Penerapan E-Commerce Berbasis CMS dengan Metode Business Model Canvas Pada Noru Label

Bianca Vania Adeline, Agnes Aryasanti, Anita Diana, Mohammad Anif

Abstract


Pemasaran produk dalam bisnis saat ini dapat dilakukan secara mudah dengan adanya teknologi informasi yang berkembang sangat pesat. Banyak toko yang melakukan kegiatan jual beli secara online. Noru Label adalah toko tas yang menjual totebag dan tas laptop yang mengandalkan media sosial dan marketplace sebagai media penjualan. Beberapa masalah yang dialami oleh toko Noru Label yaitu lamanya proses transaksi karena tidak adanya informasi produk seperti stok, harga dan deskripsi produk pada sosial media, calon pelanggan pun ada yang membatalkan pesanan karena admin tidak cepat merespon pesan. Masalah lainnya yaitu tingginya tingkat pembatalan pada penjualan di marketplace sebesar 34% karena pelanggan salah membaca diskripsi produk, sedangkan produk sudah dikemas dan siap untuk dikirim sehingga merugikan toko Noru Label. Selain itu, adanya permintaan pengembalian barang karena barang yang diterima pelanggan rusak saat proses pengiriman dan kesalahan pelanggan dalam melakukan pesanan. Penelitian ini membuat website E-commerce menggunakan Content Management System (CMS) pada toko Noru Label untuk mempermudah pemilik toko dan pelanggan dalam proses transaksi dan tidak merugikan toko. Search Engine Optimization (SEO) diimplementasikan pada website E–Commerce untuk meningkatkan promosi agar mencakup segmen pasar yang lebih luas. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya website E-commerce pelanggan dapat menjelajahi produk dengan informasi yang lebih komprehensif dan deskripsi yang lebih jelas, proses transaksi lebih cepat dan tidak adanya retur produk. Penggunaan SEO sebagai tambahan strategi promosi toko Noru Label dapat melakukan pemasaran dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Hasilnya untuk penggunaan SEO, pada tanggal  17 juli 2024 di mesin  pencari google dengan kata kunci produk toko Noru Label yaitu luna gingham sleeves , Maka toko Noru label berada pada urutan ke enam di halaman pertama. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas toko dan menarik lebih banyak pelanggan.

Keywords


E-Commerce; CMS; BMC

Full Text:

PDF

References


A. Tirtana, A. Zulkarnain, B. K. Kristanto, S. Suhendra, and M. A. Hamzah, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 14, no. 2, p. 101, 2020, doi: 10.32815/jitika.v14i2.473.

M. L. Ramdhani, Nurleli, and A. Anandya, “Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Inovasi Terhadap Kinerja Umkm,” Curr. J. Kaji. Akunt. dan Bisnis Terkini, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.31258/current.3.1.1-10.

P. L. Rini, “Penggunaan e-Marketplace sebagai Mediasi antara Keunggulan e-Commerce dan Kinerja Manajemen Rantai Pasokan,” Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 6. p. 673, 2021. doi: 10.24912/jmbk.v5i6.11345.

A. Rosyana, G. Gata, Y. Santoso, and ..., “Penerapan E-Commerce Untuk Memperluas Pemasaran Pada Toko Shafira,” Pros. Semin. …, vol. 2, no. April, pp. 899–907, 2023, [Online]. Available: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/579%0Ahttp://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/download/579/345

R. H. Nurhuda and H. Irawan, “Penerapan E-Commerce Business To Consumer (B2C) Menggunakan Content Management System Wordpress Studi Kasus Jocysprei,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 1, pp. 17–26, 2023, doi: 10.36080/idealis.v6i1.2987.

N. Sriwahyuni, A. Ariesta, and D. R. Utari, “Penerapan E-commerce Bisnis Pada PT Agiva Indonesia Guna Mencapai Target Pendapatan Penjualan,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 2, pp. 627–636, 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i2.2325.

S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2021.

Susana Ayu Handayani and Enty Nur Hayati, “Penerapan E-Commerce Berbasis Cms Pada Umkm Herbal Bu Pini Sebagai Upaya Peningkatan Jangkauan Pemasaran Dalam Menghadapi Kebijakan Ppkm,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 15, no. 1, pp. 16–24, 2022, doi: 10.51903/elkom.v15i1.633.

A. Fuad and S. Juanita, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Flanelis,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 511–518, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2309.

I. R. Arief and I. Novita, “Penerapan E-Commerce Untuk Mengoptimalkan Penjualan Pada Toko Gita Giza,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 127–136, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2823.




DOI: https://doi.org/10.36080/bit.v21i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy