Analisis Pengunaan Discord Sebagai Platform Pembelajaran Yang Efisien Untuk Mahasiswa Universitas Internasional Batam

Eric Lau

Abstract


Integrasi teknologi di dunia Pendidikan telah membawa perubahan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, dengan platform seperti Discord mendapatkan daya tarik sebagai alat komunikasi dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Discord sebagai platform pembelajaran yang efisien bagi mahasiswa Universitas Internasional Batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang didapatkan melalui pertanyaan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa yang berada di Universitas Internasional Batam dan orang yang pernah menggunakan Discord. Penelitian ini bertujuan untuk menilai keefektifan Discord dalam memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi dalam komunitas universitas sebagai media pembelajaran yang efisien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas variabel independen dan variabel dependen tidak dapat diterima untuk memiliki efek signifikan terhadap Dampak Discord.


Keywords


discord; platform pembelajaran; kolaborasi; efisien; efektivitas; kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Mr. Ridho and H. Soedarto Harjono, “Pengaruh Aplikasi Discord Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Komputer,” vol. 14, no. 1, pp. 22–35, 2021, [Online].

M. S. Rizal and N. M. Aesthetika, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Discord Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Pecinta Film”.

M. L. Arifianto and I. F. Izzudin, “Students’ Acceptance of Discord as an Alternative Online Learning Media,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 16, no. 20, pp. 179–195, 2021, doi: 10.3991/ijet.v16i20.22917.

D. Rananda, U. Rian, R. Hayati, and D. Danar, “Analisis Usability Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online Dengan Metode Use Questionnaire,” 2023.

Vivia Agarta Febriati, “Apa Itu Discord? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya,” tempo.co. Accessed: Jul. 15, 2023. [Online]. Available: https://tekno.tempo.co/read/1705928/apa-itu-discord-ini-fungsi-dan-cara-menggunakannya

E. Wahyuningsih, “Scrutinizing the potential use of Discord application as a digital platform amidst emergency remote learning,” 2021. [Online]. Available: http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/jemin/OPENACCESShttps://orcid.org/0000-0002-4837-8614Baidi2https://orcid.org/0000-0003-3886-0818’

M. B. Huda, “Pemanfaatan Discord Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Secara Daring.”

A. Ramadhan and A. K. Albaekani, “Journal homepage : http://journal2.um.ac.id/index.php/jisllac Student’s Response Toward Utilizing Discord Application As An Online Learning Media In Learning Speaking At Senior High School.” [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jisllac

C. Andrade, “A Student’s Guide to the Classification and Operationalization of Variables in the Conceptualization and Design of a Clinical Study: Part 1,” Indian J Psychol Med, vol. 43, no. 2, pp. 177–179, Mar. 2021, doi: 10.1177/0253717621994334.

A. K. Leofaragusta Kurniawan, W. Ardiansyah, N. Aryanti, M. Ujihanti, and W. Meirani, “Writing the Purpose Statements in Qualitative, Quantitative and Mixed Method Research,” HOLISTICS JOURNAL, vol. 13, no. 2, 2021.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v21i1.2519

Refbacks



Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy