Literature Review: Analisis Faktor Pengaruh Kepuasan Pengguna E-Wallet Generasi Milenial dan Z

Andhika Octa Indarso, Raffael Raffael, Adhira Thaskia Salsabilla

Abstract


Tinjauan literatur ini membahas penggunaan e-wallet/digital wallet, terutama pada Generasi Milenial dan Z, dengan menitikberatkan pada faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna. Rentang usia yang dicakup dalam penelitian ini melibatkan kelompok usia sekitar 19 hingga 40 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna e-wallet, dengan fokus pada generasi Milenial dan Z. Peningkatan penggunaan e-wallet dan perkembangan pesat di era digital mendorong perlunya pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang berpengaruh di kalangan kedua generasi tersebut. Berdasarkan analisis beberapa penelitian yang mencakup berbagai kelompok seperti karyawan perusahaan dan mahasiswa, dapat dinyatakan bahwa kepuasan pengguna e-wallet dipengaruhi oleh faktor-faktor utama seperti kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, promosi, dan kepercayaan pengguna. Meskipun pada umumnya memiliki persepsi positif, tingkat kepuasan pengguna dapat bervariasi di antara dua generasi tersebut. Pengembangan fitur, pelayanan yang memuaskan, dan peningkatan kepercayaan pengguna dianggap sebagai kunci penting dalam meningkatkan adopsi dan kepuasan pengguna e-wallet. Penulis melibatkan sintesis dan pemahaman dari berbagai literatur yang telah ada dan memberikan pandangan yang komprehensif dari seluruh literatur yang digunakan. Hasil analisis ini menyoroti kompleksitas dan dinamika dalam pemahaman kepuasan pengguna e-wallet, sekaligus menegaskan pentingnya perhatian dari penyedia layanan, termasuk perusahaan fintech pemilik e-wallet itu sendiri. Kesimpulan dari literatur ini memberikan wawasan yang mendalam untuk meningkatkan penerimaan dan kepercayaan pengguna di berbagai segmen pasar, mendorong penelitian lebih lanjut, dan membentuk dasar untuk pengembangan layanan e-wallet yang lebih efektif, memuaskan, dan berkelanjutan.

Keywords


e-wallet; milenial; Z; teknologi finansial; pengguna

Full Text:

PDF

References


O. S. Karashchuk, E. A. Mayorova, A. F. Nikishin, and O. V. Kornilova, “The Method for Determining Time-Generation Range,” Sage Open, vol. 10, no. 4, pp. 1–8, Oct. 2020, doi: 10.1177/2158244020968082.

D. Dirgantara Asikin and E. Nurshyfa, “Pengaruh Promosi dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan E-Wallet (Dana) di Kota Cimahi, Jawa Barat (The Influence of Promotions and Customer Satisfaction on E-Wallet Customer Loyalty (Dana) in Cimahi City, West Java),” Studi Ilmu Manajemen dan Organisasi (SIMO), vol. 4, no. 2, pp. 101–113, Oct. 2023, doi: 10.35912/simo.v4i2.1306.

A. Safarudin, L. Kusdibyo, and W. Senalasari, “Faktor-Faktor Pembentuk Loyalitas Generasi Z dalam Menggunakan Financial Technology E-wallet,” in Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, Aug. 2020, pp. 1073–1078.

A. Meilasari-Sugiana, S. Dharma Negara, and H. Yew-Foong, FINANCIAL TECHNOLOGY ADOPTION IN GREATER JAKARTA Patterns, Constraints and Enablers. ISEAS Publishing, 2022. [Online]. Available: http://bookshop.iseas.edu.sg

T. C. Aprilia, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Dompet Digital Go-pay di DKI Jakarta,” UPN Veteran Jakarta, 2020.

D. Indriyani and H. Sartika, “Persepsi Generasi Z pada Penggunaan E-wallet selama Pandemi Covid-19,” Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, vol. 6, no. 1, pp. 68–74, Mar. 2022, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

A. S. Ardani and T. R. Pamikatsih, “Analisis Kepuasan Konsumen Dompet Digital OVO Dipengaruhi Faktor Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Promosi,” Journal Transformation of Mandalika, vol. 4, no. 9, pp. 558–566, Oct. 2023.

F. Hasanah, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Penggunaan Aplikasi DANA sebagai Penyedia Jasa Dompet Digital (Studi Kasus Mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta),” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

I. S. Pratiwi, D. Fitria, and Burhanudin, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan E-wallet Shopeepay (Studi Kasus Pada Karyawan PT Sarana Utama Adimandiri),” INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, vol. 3, no. 3, pp. 3795–3804, 2023.

B. A. D. Safitri and N. Azizah, “Pengaruh E-Service Quality dan Enjoyment Terhadap Repeat Usage E-wallet Gopay Melalui Trust pada Generasi Milenial di Surabaya,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 2, no. 2, Feb. 2021.

C. A. W. Purba, N. Trianasari, and D. P. Ramadhani, “Kualitas Layanan Fintech Dompet Digital Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Model Kano Selama Covid-19 Tahun 2022 (Studi Kasus Pada Fintech Dompet Digital ShopeePay Dan GoPay Di Kota Bandung),” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 1, pp. 138–155, 2023.

H. H. Nawawi, “Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa,” Jurnal Emik, vol. 3, no. 2, pp. 189–205, Dec. 2020.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v21i1.2711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy