengembangan dan Strategi). AL-IQTISHAD: Jurnal Ekonomi, 15(1), 142–160. https://doi.org/10.30863/aliqtishad.v15i1.4208

Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3(01). https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.470

Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MERCHANDISE DI KEDAI DIGITAL 8 SOLO (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329

Mulyana, A. P., & Djamzuri, M. I. (2022). TEKNOLOGI TOKOPEDIA PLAY LIVE SHOOPING DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI MEDIA KONVERGENSI. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 10566–10571. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.3487

Nur Amalina, Alfina Rahma Wani, & Dini Lestari. (2022). ANALISIS FASHION MUSLIM DI ERA MILLENIAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(4), 152–160. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v1i4.510

Permata Ilmawati Ruswendi Pura, M., & Nina Madiawati, P. (2021). JEMMA (Jurnal of Economic, Management, and Accounting) Pengaruh Promotion Mix Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening. JEMMA, 4. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.2021

Pramadyanto, M. R. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS BRAND FASHION STREETWEAR URBAIN INC. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.16841

Puryanto, S. (2023). RESOLUSI KONFLIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PRESPEKTIF TEORI TEKNOLOGI KOMUNIKASI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 645–652. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1136

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Radini, S. P., Mulyana, M., & Noor, T. D. F. S. (2021). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Pada Padjadjaran Suites And Convention Hotel Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(1), 71–80. https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i1.787

Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik (A. Royani, Ed.). Publica Indonesia Utama.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Setyorini, A. P., & Ratno, F. A. (2020). Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 83–92. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9045

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003

Wicaksono, M. A., Patricia W, A., & Maryana, D. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35

Wijaya, M. H. dwi, & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v12i1.2855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Avant Garde

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id