Metode Multimedia Development Life Cycle dalam Pembuatan Aplikasi Resep Masakan Nusantara untuk Melestarikan Budaya Indonesia

Manda Aprikasari, Shabila Ocktavia, Wahyu Tisno Atmojo

Abstract


Masakan kuliner nusantara bukan hanya sekedar makanan, melainkan identitas budaya Indonesia yang kaya akan cita rasa dan keanekaragaman. Namun, ditengah pesatnya perkembangan zaman, minim minat anak muda yang ingin mempelajari resep masakan tradisional dan kurangnya alat yang dapat membantu melestarikan resep tradisional di mana dapat mengancam keberlanjutan kekayaan kuliner Indonesia. Penelitian ini merespon tantangan tersebut dengan mengembangkan aplikasi berbasis mobile dimana berisikan resep-resep masakan nusantara bernama MANGAN (Makanan Daerah) sebagai solusi untuk mempromosikan dan melestarikan masakan nusantara. Dengan menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), aplikasi MANGAN berhasil dihasilkan dengan tampilan yang colorfull, kompatibilitas OS Android versi 8 ke atas, serta menyajikan resep-resep dari berbagai daerah di Indonesia. Fitur-fitur inovatif seperti menu explore, menu favorite, dan profil pembuat dimasukkan untuk meningkatkan daya tarik anak muda terhadap memasak masakan tradisional.  Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan seperti tahap konsep membahas latar belakang dan tujuan aplikasi, dengan fokus pada masyarakat Indonesia, terutama anak muda, untuk mendorong pembelajaran dan pelestarian masakan nusantara. Desain aplikasi mencakup user flow dan gambaran kasar, sementara pengumpulan materi melibatkan koleksi gambar dan ikon dari sumber terpercaya. Tahap perakitan mengimplementasikan rancangan menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Tahapan pencobaan menggunakan penyebaran kuesioner kepada beberapa anak muda Indonesia untuk mendapatkan respon mengenai aplikasi MANGAN. Tahapan terakhir adalah penyebaran aplikasi agar dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama anak muda. MANGAN diharapkan mampu mengubah paradigma anak muda terhadap masakan tradisional, menyajikan informasi yang mudah diakses, dan mendorong kreativitas dalam memasak. Dengan demikian, MANGAN dapat menjadi solusi yang efektif dalam mempromosikan dan melestarikan masakan Nusantara, serta membantu mengubah persepsi anak muda terhadap kekayaan kuliner tradisional Indonesia.

Keywords


masakan nusantara; aplikasi berbasis mobile; multimedia development life cycle

Full Text:

PDF

References


G. Sharina, “Makanan Tradisional Khas Indonesia Dominasi Selera Anak Muda,” GoodStats.

I. P. Putra, “Globalisasi Ancam Eksistensi Resep Kuliner Nusantara,” medcom.id.

S. S. Dewi, J. Raya, T. No, K. Gedong, P. Rebo, and J. Timur, “Rekayasa Perangkat Lunak Resep Kuliner Nusantara Berbasis Android,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika), vol. 01, 2020.

F. Ikorasaki, K. Arwa, and N. Anzelina, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Masakan Nusantara Berbasis Android,” Blend Sains Jurnal Teknik, vol. 1, pp. 49–54, Jul. 2022.

M. Syahputra Novelan and P. H. Putra, “Penerapan Aplikasi Resep Makanan Khas Toba Berbasis Android,” 2020.

M. Minarni, N. A. Tanjung, N. Sari, and N. Ernawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kuliner Dan E-Recipe Khas Kalimantan Tengah Berbasis Android,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 1210, Aug. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4713.

E. Sitompul and E. Hutabri, “Perancangan Aplikasi Resep Masakan Tradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Agile Process dengan Model Extreme Programming Berbasis Android,” Jurnal Comasie, 2023.

M. Rijal, F. Aziz, R. N. Hidayah, and Satar, “Perancangan Aplikasi Resep Masakan Dan Kue Khas Makassar Berbasis Android,” Journal of System and Computer Engineering (JSCE) , vol. 2, pp. 166–1466, Jul. 2021.

W. A. Negoro, F. Amalia, and E. Santoso, “Pengembangan Aplikasi Resep Masakan dengan Rekomendasi berdasarkan Bahan-Bahan Makanan Berbasis Web,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

S. Christina et al., “Aplikasi Resep Masakan Berbasis Android.”

A. W. Al Halim and R. Tan, “Pembuatan Aplikasi Berbagi Resep Masakan,” Jurnal Strategi, vol. 5, pp. 315–324, Nov. 2023.

T. Akhir and A. A. Al Jabbar, “Perancangan Aplikasi Virtual Reality Menggunakan Multimedia Development Life Cycle untuk Menunjang Proses Pmebelajaran Explore Egine di Laboratorium Sistem Manufaktur UII,” 2020.

S. Eko Prasetyo, “Perancangan Buku Foto sebagai Media Pengenalan Tempat Nongkrong pada Kota Batam Menggunakan Metode MDLC,” 2021. [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/combines




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v21i1.2977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy