Motif Penggunaan Akun Pseudonim Instagram Penggemar K-Pop Dalam Pembentukan Online Disinhibition Effect
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanto, W., & Putra, E. M. D. (2023). Komunikasi Pseudonym Pengguna Media Sosial Whisper. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 489–504. https://doi.org/10.33822/jep.v6i3.6106
Aljasir, S. (2023). Effect of online civic intervention and online disinhibition on online hate speech among digital media users. Online Journal of Communication and Media Technologies, 13(4), 117. https://doi.org/10.30935/ojcmt/13478
Ariesandy, S., & Dian Ariana, A. (2023). Hubungan Antara Self-Esteem Dan Online Disinhibition Effect Pada Generasi Z Pengguna Media Sosial Twitter. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, X, 112. Retrieved from http://e-journal.unair.ac.id/index.php/BRPKM
Damanik, R. R., & Tambotoh, J. J. C. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Pencarian Informasi dan Media Komunikasi Menggunakan Model Uses and Gratification. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1251. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4814
Dhia, O., Pangestika, A., & Kusna, I. (2023). Efektifitas Media Sosial Twitter Terhada Kepuasan Followers akun @fessthai. Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8), 30613068.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.
Hasibuan, W., Azhar, A., & Rozi, F. (2023). Penggunaan Second Account Instagram Sebagai Self Disclosure di Kalangan Mahasiswa UINSU. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(4), 760762. Retrieved from http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs
Kalaloi, A. F. (2019). Media Sosial dan Keberanian Mengutarakan Pendapat di Era Kontemporer: Menelik Teori Spiral of Silence dalam Ruang Media Sosial. 110. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/p45f2
Kristya, G. M., & Sarwono, R. B. (2023). Hiperrealitas Dalam Interaksi Parasosial Pada Mahasiswa Penggemar K-Pop Di Yogyakarta (Studi Fenomenologi). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(2), 20242025.
Livia, Nawwaf, M. N., Indriani, W., Maharani, W., & Yundianto, D. (2022). Analysis of Self Disclosure on Users of Pseudonym Accounts Which Display Toxic Disinhibition on Twitter Social Media: a Literature Study. Ichss, 2, 402209.
Mantara, A. Y., Said, M., Zahra, G. A., Rizkina, A. T., Febriyanti, L., & Prastika, S. B. (2023). Adaptation of the Online Disinhibition Effect Scale. KnE Social Sciences, 317323. https://doi.org/10.18502/kss.v8i19.14381
Muslimin, M. (2020). The Use of Pseudonym in Social Media. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 477(Iccd), 490494. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.108
Panjaitan, T. K. S., Tayo, Y., & Lubis, F. M. (2020). Fenomena Penggunaan Akun Pseudonym dalam Memenuhi Motif Identitas Pribadi pada Pengikut Autobase @ karawangfess di Twitter. Channel Jurnal Komunikasi, 9(2), 161172. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL
Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 4254. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056
Rini, L. N., & Manalu, R. (2020). Memahami Penggunaan dan Motivasi Akun Anonim Instagram di Kalangan Remaja. Interaksi Online, 9(1), 113.
Rizaty, M. A. (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia hingga Februari 2024. Retrieved from dataindonesia.id website: https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia-hingga-februari-2024
Samsu. (2017). METODE PENELITIAN : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Setiabudi, R., Mani, L. A., Williem, D., & Situmorang, W. (2023). Anonymous And Online Hate Speech When Government Raised Subsidized Fuel Prices : An Analysis On Instagram Account Of Indonesian. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(24), 8047–8054. Retrieved from www.jatit.org
Sholikin, R. A. P., Hastati, W., & Wijayanti. (2019). Hubungan Antara Gambaran Diri Dengan Disinhibition Effect Pada Remaja. PROFESI (Profesional Islam) Media Publikasi Penelitian, 15(1), 1–7. Retrieved from ejournal.stikespku.ac.id
Utami, S. R. (2023). Fenomena Akun Pseudonym Sebagai Alter Ego : Dramaturgi Di Media Sosial Twitter. BroadComm, 5(2), 50–58.
West, R. L., & Turner, L. H. (2010). Introducing communication theory: Analysis and application (4th ed.). McGraw-Hill.
Zahra, P. A. A., & Sari Kusuma, R. (2023). Penggemar Dan Gender: Faktor Motivasi Interaksi Parasosial Penggemar K-Pop Di Media Sosial.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v12i1.3006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id